Pengiriman Express: Pengertian dan Bedanya dengan Reguler

Pengiriman Express: Pengertian dan Bedanya dengan Reguler
Pengiriman express adalah

Pengiriman express adalah salah satu layanan yang dibutuhkan masyarakat sekarang. Alasannya karena banyak yang menginginkan barang kirimannya segera sampai ke lokasi tujuan sekali pun jarak pengirimannya cukup jauh.

Namun masih banyak masyarakat yang belum tahu ketentuan dalam menggunakan pengiriman cepat tersebut. Maka dari itu, artikel ini akan dibahas tentang apa itu pengiriman express serta tips-tips penting saat Anda ingin menggunakan layanan ini. 

Pengertian Pengiriman Express

Pengiriman express adalah jenis layanan pengiriman yang menawarkan pengiriman dengan waktu lebih cepat. Adanya pengiriman cepat ini merupakan solusi dari jasa ekspedisi dalam memenuhi kebutuhan para pelanggannya.

Ada banyak pelanggan yang menginginkan barang kirimannya segera sampai ke lokasi tujuan. Maka dari itu, layanan express hadir untuk memenuhi kebutuhan tersebut. 

Adapun durasi mulai barang siap dikirim hingga sampai ke penerima cenderung variatif. Ada yang hanya memerlukan waktu sehari, namun ada juga yang memerlukan waktu beberapa jam saja.

Tentu perbedaan durasi tersebut menyesuaikan jarak atau jangkauan wilayah pengiriman. Selain itu, bisa jadi jasa ekspedisi memiliki beberapa opsi layanan pengiriman express dengan beberapa ketentuan, termasuk perbedaan harganya.

Tips Menggunakan Pengiriman Express 1 Hari

Bagi yang ingin mengirimkan barang menggunakan pengiriman express 1 hari, berikut beberapa tips yang perlu Anda perhatikan.

1. Siapkan Paket

Pastikan barang yang akan Anda kirim merupakan barang yang tidak melanggar ketentuan. Misalnya tidak mengirimkan barang-barang mudah terbakar, mudah mengalami pembusukan, maupun barang-barang ilegal. Selain itu, Anda juga tidak mengirimkan barang yang beratnya melebihi kapasitas.

2. Pilih Jasa Pengiriman

Setelah barang sudah Anda siapkan, tips berikutnya adalah tentukan jasa pengirimannya. Tentu ada banyak jasa pengiriman express yang tersedia dengan berbagai promosi yang dilakukan.

Silakan Anda menentukan jasa yang menurut Anda terpercaya dengan kualitas layanan yang baik. Kemudian biasanya jasa pengiriman tersebut menawarkan ongkos kirim yang relatif berbeda sehingga pilih yang menawarkan harga terbaik.

3. Lacak Barang Anda

Setelah barang sudah dalam proses pengiriman, Anda bisa melacak barang tersebut melalui nomor resi yang Anda dapatkan. Pada proses tracking tersebut, Anda akan tahu barang sudah sampai mana dan butuh berapa lama lagi barang tersebut sampai ke alamat tujuan.

Pengertian Pengiriman Reguler

Selain pengiriman express, ada juga pengiriman reguler. Layanan pengiriman yang sampai sekarang menjadi pilihan banyak orang. Memang jenis pengiriman tersebut cocok untuk para konsumen toko online.

Alasannya karena pengiriman reguler menawarkan banyak keuntungan yang bisa dirasakan semua kalangan konsumen. Salah satunya sudah tentu biaya pengirimannya lebih murah daripada pengiriman express.

Kemudian untuk estimasi waktu pengirimannya beragam. Ada yang menawarkan 2 sampai 4 hari (area kota). Sementara untuk luar kota biasanya berlangsung antara 2 sampai 7 hari.

Perbedaan Pengiriman Express dan Reguler

Sering kali ada yang bingung mengenai apa yang membedakan antara pengiriman reguler dan express. Agar Anda tidak bingung, berikut beberapa perbedaannya.

