Pengertian Sortir Dalam Pengiriman Barang

Pengertian Sortir Dalam Pengiriman Barang
sortir adalah

Dalam kegiatan pengiriman barang, ada berbagai kegiatan yang dilakukan oleh para petugas atau kurir, dan sortir adalah salah satunya. Sortir ini adalah proses yang tidak bisa dilewatkan karena berpengaruh besar terhadap kelancaran arus pengiriman barang. 

Sortir pastinya hanya bisa dilakukan oleh petugas-petugas yang sudah hafal dengan kode-kode dan berbagai hal lainnya. Sebab, sortir bukanlah kegiatan yang dilakukan secara sembarangan. Adapun penjelasan lebih lengkap mengenai sortir termasuk pengertian dan tahapannya, ada di bawah ini. 

Definisi Sortir

Pengertian sortir bisa disesuaikan dengan dalam rangka apa kata tersebut diucapkan. Kalau dalam dunia pemasaran, maka sortir berarti memisahkan antara barang yang kualitasnya bagus dengan barang yang kualitasnya kurang bagus. 

Dalam hal ini, tujuan dilakukannya sortir adalah agar bisa memberikan harga yang berbeda karena kualitasnya juga berbeda. Dalam kasus seperti ini, seller adalah orang yang melakukan sortir. 

Sedangkan kalau dalam dunia pengiriman logistik, maka sortir adalah kegiatan untuk memisahkan barang sesuai dengan alamat tujuan barang. Dalam kalimat yang lain, sortir berarti proses pemisahan barang dengan berdasarkan pada daerah yang menjadi tujuan pengirimannya. 

Jadi memang, sebelum barang tersebut dikirimkan langsung ke alamat yang dituju, akan melalui proses sortir terlebih dahulu. Proses sortir ini akan dilakukan langsung oleh kurir dan dalam proses ini pula akan diperiksa apakah barang tersebut kondisinya masih bagus atau tidak.

Baca Juga: Inventory Control Adalah Hal yang Penting untuk Bisnis, Ini Penjelasannya

Lama Waktu Sortir di Gudang

Proses penyortiran di dalam gudang biasanya memakan waktu. Berikut ini adalah beberapa faktor yang menentukan lamanya waktu barang berada di gudang.

Paket Dikelompokkan Berdasarkan Wilayah Tujuan

Kegiatan pemilahan barang sesuai dengan tempat tujuan dilakukan di gudang. Biasanya yang disebut gudang ini adalah kantor jasa logistik yang bersangkutan. 

Dengan demikian, apabila ada pemberitahuan bahwa paket sudah ada di tempat sortir, atau paket sampai di tempat sortir, artinya paket yang dikirimkan oleh penjual atau pengirim sudah ada di pusat sortir jasa logistik. 

Dari sini, paket tadi akan digabungkan dengan paket lain yang wilayah tujuan pengirimannya sama. Dengan digabungkannya paket-paket yang tujuannya sama tersebut, petugas jadi lebih mudah dalam mengirimkan barang. 

Perlu dipahami juga bahwa ada kemungkinan kurir tidak langsung mengirimkan paket ke alamat tujuan. Sebab ada kalanya mereka masih menunggu hingga jumlah paket mencapai kuota minimal pengiriman. 

Lama Waktu Paket Ada di Gudang Sortir

Mengenai lama waktu paket berada di tempat sortir, ini tentu bervariasi menyesuaikan dengan jumlah paket yang saat itu masuk. Kalau jumlah paket masuknya tidak seberapa, proses sortir tidak akan memakan waktu lama. 

Lain halnya dengan kalau banyak paket yang masuk, proses sortir bisa saja melebihi satu hari. Mereka yang terbiasa belanja online khususnya di marketplace besar seperti Shopee dan Tokopedia tentunya sudah paham bahwa ada momen-momen khusus di mana mereka mengadakan diskon. 

Pengiriman Paket

Paket-paket yang sudah digabungkan dalam wilayah tujuan yang sama pastinya akan segera dikirimkan. Lama waktu pengiriman ini juga bervariasi, karena ada sejumlah faktor yang mempengaruhinya. Diantara faktor tersebut ialah jarak dan lokasi. 

Semakin jauh jarak antara daerah asal paket dengan daerah tujuan paket, biasanya waktu yang diperlukan lebih lama. Hanya saja biasanya estimasi pengiriman sekitar 3 hari hingga 7 hari. Ini pun masih bergantung pada jenis layanan pengiriman yang dipilih. 

Kabar baiknya adalah Anda bisa menggunakan nomor resi untuk melacak paket yang sudah dikirimkan tersebut. Kalau ternyata masih tidak ada kejelasan soal dimana dan bagaimana paket sekarang berada, bisa langsung bertanya ke customer care jasa logistik yang bersangkutan. 

Baca Juga: Mengenal Fasilitas Logistik dan Ragam Jenis Fasilitasnya

Proses Sortir Barang yang Dilakukan Oleh Kurir di Gudang

Sortir adalah salah satu kegiatan yang memerlukan ketelitian. Proses sortir juga dilakukan dengan tahapan tertentu. 

Tahapan ini sangat penting diperhatikan oleh kurir agar tidak terjadi kesalahan pengiriman pada saat dilakukannya distribusi barang. Adapun tahapan dalam sortir barang ini sebagai berikut. 

