Refund : Pengertian, Manfaat, dan Cara Menggunakan Fiturnya

Refund : Pengertian, Manfaat, dan Cara Menggunakan Fiturnya
refund adalah

Belanja melalui online shop pastinya sangat banyak keuntungan yang diperoleh. Online shop mempunyai fitur refund. Refund adalah fitur unggulan dari online shop yang memungkinkan pelanggan bisa mendapatkan uangnya kembali apabila tidak jadi membeli barang yang sudah dipesan dan dibayar.

Istilah refund tentunya akan sangat familiar saat belanja di online shop. Untuk itu, agar penerapan fitur refund bisa digunakan dengan baik maka perlu memahami beberapa hal terkait refund. Simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Fitur Refund

Refund adalah fitur pengembalian dana yang dapat diterima oleh pelanggan saat mengajukan pembatalan atas produk yang sudah dipesan dan dibayar melalui platform digital. Alasan pembatalan tersebut sangat beragam.

Pada umumnya platform digital menyediakan fitur refund sebagai bentuk pelayanan serius kepada pelanggan atau konsumen. 

Hal ini disebabkan oleh risiko belanja secara online adalah tidak dapat melihat produk secara langsung, sehingga sewaktu-waktu akan muncul keraguan bagi pelanggan saat membeli.

Pelanggan pastinya rentan mengalami khawatir apabila mendapati toko online yang mempunyai kualitas abal-abal dan tak jarang menipu pelanggan. Untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan, banyak online shop yang menyediakan fitur refund ini.

Contoh penerapannya yang menunjukkan manfaat besar dari refund adalah pada platform pemesanan kamar hotel secara online. Pemesanan secara online dari kamar hotel pastinya memberikan kemudahan bagi pelanggan karena bisa memesan kamar tanpa harus datang terlebih dahulu ke hotel.

Apabila pelanggan sudah terlanjur memesan kamar dan terjadi hal-hal tak terduga dan mengharuskan untuk membatalkan pesanan, maka fitur refund bisa mengembalikan dana yang sudah terlanjur dibayar oleh pelanggan. Jadi, pelanggan tidak mengalami kerugian.

Baca Juga: Pengertian Invoice Dalam Dunia Bisnis

Manfaat Fitur Refund

Refund memberikan manfaat bagi pelanggan dan pemilik toko online. Beberapa manfaat dari refund adalah sebagai berikut.

  1. Manfaat Bagi Pelanggan
  2. Jaminan Keamanan Transaksi

Transaksi yang dilakukan secara online tentunya mempunyai kepercayaan yang cukup rendah bagi pelanggan online shop. Seringkali pelanggan yang beranggapan pada awalnya pihak online shop bisa dengan mudah menipu pelanggan.

Nah, dengan adanya fitur refund kepercayaan pelanggan bisa ditingkatkan karena pengembalian dana bisa mengartikan bahwa penjual tidak mengambil uang pelanggan begitu saja. Pelanggan juga semakin yakin untuk melakukan transaksi secara online.

  1. Kemudahan Menentukan Kecocokan Produk

Sistem belanja online membuat pelanggan tidak bisa melihat langsung produk yang akan dibeli, sehingga akan sulit menerka apakah produk yang dibeli cocok dengan pilihan atau tidak. Apabila produk yang dibeli ternyata tidak cocok dengan pelanggan, maka pelanggan bisa memanfaatkan fitur refund.

Untuk mengurangi risiko terjadinya hal tersebut, pelanggan disarankan untuk membaca dengan seksama contoh deskripsi produk yang dibeli. Hal ini disebabkan oleh pengajuan refund harus sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku dari online shop tersebut.

  1. Pelanggan Tak Segan Melakukan Transaksi Selanjutnya

Kepercayaan pelanggan yang sudah didapatkan akan membuat pelanggan ingin berbelanja kembali di waktu berikutnya. Pebisnis online yang mempunyai fitur refund pada umumnya ingin menarik minat pelanggan untuk terus berbelanja di tokonya.

Pelanggan yang merasa nyaman dan puas dengan layanan toko tentunya akan berpikir untuk berbelanja lagi di toko tersebut. Pastinya hal ini akan meningkatkan jumlah penjualan dan menjaga kestabilan dari keuntungan usaha yang dijalankan.

  1. Manfaat Refund Bagi Pemilik Toko Online
  2. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Bagi pemilik toko, manfaat refund adalah bentuk tanggung jawab pemilik toko terhadap kesalahan atau ketidaknyamanan yang bisa saja terjadi saat transaksi dilakukan. Kesalahan bisa saja disebabkan oleh pemilik toko maupun pelanggan yang keliru.