1. Kecepatan Pengiriman

Salah satu perbedaan yang signifikan antara reguler dengan pengiriman express adalah kecepatan pengirimannya. Sesuai namanya, express merupakan jenis pengiriman yang mempunyai kecepatan luar biasa.

Paket yang Anda kirimkan akan segera sampai ke lokasi tujuan. Bahkan mungkin lebih cepat daripada perkiraan waktu sampainya. Sementara itu, pengiriman reguler memerlukan waktu lebih lama untuk mengirimkan paket.

Adanya dua jenis pengiriman ini sangat bermanfaat untuk Anda. Jadi, Anda dapat menentukan jenis pengiriman mana yang Anda inginkan. Jika Anda tidak sedang buru-buru mengirimkan barang tersebut, pengiriman reguler bisa menjadi opsi.

2. Harga

Perbedaan berikutnya berkaitan dengan harga pengiriman kedua jenis paket ini. Karena pengiriman express adalah jenis pengiriman super cepat, maka sudah pasti biaya pengirimannya jauh lebih mahal daripada pengiriman reguler.

Maka dari itu, bagi Anda yang mempunyai dana lebih sebaiknya memilih pengiriman express. Harga yang Anda keluarkan sesuai dengan kualitas layanan yang Anda dapatkan.

3. Keamanan Paket

Biasanya untuk pengiriman express mempunyai rute yang cenderung terbatas serta paketnya juga lebih sedikit. Hal tersebut berdampak positif pada keamanan paket.

Paket yang Anda kirim akan memiliki jaminan keamanan yang lebih baik dari jasa ekspedisi. Sementara pada pengiriman reguler melibatkan banyak titik distribusi.

Ini berpotensi menimbulkan risiko barang Anda mengalami kerusakan atau bahkan hilang. Namun biasanya pihak ekspedisi sudah menawarkan asuransi untuk mengatasi permasalahan seperti ini sehingga Anda tidak perlu khawatir.

Kapan Waktu Menggunakan Pengiriman Express dan Reguler?

Selain memahami beberapa perbedaannya, Anda juga perlu tahu kapan sebaiknya Anda menggunakan pengiriman reguler maupun express. 

1. Dana Terbatas

Pengiriman express adalah pengiriman yang Anda pilih ketika mempunyai dana yang cukup besar. Seperti penjelasan sebelumnya, biaya yang harus Anda keluarkan cukup mahal karena proses pengiriman yang cepat dengan jaminan keamanan paket yang lebih baik.

Akan tetapi, ketika Anda mempunyai dana terbatas maka lebih baik memilih paket reguler. Memang Anda harus menunggu paket Anda sampai dalam waktu yang lebih lama. Meskipun demikian, ini sebanding dengan harga yang sudah Anda keluarkan.

2. Penting dan Mendesak

Jika Anda memiliki paket yang harus segera Anda kirim dan sampai, pengiriman express menjadi solusinya. Misalnya Anda harus segera mengirimkan hadiah ulang tahun yang memang tidak bisa Anda tunda.

Maka dari itu, memilih pengiriman express adalah sebuah keharusan. Layanan ini menawarkan waktu yang sangat cepat untuk barang Anda sampai ke penerima.

3. Jarak Pengiriman

Pertimbangan berikutnya berkaitan dengan jarak pengiriman paket Anda. Jika Anda mengirim paket untuk jarak regional atau lokal, sebaiknya menggunakan pengiriman reguler karena ini cukup efisien.

Akan tetapi, jika jarak pengiriman sangat jauh atau bahkan luar negeri maka pilihlah pengiriman express. Paket Anda akan benar-benar dipastikan sampai ke lokasi secara cepat dan aman.

Sudah Paham tentang Pengiriman Express?

Jadi, pengiriman express adalah layanan pengiriman yang menawarkan waktu singkat untuk paket sampai ke lokasi tujuan. Jenis pengiriman ini menjadi pilihan ketika Anda sedang terburu-buru seperti Anda ingin mengirimkan hadiah ulang tahun.

Pengiriman express juga menawarkan garansi keamanan yang lebih baik. Hanya saja, untuk ongkos pengirimannya memang jauh lebih mahal daripada pengiriman reguler.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!