Memisahkan Barang yang Sesuai Dengan Tujuan

Pertama, kurir harus melihat atau mengecek alamat tujuan paket. Nantinya, paket tersebut akan dipisahkan dari paket lain yang wilayah tujuan pengirimannya berbeda. Dalam tahap ini, tentunya kurir harus jeli dalam melihat alamat pengiriman tersebut. 

Tujuannya supaya paket tidak ditempatkan dan dikelompokkan dalam wilayah tujuan yang salah. Dalam tahap ini pula, penting bagi kurir atau petugas gudang untuk melihat resi pengiriman yang umumnya langsung ditempelkan pada paket atau barang yang akan dikirim. 

Biasanya pula, paket tadi tidak akan langsung disortir berdasarkan tujuan akhir. Melainkan hanya dipilih berdasarkan provinsi dan kota. Baru yang paling terakhir akan dikelompokkan dengan alamat detailnya. Hal ini sengaja dilakukan supaya waktu serta proses sortir berlangsung lebih efektif. 

Mencantumkan Three Letter Code

Proses sortir barang atau paket biasanya tidak hanya dengan mengandalkan resi, melainkan juga dengan melihat Three Letter Code. Ini adalah tiga huruf yang menjadi kode kota tujuan pengiriman.

Adanya kode ini tentu saja bertujuan untuk mempermudah proses sortir barang sehingga dapat dikirimkan sesuai dengan alamat tujuan. Dengan demikian, pengiriman barang bisa segera dilakukan. 

Biasanya kode ini akan ditampilkan dalam warna merah atau warna lainnya dengan ukuran yang lebih besar sehingga lebih mencolok. Oleh sebab itu, penting bagi petugas atau kurir mengetahui makna dari kode-kode tersebut supaya tidak keliru dalam memisahkan barang. 

Contoh dari Three Letter Code ini diantaranya:

  • MLG = Malang
  • SRG = Semarang
  • BDO = Bandung
  • SEG = Serang
  • JOG = Yogyakarta

Tentunya masih banyak kode lain yang harus diketahui oleh para kurir dan petugas sortir. Sebab, kode ini akan mencakup seluruh Indonesia.

Menempatkan Barang di Gudang

Jika tahap 2 di atas sudah selesai dilakukan, maka barang-barang yadi akan dipindahkan ke dalam gudang. Nantinya, barang tersebut akan disortir lagi berdasarkan alamat tujuan. Dilakukannya proses ini juga tidak lain supaya tidak ada barang lain yang kodenya berbeda ikut tercampur. 

Persiapan Pengiriman Barang

Setelah itu, barang akan disiapkan untuk dikirimkan. Biasanya pada tahap ini akan dilakukan cross check terhadap dokumen terkait barang yang hendak dikirimkan. Pengecekan tersebut akan dilakukan sebelum barang dikeluarkan dari gudang. 

Terkadang pada tahapan ini juga akan dilakukan proses packing. Ini adalah proses di mana paket akan dibungkus menggunakan bahan pelindung seperti bubble wrap, kardus bahkan kayu untuk meningkatkan keamanan barang yang dikirimkan. 

Tahap Akhir atau Finishing

Terakhir, ada tahap finishing yang menjadi tanda bahwasanya barang sudah siap dikirim. Dalam tahap ini, barang biasanya tidak disortir lagi. Tahap finishing dilakukan dengan cara mengecek resi barang dan menyerahkan surat jalan bagi driver agar barang segera dibawa ke kota tujuan pengiriman. 

Jadi sudah jelas ya, pada intinya sortir adalah kegiatan memilah barang disesuaikan dengan wilayah tujuan pengiriman. Kegiatan ini akan dilakukan oleh kurir di gudang yang menjadi tempat sortir. 

Dalam pelaksanaannya, kurir juga harus memperhatikan tahapan-tahapan sortir agar tidak keliru mengelompokkan barang ke wilayah tujuan yang salah.

Percayakan Urusan Sortir Barang Kepada Ahli

Aktivitas sortir barang membutuhkan ketelitian yang tinggi dan memakan banyak waktu. Bayangkan jika Anda harus mengemas puluhan hingga ratusan pesanan setiap hari, berapa banyak waktu Anda terbuang untuk mengemas paket tersebut? 

Belum lagi resiko kesalahan jumlah atau jenis produk pesanan selalu menghantui. Agar bisnis berjalan lancar dan bisa fokus untuk mengembangkan bisnis, Anda dapat memanfaatkan layanan fulfillment.

Dengan layanan fulfillment, selain barang Anda akan disimpan dengan baik, Anda juga tidak perlu repot mengemas order satu per satu karena sudah ada staff khusus yang melakukannya untuk Anda. 

Layanan fulfillment Biteship dapat memberikan Anda semua kemudahan ini. Dengan rasio error picking yang sangat rendah di bawah 0.2%, Biteship optimis proses sortir sangat minim kesalahan dan barang yang dikemas telah sesuai dengan pesanan.

Jika ingin konsultasi terkait layanan fulfillment, silakan hubungi kami di nomor berikut:

WhatsApp tim Biteship

Atau, jadwalkan pertemuan online bersama tim Biteship pada link berikut ini

Jadwalkan Pertemuan.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!