Tips Tidak Mudah Tertipu Dengan Resi Palsu

Tips Tidak Mudah Tertipu Dengan Resi Palsu

Resi palsu merupakan salah satu hal yang perlu untuk diwaspadai saat berbelanja online. Dalam beberapa tahun terakhir, banyak sekali modus penipuan ketika melakukan transaksi jual beli secara online. Beberapa oknum sengaja memberikan sebuah resi, namun kodenya palsu.

Ketika resi yang diberikan palsu, maka Anda sebagai pembeli tentunya akan merasa rugi sebab barang yang diinginkan pastinya tidak akan pernah sampai. Harus diakui bahwa semakin berkembangnya teknologi, maka ada saja orang jahat yang memanfaatkannya untuk melakukan penipuan.

Tips Agar Tidak Tertipu Resi Palsu

Saat Anda berbelanja online, tentunya toko atau penjual akan memberikan Anda sebuah resi. Resi itulah yang kemudian bisa Anda gunakan untuk memantau sampai mana barang yang Anda beli Apakah ada resi palsu? Tentu saja ada.

Banyak oknum penjual online nakal yang sengaja memalsukan resi untuk mendapatkan keuntungan. Nah, jika Anda tidak mau kena tipu dengan resi yang ternyata palsu, berikut adalah tips untuk menghindarinya:

1. Lakukan Pengecekan

Jika Anda ingin sekali memastikan bahwa resi yang toko online berikan adalah asli, maka cobalah melakukan cek resi terlebih dahulu. Cara mengecek resi sendiri terbilang mudah karena Anda bisa membuka situs resmi dari perusahaan pengiriman tersebut.

Pada umumnya perusahaan pengiriman menyediakan situs untuk melakukan pengecekan resi. Kalau nomor resi yang diberikan oleh penjual toko online itu asli, pastinya situs resmi perusahaan akan menampilkan informasi yang akurat terkait dengan informasi lokasi barang Anda.

Namun, jika resinya palsu, sudah pasti nomornya tidak terlacak di situs perusahaan ekspedisi tersebut. Besar kemungkinan bahwa nomor resi tersebut tidak valid sehingga sudah dipastikan jika nomor yang diberikan kepada Anda itu palsu.

2. Hubungi Seller

Ciri resi palsu sebagaimana yang sudah disebutkan sebelumnya adalah tidak terdeteksi pada situs perusahaan pengiriman. Namun, Anda juga bisa menghubungi pihak penjual online untuk memastikannya sekali lagi, apakah nomor resi yang diberikan palsu atau tidak.

Ada kemungkinan bahwa nomor resi yang statusnya tidak muncul di situs perusahaan pengiriman memang belum terlacak karena kesalahan penjual. Ya, penjual bisa saja belum melakukan input nomor resi pada sistem sehingga jadi tidak terlacak.

Kenapa nomor resi tidak bisa dilacak? Kesalahan seperti ini pada dasarnya sering terjadi, apalagi jika Anda belanjanya di toko online yang memang star seller atau ramai. Toko yang ramai butuh waktu 1 x 24 jam untuk bisa memasukkan nomor resi ke dalam sistem.

Kalau nomor sudah terinput, sudah pasti Anda bisa melakukan tracking atau pengecekan. Namun, jika dalam durasi 1 x 24 jam masih belum bisa dilacak resinya, maka Anda bisa lakukan konfirmasi ke pihak penjual supaya tidak rugi.

3. Laporkan Seller

Apabila semua tahapan di atas sudah Anda lakukan dan resi masih saja tidak bisa terlacak, apalagi barang yang Anda tunggu-tunggu juga tidak segera datang, maka besar kemungkinan itu adalah resi palsu.

Jika Anda mendapatkan resi yang terbukti palsu, maka sudah pasti Anda ditipu oleh penjual. Segera laporkan masalah penipuan yang Anda alami ini pada pihak marketplace atau e-commerce. Setelah melaporkan, maka pihak marketplace akan meninjau masalah Anda.

Nah, apabila laporan yang Anda berikan ternyata terbukti, artinya toko online atau penjual telah melanggar aturan. Sudah pasti penjual otomatis akan dibanned oleh marketplace tersebut.  Sebagian besar marketplace punya sistem rekening bersama untuk melakukan pembayaran.

Jadi, uang yang Anda berikan kepada penjual tidak akan hangus begitu saja. Kalau memang resi yang diberikan palsu, maka uang Anda akan kembali lagi, tidak perlu khawatir!

