Strategi Pemasaran Produk: Pengertian, Jenis, Manfaat, dan Cara Menyusunnya

Strategi Pemasaran Produk: Pengertian, Jenis, Manfaat, dan Cara Menyusunnya

Seorang pelaku bisnis wajib mengetahui dan memahami tentang strategi pemasaran produk. Terutama jika Anda menjual produk yang berkaitan langsung dengan pelanggan. Dengan menggunakan strategi yang tepat Anda bisa meraih keuntungan yang besar.

Sebagus apapun kualitas produk, jika Anda tidak memasaknya dengan strategi yang sesuai, maka produk akan kalah saing dalam pasar. Anda perlu menggunakan strategi pemasaran supaya banyak orang yang mengenal dan tertarik dengan produk yang dijual.

Pengertian Strategi Pemasaran Produk

Ketika membangun bisnis, Anda membutuh berbagai strategi untuk meningkatkan angka penjualan dari suatu produk. Rencana yang dibuat secara rinci yang berisi cara menjual produk untuk mencapai target tertentu merupakan pengertian dari strategi pemasaran produk.

Setiap pelaku bisnis perlu memahami tentang strategi pemasaran untuk memasarkan produk. Dengan strategi yang tepat Anda dapat menemukan cara terbaik untuk menjual produk dan menarik calon pelanggan sebanyak-banyaknya.

Selain itu dengan memahami strategi pemasaran produk, seorang pelaku bisnis dapat meningkatkan brand awareness. Sehingga audiens akan percaya dan merasa yakin untuk membeli produk yang dipasarkan oleh perusahaan.

Jenis Pemasaran Produk

Dalam dunia bisnis, pemasaran merupakan strategi terpenting yang dilakukan untuk mendapatkan pelanggan. Ada berbagai jenis strategi pemasaran yang biasanya dipakai oleh perusahaan besar untuk memasarkan produknya.

  1. Internet Marketing

Saat ini perkembangan teknologi semakin pesat dan seluruh kegiatan bisnis dapat dilakukan melalui jaringan internet. Banyak perusahaan yang menggunakan strategi pemasaran produk online untuk mendapatkan pelanggan dengan mudah dan hemat biaya.

  1. Social Media Marketing

Keberadaan jaringan internet telah mempermudah cara komunikasi antar manusia. Maka tak heran jika kini semua orang menggunakan social media. Seorang pelaku bisnis juga bisa mengkomunikasikan dan mempromosikan bisnisnya melalui social media untuk memperluas jangkauan pasar.

  1. Search Engine Marketing

Search Engine Marketing merupakan strategi pemasaran yang dijalankan berdasarkan SEO. Tujuannya adalah untuk mendapatkan traffic yang tinggi dari mesin pencarian online. Biasanya strategi ini memanfaatkan konten berupa tulisan atau artikel.

  1. Content Marketing

Content marketing merupakan salah satu jenis-jenis pemasaran produk terbaru yang saat ini sedang diminati oleh banyak perusahaan besar. Jika SEO berkaitan dengan tulisan, maka strategi ini lebih berfokus pada pembuatan konten visual yang menarik.

  1. Email Marketing

Kini perusahaan-perusahaan besar lebih memilih melakukan komunikasi melalui email. Tak hanya bisa digunakan untuk berkirim pesan, email juga bisa menjadi media untuk memasarkan produk. Caranya adalah dengan mengirim email advertising kepada calon pelanggan.

  1. Call to Action Marketing

Call to action atau CTA merupakan strategi pemasaran produk yang sebenarnya masih berhubungan dengan content marketing. Strategi ini mengandalkan kalimat persuasif yang dimasukkan ke dalam konten untuk mempengaruhi perilaku pelanggan.

  1. Iklan Berbayar

Dari dulu hingga sekarang, iklan menjadi media terbaik untuk memasarkan produk. Anda bisa memasang iklan secara online atau offline untuk mengenalkan produk kepada audiens. Semakin banyak orang yang melihat iklan maka produk akan jadi terkenal.

Manfaat Pemasaran Produk

Manfaat utama dari melakukan strategi pemasaran adalah untuk membuat produk menjadi lebih dikenal oleh masyarakat. Sehingga semakin banyak orang yang tertarik untuk membeli. Selain itu strategi ini juga memiliki berbagai manfaat lain, seperti:

  1. Menentukan Tujuan dan Target Pasar

Ketika ingin mengembangkan bisnis, seorang pelaku usaha perlu merumuskan tujuan yang ingin dicapai. Biasanya untuk mewujudkan tujuan tersebut, Anda juga harus memikirkan tentang target pasar yang jelas.

