Apa Itu Rekber: Pengertian, Manfaat, dan Cara Kerjanya

Apa Itu Rekber: Pengertian, Manfaat, dan Cara Kerjanya

Dalam era digital yang semakin maju, transaksi online telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Melalui perkembangan transaksi online, kita perlu solusi yang dapat mengatasi berbagai risiko keamanan transaksi, salah satunya adalah dengan menggunakan rekber atau rekening bersama.

Rekening bersama memiliki banyak manfaat yang menguntungkan bagi penggunanya. Misalnya, dengan kemudahan akses platform e-commerce dan berbagai layanan online, banyak orang mulai memilih untuk melakukan pembelian atau penjualan barang dan jasa menggunakan rekening bersama.

Apa Itu Rekber?

Singkatnya, rekber adalah rekening yang didirikan atas nama lebih dari satu individu, misalnya pasangan atau mitra kerja. Sehingga secara umum, rekber merupakan metode pembayaran online yang melibatkan lebih dari satu pihak.

Konsep dari rekening bersama adalah menyimpan dan melakukan transaksi pada pihak ketiga sesuai persetujuan pihak pertama dan kedua. Pengguna rekening bersama juga dapat melakukan transaksi seperti pada umumnya, mulai dari mentransfer, menerima, dan mencairkan dana. 

Biasanya, jenis rekening ini berguna untuk keperluan bersama, seperti membeli rumah dan menabung dengan cara patungan bersama. Sedangkan dalam transaksi jual beli, rekening bersama merupakan pihak netral yang dapat menjadi jembatan antara penjual dan pembeli. 

Pihak ketiga atau pemegang rekber adalah pihak yang mendapat banyak keuntungan dari transaksi yang terjadi di dalamnya. Dalam dunia perbankan, istilah escrow digunakan untuk menyebutkan rekening bersama.

Bagaimana Cara Kerja Rekber?

Berikut ini adalah cara kerja dari penggunaan rekber dalam transaksi jual beli: 

  1. Antara penjual dan pembeli saling sepakat menggunakan pihak ketiga sebagai media transaksi yang merupakan rekening bersama. 
  2. Selanjutnya, pembeli akan mentransfer dana melalui rekening bersama.
  3. Pihak ketiga atau pengelola rekening bersama akan melakukan konfirmasi terkait dana yang masuk.
  4. Setelah pembayaran terkonfirmasi, penjual akan mengirimkan barang kepada pembeli. 
  5. Setelah pembeli menerima barang, pembeli selanjutnya melakukan konfirmasi kepada pihak pengelola rekening bersama.
  6. Pihak ketiga sebagai pengelola rekening bersama akan mentransfer dana tersebut kepada penjual.
  7. Terakhir, penjual akan mengkonfirmasi dana yang masuk.

Baca Juga: Apa Itu E-wallet? Pengertian, Kelebihan & Kekurangan serta Contohnya

Bagaimana Keamanan dari Penggunaan Rekber?

Penggunaan pihak ketiga sebagai pengelola, menjadikan metode pembayaran melalui rekber adalah metode yang terjamin keamanannya. Meski demikian, sebagai pengguna tentunya Anda tetap memiliki resiko, seperti penipuan.

Terjaminnya keamanan dari metode pembayaran menggunakan rekening bersama akibat adanya banyak pihak yang terlibat di dalamnya, sehingga transaksi lebih transparan. Hal ini juga dapat meminimalisir terjadinya kesalahpahaman akibat miskomunikasi. 

Ketentuan dari penggunaan rekening bersama juga telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2011 Tentang Transfer Dana. Begini penjelasannya:

  • Badan usaha non-bank yang melaksanakan tugas penyelenggaraan transfer dana diwajibkan untuk memiliki status badan hukum yang diakui di Indonesia dan mendapatkan persetujuan resmi dari otoritas Bank Indonesia.
  • Persyaratan dan langkah-langkah untuk memperoleh izin sebagai penyelenggara pengiriman dana telah dijelaskan secara rinci dalam peraturan yang ditetapkan oleh Bank Indonesia.

Meski telah diatur dalam undang-undang sebagai pengguna jasa layanan, baik penjual maupun pembeli, Anda juga perlu berhati-hati. Untuk menghindari penyalahgunaan atau terjadi tindakan penipuan, sebaiknya pilihlah rekening bersama yang terjamin dan terbukti keamanannya.

Baca Juga: Pengertian, Ketentuan, dan Jenis Wesel Bayar

Manfaat Penggunaan Rekber

Terdapat beberapa keuntungan atau manfaat dari menggunakan jasa rekening bersama sebagai media transaksi. Adapun manfaat rekber adalah sebagai berikut: 

1. Keamanan Terjamin

Sebagai penjual maupun pembeli yang melakukan transaksi jual beli secara online, keamanan transaksi perlu diperhatikan agar tidak merugikan berbagai pihak. Pembeli dapat membatalkan pembayaran apabila penjual terbukti tidak mengirimkan barang yang mereka pesan. 

