Headline: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Tips Membuatnya

Headline: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Tips Membuatnya
headline

Headline merupakan judul besar yang sering Anda jumpai di koran, majalah, buku, berita, dan jenis bacaan lainnya. Apa saja fungsi dan jenis dari judul besar ini? Bagaimana cara membuat headline agar terlihat menarik? Simak penjelasannya di bawah ini!

Apa itu Headline?

Headline atau judul besar termasuk bagian penting dalam sebuah tulisan dengan tujuan untuk menarik minat pembaca. Judul besar terletak di bagian teratas dan merupakan bagian tulisan yang pertama kali pembaca lihat. Judul utama ini biasanya dicetak atau ditulis dengan tebal.

Anda sebaiknya memakai keyword yang menarik dan mewakilkan seluruh isi bacaan untuk membuat judul utama dari sebuah tulisan. Makin menarik judulnya, maka akan semakin membuat para pembaca kian tertarik untuk membaca keseluruhan dari isi bacaan.

3 Fungsi Headline

Selain untuk menarik minat pembaca, judul utama juga memiliki tiga fungsi lain, yaitu:

1. Menggugah Rasa Penasaran

Fungsi pertama dari judul utama adalah menggugah rasa penasaran pembaca. Untuk membuat pembaca tetap ingin membaca tulisan hingga akhir, maka judul utama harus berisi kata kunci atau kalimat yang mendorong rasa penasaran pembaca.

Meskipun begitu, Anda sebaiknya tidak membuat judul utama yang mengecoh atau clickbait. Mengapa? Judul-judul seperti itu justru sering kali membuat para pembaca merasa kecewa karena judul dan isi bacaan yang tidak sesuai dengan ekspektasi pembaca.

2. Memberi Gambaran tentang Tulisan

Selain untuk menggugah rasa penasaran, judul utama juga berfungsi untuk memberi gambaran dari sebuah tulisan. Ketika pembaca melihat judul, diharapkan mereka tertarik dengan topik yang dibahas. Di samping itu, para pembaca juga bisa berekspektasi mengenai isi bacaan tersebut.

3. Optimasi SEO

Fungsi yang terakhir dari judul utama yaitu untuk optimasi SEO (Search Engine Optimization) yang berkaitan dengan artikel online. Optimasi bisa Anda lakukan dengan cara meletakkan kata kunci yang sesuai pada judul utama.

Selanjutnya, ketika pembaca berusaha mencari informasi yang sesuai dengan kata kunci tersebut, artikel yang telah Anda tulis bisa muncul di mesin pencari.

Baca Juga: Pengertian, Tips Penulisan, dan Contoh Copywriting Menarik

12 Jenis Headline

Terdapat berbagai jenis judul utama berdasarkan pada target dan kebutuhannya. Penjelasan lengkap mengenai 12 jenis judul utama adalah sebagai berikut:

1. Direct

Jenis judul ini menunjukkan kepada pembaca secara jelas tujuan atau isi dari sebuah tulisan. Secara umum, direct headline berisi ringkasan atau ide pokok dari keseluruhan isi tulisan. Oleh karena itu, pembaca bisa dengan mudah mengetahui apa yang bisa didapat dari tulisan tersebut.

2. Indirect

Indirect headline memakai pendekatan yang lebih halus daripada direct headline. Jenis judul utama ini tidak menjelaskan poin utama dari tulisan secara langsung. Dengan begitu, pendekatan ini dapat membuat pembaca merasa lebih penasaran tentang isi tulisan.

3. News 

Jenis judul yang ketiga adalah news headline yang berisi pengumuman penting mengenai suatu produk atau perusahaan. Anda dapat menggunakan judul utama ini untuk menyebarkan informasi ke publik secara efisien.

4. “How to”

Jenis judul yang selanjutnya adalah “how to” headline. Judul utama ini bertujuan untuk menunjukkan pembaca cara mengatasi suatu masalah melalui langkah-langkah yang ada beserta manfaatnya. Anda dapat mengawali judul dengan kata “Cara” atau “How to” dan aksi yang ingin Anda tunjukkan kepada pembaca.

