7 Usaha Sampingan di Desa yang Menguntungkan

7 Usaha Sampingan di Desa yang Menguntungkan

Sekarang ini tidak jarang orang-orang lebih memilih untuk hidup di desa. Selain suasananya yang jauh dari keramaian juga keakraban masyarakatnya masih terjaga. Namun apakah benar jika tinggal di desa sulit mencari penghasilan?. Nah, Anda bisa mencoba usaha sampingan di desa yang cukup menguntungkan berikut ini. 

Rekomendasi Usaha Sampingan di Desa

Terdapat beberapa usaha sampingan di desa yang bisa Anda lakukan untuk mencari keuntungan. Untuk pilihannya, antara lain:

1. Kerajinan Tangan

Usaha sampingan yang pertama adalah membuat kerajinan tangan. Tidak jarang pastinya Anda pernah datang ke sebuah desa dan melihat masyarakatnya beramai-ramai membuat berbagai macam kerajinan tangan. Lalu biasanya kebanyakan masyarakat yang menekuni usaha tersebut yaitu kaum perempuan atau ibu-ibu. 

Jika tertarik menekuni usaha ini, adapun beberapa kerajinan tangan yang bisa dibuat yaitu keranjang, gelang, gantungan kunci, kayu ukir, dan lainnya. Meskipun contoh barang tersebut dibuat manual menggunakan tangan, namun hasilnya memiliki nilai jual. 

Selain itu, usaha yang dilakukan di desa ini tidak hanya memasarkannya di lingkungan sekitar, tapi berpeluang menjangkau ke kota besar hingga luar negeri. Kemudian ketika Anda memulai bisnis ini tidak hanya mendapatkan keuntungan, tapi juga membuka lapangan kerja baru. 

2. Menjual Aneka Bibit Tanaman

Usaha sampingan di desa selanjutnya adalah dengan menjual aneka bibit tanaman. Mungkin Anda akan jarang menemukan usaha seperti itu di kota besar, namun jika pergi ke desa akan banyak menemukan pengusaha bibit tanaman. 

Usaha tersebut kenapa kebanyakan berada di desa? Karena lingkungan kondisi alamnya yang mendukung untuk budidaya bibit tanaman. Jika Anda lihat di kota besar tentunya lahan tanah sangat minim dan kondisi lingkungan serta udaranya kurang cocok untuk usaha ini. 

Jika nantinya Anda tertarik memulai usaha ini, bisa dengan membudidayakan bibit tanaman seperti buah-buahan, sayuran, tanaman hias, dan lainnya. Selain itu, Anda bisa menjual hasil panen dari beberapa bibit yang ditanaman ke pasar.  

Kemudian jangkauan pasarnya untuk usaha ini juga luas hingga berpotensi ke luar negeri. Ketika Anda memiliki bibit tanaman hias unik dan langka pastinya para pecinta tanaman hias atau kolektor tanaman hias akan tertarik untuk datang.

3. Menjual Kue Tradisional

Berikutnya untuk usaha sampingan di desa yang bisa Anda tekuni adalah menjual berbagai macam kue tradisional atau kue khas dari desa sendiri. 

Mungkin sebagian besar orang yang belum tahu tentang kue khas dari desa sendiri, dan dari usaha inilah bisa Anda manfaatkan untuk mengenalkannya sehingga berpotensi menjadi usaha yang menguntungkan.

Seperti yang Anda tahu bahwa setiap daerah memiliki ciri khasnya sendiri seperti makanan kue ini. Ketika orang-orang datang dari daerah yang berbeda-beda biasanya akan mencari makanan khas daerah yang didatangi sebagai oleh-oleh. 

Maka dari itu, Anda bisa membuat usaha dengan menjual kue tradisional daerah sendiri dan mendistribusikannya ke wilayah-wilayah sekitar. Selain itu, Anda bisa memasarkannya atau mempromosikan produk kue tradisional tersebut melalui website atau media sosial. 