Adanya fitur refund dapat memberikan penilaian positif dari pelanggan terhadap online shop tersebut. Meskipun pada akhirnya pembelian dibatalkan, namun kesan bagi pelanggan terhadap toko akan menjadi lebih baik karena menunjukkan citra kejujuran dari pihak pemilik toko.

Hal ini akan mendorong pelanggan untuk mencoba membeli produk lainnya dan selalu nyaman dalam berbelanja di toko tersebut. 

  1. Meningkatkan Retensi Pelanggan

Omset yang didapatkan dari menjalankan online shop juga merupakan manfaat dari refund. Refund memungkinkan pembelian yang sudah terjadi akan tetap tercatat sebagai omset. Meskipun nantinya pemilik toko harus melakukan pengembalian dana kepada pelanggan.

Hitungan omset dan jumlah barang yang terjual akan tetap bertambah, sehingga refund yang diajukan oleh pelanggan masih berdampak baik bagi pemilik toko. Selain itu, juga tidak memberikan kerugian lebih lanjut walaupun adanya pengembalian dana.

Baca Juga: Jurnal Penyesuaian Dalam Dunia Bisnis

Cara Menggunakan Fitur Refund

Setelah mengetahui pengertian dan manfaat refund di atas, maka perlu dipahami bagaimana cara menggunakan fitur dan mengajukan refund. Beberapa cara atau langkah mengajukan refund adalah:

  1. Memenuhi Syarat yang Berlaku

Pengajuan refund atau pembatalan pesanan harus dilakukan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Biasanya refund akan diproses apabila waktu pemesanan refund tidak berjarak terlalu lama. Beberapa toko akan memproses refund jika pemilik toko belum terlanjur mengirimkan produk.

Contoh lainnya adalah refund saat memesan hotel atau tiket perjalanan. Nah, untuk pemesanan produk jenis ini pada umumnya pembatalan tiket atau refund akan diproses beberapa jam sebelum berangkat dan dana yang dikembalikan adalah 50 persen dari harga tiket yang sudah dibayar.

Jadi, sebaiknya sebelum memesan barang atau tiket harus benar-benar dipastikan agar tidak menimbulkan masalah tambahan.

  1. Menyertakan Bukti

Apabila ingin mengajukan refund pembelian produk dari toko online akan ada ketentuan penyerahan bukti produk bermasalah seperti menyertakan video unboxing produk. Hal ini akan mendukung alasan Anda jika ingin mengembalikan produk dan menggantinya dengan produk yang sesuai.

Durasi untuk pengembalian barang tersebut biasanya adalah 2 hingga 14 hari kerja. Sedangkan untuk refund tiket perjalanan pada umumnya adalah 30 sampai 45 hari kerja. Waktu pengembalian juga bergantung dengan jenis penerimaannya.

Jika pembelian menggunakan kartu kredit, debit atau dompet digital maka durasi refund akan berbeda-beda. Hal ini perlu ditanyakan langsung kepada pihak online shop atau layanan pelanggan dari online shop yang bersangkutan.

  1. Syarat Pengajuan Refund

Untuk melengkapi kedua hal di atas, ada beberapa syarat refund akan membantu memperkuat alasan diajukan refund oleh pelanggan. Syarat pertama adalah nomor transaksi barang yang ingin Anda refund. Kemudian bukti transfer pembayaran baik dalam bentuk scan atau screenshot dari ponsel Anda.

Tak hanya itu, Anda juga perlu menyiapkan nomor rekening bank lengkap dengan nama Anda. Jangan lupa siapkan alasan yang jelas saat mengajukan refund. Sertakan juga beberapa dokumen penting yang diminta oleh pemilik toko. 

Biasanya syarat-syarat tersebut berbeda-beda di tiap toko. Jadi pastikan semua syarat yang diminta oleh pihak toko sudah terpenuhi dan sesuai, agar proses refund dapat berjalan dengan baik dan dikabulkan oleh pihak toko.
Pemahaman terkait refund adalah fitur pengembalian dana yang dapat diterima oleh pelanggan saat mengajukan pembatalan atas produk seperti yang dijelaskan di atas akan sangat menguntungkan pelanggan. Di samping itu, tetaplah bijak dan teliti saat membeli produk secara online. Dalam lingkup Biteship, biaya refund boleh diajukan bila ada kendala teknis yang sangat jarang terjadi.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!