5. Command 

Command headline bertujuan untuk memberitahu pembaca mengenai hal-hal yang harus mereka lakukan agar tujuan mereka bisa tercapai. Biasanya, judul ini digunakan untuk membuat iklan dan dimulai dengan kata kerja yang “kuat”.

6. Question 

Berikutnya yaitu question headline yang merupakan judul utama berisi pertanyaan yang ditujukan kepada pembaca dengan maksud memberikan solusi atau jawaban. Jenis judul ini bisa Anda gunakan untuk mengangkat topik mengenai produk atau brand perusahaan yang pembaca gemari.

Baca Juga: Tips SEO agar Traffic Website Meningkat untuk Pemula

7. “Mengapa”

Jenis judul satu ini bertujuan untuk memberi informasi kepada pembaca mengenai alasan terjadinya sesuatu. Judul utama ini dapat Anda tulis dengan format list agar memudahkan pembaca untuk membaca secara sepintas.

8. Nama Brand

Anda bisa menggunakan nama brand di judul utama untuk membandingkan suatu bisnis atau produk dengan kompetitornya. Jenis judul ini dapat membantu brand tersebut untuk masuk ke dalam target pasar yang telah ditentukan.

9. Emosional

Jenis judul utama yang kesembilan adalah emosional. Judul ini berupaya untuk menarik pembaca dengan menargetkan perasaan positif atau negatif. Anda perlu memakai kata yang tepat dan berkesan saat menggunakan jenis judul ini.

10. Konfrontasional

Selanjutnya, jenis konfrontasional berusaha untuk mengajak pembaca untuk setuju atau tidak setuju dengan argumen yang tertera pada judul. Judul utama ini bersifat kontroversial karena memungkinkan pembaca untuk mengubah atau tetap mendukung pendapat mereka.

11. “Best”

Ketika Anda ingin memberikan rekomendasi mengenai suatu hal, jenis judul utama ini bisa menjadi pilihan. Judul ini bertujuan untuk memberikan peringkat terhadap produk yang sedang pembaca cari.

12. “Challenging Belief”

Jenis judul utama yang terakhir adalah “challenging belief”. Anda bisa memakai teknik psikologi terbalik untuk menulis jenis judul ini. Umumnya, judul utama ini menggunakan frasa “Kamu akan terkejut…” atau “Kamu tidak akan percaya…” di awal kalimat.

Baca Juga: Cara Membuat Website Gratis untuk Pemula, Tak Perlu Coding!

7 Tips Membuat Headline

Setelah Anda mengetahui berbagai jenis judul utama, berikut ini tujuh tips yang bisa Anda ikuti untuk membuat judul utama yang bagus dan menarik bagi pembaca. Simak penjelasannya di bawah ini:

  1. Sebaiknya jangan menggunakan judul utama yang terlalu panjang agar judul yang tampil di mesin pencari tidak terpotong.
  2. Anda bisa bermain dengan kata-kata yang kuat maupun emosional untuk menarik minat pembaca.
  3. Gunakan kata yang memberikan alasan mengenai ide utama dari tulisan
  4. Sebisa mungkin gunakan nomor dan data pada judul.
  5. Tampilkan keunggulan dari tulisan yang Anda buat.
  6. Anda bisa memberikan pertanyaan yang provokatif agar pembaca merasa terlibat.
  7. Pastikan judul utama akurat atau sesuai dengan isi tulisan Anda.

Sudah Paham Tentang Headline?

Headline merupakan salah satu elemen utama dari sebuah tulisan. Oleh karena itu, agar tulisan Anda menyasar pembaca yang telah Anda targetkan, pilih jenis judul utama yang sesuai dan ikuti tips-tips di atas. Yuk, buat judul tulisan yang menarik sekarang juga!

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!