Melalui strategi pemasaran produk yang tepat Anda akan terbantu ketika merumuskan tujuan. Selain itu Anda juga bisa menentukan target pasar yang akan dijangkau. Dengan strategi yang matang, perusahaan dapat meraih keuntungan yang besar.

  1. Mengidentifikasi Kebutuhan Pasar

Strategi produk menjadi cara terbaik untuk menawarkan dan memasarkan produk kepada pelanggan. Namun pelanggan tidak mungkin tertarik untuk membeli apabila produknya tidak sesuai dengan kebutuhan.

Melalui strategi pemasaran, Anda bisa mengidentifikasi kebutuhan pasar dan menyesuaikannya ketika membuat produk. Calon pelanggan akan merasa lebih tertarik untuk membeli apabila suatu produk bisa memenuhi kebutuhannya.

  1. Menganalisis Kekuatan Bisnis

Strategi pemasaran produk juga bisa digunakan sebagai alat untuk menganalisis kekuatan bisnis. Sehingga Anda bisa mengetahui kekurangan dan kelebihan yang perlu dievaluasi untuk bersaing dengan kompetitor di pasar.

  1. Menurunkan Risiko Kerugian

Kegiatan pemasaran produk tentu memiliki berbagai risiko. Tetapi jika Anda menyusun strategi pemasaran, maka risiko kerugian akan menurun. Selain itu Anda juga bisa menentukan kebutuhan apa saja yang harus dilakukan selama produk dipasarkan.

  1. Mengetahui Cara dan Waktu yang Tepat untuk Pemasaran

Pemasaran produk tidak boleh dilakukan dengan cara yang asal-asalan. Anda membutuhkan penyusunan strategi dan rencana yang matang. Dengan begitu seluruh proses yang dilakukan saat memasarkan produk menjadi lebih jelas.

Selain itu strategi pemasaran juga akan membantu pelaku bisnis untuk menentukan kapan waktu yang tepat untuk promosi. Pasalnya saat memasarkan suatu produk Anda perlu memperhatikan waktu-waktu terbaik sesuai kebutuhan pelanggan.

Apa Saja Strategi Pemasaran Produk yang Efektif

Menyusun strategi pemasaran produk bukanlah hal yang mudah. Bahkan perusahaan membutuhkan tim marketing khusus supaya strategi bisa berjalan sesuai tujuan. Ada beberapa langkah yang dapat Anda jadikan referensi ketika ingin memasarkan produk secara efektif.

  1. Kenali Target Market

Mengenali siapa target market yang akan diincar merupakan langkah-langkah penerapan strategi pemasaran produk yang paling utama. Anda dapat melakukan riset untuk memahami karakteristik dan kebutuhan pasar.

  1. Amati Strategi Kompetitor

Di dalam pasar setiap perusahaan akan bersaing untuk mempertahankan namanya dan meraih angka penjualan tertinggi. Supaya bisa tetap bertahan Anda perlu mengamati strategi kompetitor. Tujuannya bukan untuk meniru namun mempelajari kelebihan dan kekurangannya.

  1. Jalin Hubungan Baik dengan Pelanggan

Membangun hubungan yang baik dengan pelanggan sering diabaikan oleh perusahaan. padahal dengan terjalinnya hubungan yang dekat, Anda bisa meraih loyalitas pelanggan. Sehingga mereka berminat untuk melakukan pembelian ulang.

  1. Pilih Channel Marketing yang Tepat

Strategi pemasaran bisa berjalan sesuai dengan tujuan jika perusahaan menggunakan channel yang tepat. Saat ini banyak sarana yang bisa dimanfaatkan sebagai alat pemasaran. Strategi pemasaran produk contoh terbaik adalah dengan memanfaatkan channel influencer dan social media.

  1. Membuat Toko Online

Kini lebih banyak orang yang senang berbelanja melalui toko online. Pasalnya dengan belanja online, pelanggan bisa mengunjungi toko kapan saja dan tidak perlu datang secara langsung. Anda dapat membuat toko online dengan website atau melalui marketplace.

Strategi pemasaran produk merupakan hal terpenting yang harus dimiliki oleh setiap perusahaan. Tanpa adanya penyusunan strategi, produk yang sudah dibuat sebagus mungkin tidak akan bisa dikenal audiens.

Ada berbagai strategi yang dapat Anda gunakan supaya produk bisa dipasarkan dengan efektif. Tujuan dari strategi ini adalah untuk menambah volume penjualan, Sehingga perusahaan bisa mencapai tujuannya dan meraih keuntungan yang banyak.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!