Baca Juga: Resi Otomatis: Pengertian, Manfaat, Cara Mengirim, dan Bedanya dengan Resi Manual

Ciri-Ciri Resi Palsu

Harus diakui bahwa saat ini modus penipuan ada banyak sekali dalam transaksi online, termasuk resi pengiriman. Anda perlu mewaspadai segala macam bentuk penipuan saat belanja online dengan memahami ciri-ciri penipuan paket luar negeri sampai dalam negeri sekalipun.

Dengan memahami ciri-ciri resi yang palsu, maka Anda bisa terhindar dari penipuan. Simak ciri-ciri yang menandakan bahwa resi Anda ternyata palsu:

  • Jumlah digit yang ada pada nomor resi berbeda dengan resi asli.
  • Nomor telepon dan juga alamat yang tercantum tidak sama dengan official situs resmi dari perusahaan pengiriman.
  • Resinya berbeda dan jika dicek tidak terlacak

Pahami dengan baik ciri-ciri resi palsu di atas supaya Anda tidak mudah ditipu oleh seller yang nakal di marketplace. Daripada Anda rugi ke depannya, lebih baik waspada sedini mungkin.

Baca Juga: Kenapa No Resi Tidak Valid? Inilah Penyebab dan Cara untuk Mengatasinya

Cara Mengetahui Resi Palsu

Bagaimana cara mengetahui resi palsu? Mengetahui resi yang palsu memang perlu Anda lakukan agar tidak mudah tertipu. Mengingat saat ini semakin marak penipuan di dunia transaksi bisnis online, maka jangan sampai Anda menjadi salah satu korbannya.

Nah, untuk mengetahui resi yang palsu, berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

1. Melakukan Pengecekan Ulang

Pertama, Anda bisa coba melakukan pengecekan ulang pada nomor resi yang ditampilkan di situs resmi ekspedisi pengiriman.Anda bisa membuka situs resminya ataupun aplikasinya untuk memastikan bahwa nomor resi tersebut benar-benar asli.

Biasanya sebuah perusahaan pengiriman memiliki situs resmi dan juga aplikasi yang bisa diunduh gratis di smartphone untuk melakukan pengecekan resi sampai cek ongkos kirim. Jadi, lakukan pengecekan ulan supaya tahu apakah nomor yang Anda dapatkan itu resi palsu atau asli.

2. Perhatikan Detail Status Pengiriman

Kalau Anda adalah tipe orang yang suka sekali belanja online, maka cobalah untuk memastikan kepada pihak penjual, apakah barang telah diproses pengirimannya atau belum. Jika sudah, maka minta resi sebagai bukti bahwa barang Anda memang telah dikirim.

Apabila penjual mengatakan sudah memproses pengiriman dan memberikan nomor resi, segera cek di situs resminya. Perhatikan detail status pengiriman, karena jika resi yang diberikan itu asli, maka akan muncul status pengiriman pada situs ataupun marketplace.

3. Menghubungi Seller

Apabila Anda sudah mendapatkan resi dan setelah dicek ternyata invalid atau nomor resi tidak terdaftar, maka langsung tanyakan saja pada pihak seller. Bisa jadi pihak penjual memang salah memasukkan nomor resi ke sistem.

Namun, jika memang seller sendiri tidak kooperatif dan nomor yang diberikan ternyata benar-benar terbukti palsu, maka Anda bisa laporkan toko online atau seller tersebut ke pihak marketplace atau e-commerce, tersebut untuk ditindaklanjuti.

Baca Juga: Shipping Gateway Indonesia: Cara Kerja & Manfaatnya untuk Bisnis

Resi adalah barang paling penting dalam transaksi bisnis online. Setiap perusahaan pengiriman pasti akan mengeluarkan resi sebagai bukti bahwa barang yang dibeli oleh konsumen dikirimkan dengan waktu yang sudah diestimasikan sebelumnya.

Jika resi yang diberikan palsu, maka sudah pasti barang tidak dapat dilacak dan bahkan tidak akan pernah sampai ke tangan Anda. Apabila Anda ke depannya ingin berbisnis online dan mencari perusahaan pengiriman terbaik, maka bisa percayakan Biteship.Biteship sendiri merupakan aggregator logistik profesional untuk menangani pengiriman bisnis marketplace. Tidak perlu khawatir dengan resi palsu karena Biteship bekerjasama dengan perusahaan ekspedisi terkenal di Indonesia yang dijamin profesional!  

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!