Baca Juga: 6 Langkah Sukses untuk Memulai Usaha Fried Chicken

4. Tempat Akses Internet

Adapun usaha sampingan di desa yang bisa dibilang paling banyak peminatnya yaitu menyediakan tempat akses internet. Perkembangan teknologi ini membuat siapa saja sangat membutuhkan internet untuk memenuhi kebutuhannya seperti bekerja, belajar, hiburan, dan lainnya. 

Seperti yang Anda ketahui, di beberapa wilayah pedesaan belum tentu bisa mengakses internet menggunakan jaringan kartu provider. Sehingga memerlukan akses internet melalui sambungan kabel dan dipancarkan melalui router. 

Maka dari itu, Anda bisa memanfaatkan hal tersebut untuk mencari keuntungan dengan membuka tempat akses internet.

Nantinya Anda bisa menjual voucher internet sekali pakai untuk beberapa jam. Kemudian bisa juga ditambah menjual minuman dan makanan ringan agar orang yang datang betah. Selain itu, jangan lupa menyediakan tempat duduk untuk para pelanggan. 

5. Bengkel Kendaraan Motor

Usaha sampingan di desa yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuka bengkel kendaraan motor. Ketika Anda memiliki kemampuan atau skill untuk memperbaiki kendaraan motor, usaha satu ini bisa dicoba. 

Pastinya masyarakat di desa juga banyak yang memiliki kendaraan motor dan biasanya sering digunakan pada medan ekstrim. Kemudian peluang dalam mendapatkan keuntungan juga besar karena masyarakat desa akan pergi ke bengkel Anda karena jauh dengan bengkel resmi. 

Nantinya Anda bisa menyediakan berbagai macam layanan bengkel pada umumnya seperti service atau ganti spare part. Setelah itu, perhatikan juga kualitas spare part yang diberikan agar setelah pemasangan tidak terjadi masalah jangka pendek pada motor pelanggan. 

Lalu jangan lupa untuk memberikan pelayanan yang terbaik meskipun hanya bengkel motor biasa di lingkungan desa agar nantinya pelanggan bisa percaya dan datang lagi. 

6. Peternakan

Salah satu usaha sampingan di desa yang menjanjikan lainnya adalah peternakan. Dengan adanya peternakan ini bisa menyuplai bahan pangan tidak hanya di daerah sekitar namun hingga luar pulau. 

Tentunya dalam menekuni dunia peternakan ini harus sabar dan tekun karena harus telaten merawat, membersihkannya, dan lainnya. Namun Anda jangan khawatir karena kesabaran tersebut akan terbayar nantinya. 

Untuk hewan ternak yang bisa Anda pilih bisa disesuaikan dengan modal. Misalnya Anda yang memiliki modal terbatas bisa berternak hewan seperti lele, burung puyuh, dan lain sebagainya. Kemudian untuk modal lebih bisa seperti sapi, kambing, ayam, dan lainnya. 

Perlu Anda ketahui juga bahwa usaha ternak ini bisa mendapatkan beberapa keuntungan dari satu hewan ternak. Misalnya ayam, bisa Anda jual daging atau telurnya. Kemudian sapi, bisa dijual daging, kulit, atau susunya. Sehingga peluang kesuksesan dari usaha peternakan ini terbilang cukup besar.

7. Pertamini

Pilihan usaha sampingan di desa yang bisa Anda coba adalah membuka Pertamini. Mungkin Anda sering melihat Pertamini yang buka di pinggiran kota, namun peluang untuk mendapatkan keuntungan bisa sama ketika membukanya di wilayah desa. 

Seperti yang Anda tahu bahwa biasanya masyarakat desa untuk mengisi bensin harus ke pom bensin dengan jarak lumayan jauh. Sehingga dengan adanya usaha Pertamini ini akan mempermudah masyarakat di desa untuk mengisi bensin di dekat rumahnya. 

Baca Juga: Tips Membuka Usaha Angkringan bagi Pemula agar Cepat Sukses

Sudah Menentukan Usaha Sampingan Mana yang Cocok?

Itulah beberapa rekomendasi usaha sampingan di desa yang bisa Anda jadikan pandangan. Meskipun di wilayah pedesaan, Anda tidak perlu bingung karena banyak peluang usahanya.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!