Begitu pula sebaliknya, apabila pembeli tidak mengirimkan uang sesuai kesepakatan, maka penjual juga tidak perlu repot mengirimkan barangnya. Tidak hanya itu, pembeli bahkan bisa mengajukan pengembalian dana apabila barang yang mereka terima tidak sesuai dengan pesanan atau mengalami kecacatan. 

Hal ini menjadikan rekber adalah pilihan paling aman dalam jual beli barang secara online. Pembeli dapat menghindari penjual yang tidak bertanggung jawab dan penjual dapat memastikan bahwa pembeli telah membayar sebelum mereka mengirimkan barang. 

2. Tingkat Kepercayaan Meningkat

Penggunaan rekening bersama ternyata dapat meningkatkan rasa percaya pembeli terhadap penjual online, lho. Hal tersebut dapat terjadi karena pembeli yang telah mengalami pengalaman belanja akan melakukan penilaian pada penjual. Sehingga, pembeli lainnya akan semakin yakin dengan bisnis yang penjual jalankan.

3. Meminimalisir Adanya Produk Tidak Terkirim 

Membeli barang secara online terkadang membuat pembeli merasa resah dan khawatir kalau barang tidak dikirim oleh penjual. Maraknya kasus penipuan secara online tentu membuat pembeli merasa cemas setelah melakukan pembayaran.

Keberadaan rekber adalah penting untuk meminimalisir hal tersebut. Karena penjual tidak dapat mencairkan dana yang telah pembeli transfer apabila pihak pembeli tidak mengkonfirmasi bahwa barang telah diterima. Apabila barang tidak terkirim, maka secara otomatis uang akan dikembalikan oleh pengelola rekening bersama.

Baca Juga: Aplikasi Pinjaman Bunga Rendah Resmi (Bukan Pinjol Ilegal)

Cara Membuka Rekber

Seperti yang kamu sebutkan sebelumnya, penggunaan rekening bersama dapat dilakukan untuk membuat tabungan bersama atau membeli rumah bersama. Adapun tahapan dalam melakukan pembukaan rekber adalah sebagai berikut: 

1. Memilih Bank Penyedia Rekening Bersama

Pertama-tama, tentukan bank atau penyedia jasa rekening bersama yang hendak Anda gunakan terlebih dahulu. Selanjutnya, pastikan layanan yang Anda pilih teah terjamin dan terpercaya. 

2. Lakukan Pengajuan Pembukaan Rekening Bersama

Setelah memutuskan bank mana yang akan Anda gunakan, selanjutnya adalah melakukan pengajuan pembukaan rekening bersama. Karena akan digunakan secara bersama, lakukan proses pengajuan dengan mengajak pihak kedua yang juga akan menjadi pemegang rekening. 

3. Melakukan Pengisian Formulir Pembukaan Rekening

Setelah melengkapi syarat sesuai dengan ketentuan dari bank, langkah selanjutnya adalah melakukan pengisian formulir pembukaan rekber. Saat melakukan pengisian, pastikan informasi sudah sesuai dengan data dan identitas diri dari masing-masing pemegang rekening. 

4. Proses Verifikasi Data

Tahap terakhir adallah proses verifikasi data yang dilakukan oleh bank. Tahapan ini bertujuan untuk memastikan bahwa informasi yang Anda masukkan telah sesuai dan memenuhi persyaratan yang berlaku. Selanjutnya, bank akan mengaktivasi rekening bersama dan memberikan data rekening pada setiap pemegangnya.

Sudah Paham Konsep Rekber dan Segala Manfaat yang Menguntungkan Transaksi Jual Beli?

Nah, dari pembahasan di atas, dapat Anda tarik kesimpulan bahwa penggunaan rekber adalah sangat bermanfaat, khususnya penggunaannya dalam transaksi jual beli online

Tidak hanya meminimalisir penipuan, rekening bersama juga menjadikan transaksi lebih transparan sehingga berbagai pihak yang terlibat tidak merasa khawatir. Meski begitu, penggunaan rekening bersama dapat membantu membangun kepercayaan antara pembeli dan penjual serta memberikan perlindungan bagi keduanya. 

Seperti dalam setiap aspek transaksi, penting bagi pihak yang terlibat untuk tetap berhati-hati dan teliti dalam memilih layanan rekening bersama yang tepat. Jadi, luangkan waktu yang cukup untuk riset penyedia rekening bersama yang sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!