Vlogger: Penjelasan, Jenis, dan Contohnya

Vlogger: Penjelasan, Jenis, dan Contohnya

Beberapa tahun belakangan ini, vlogger sering menjadi influencer yang sangat mempengaruhi minat masyarakat dalam memilih sesuatu, mulai dari kosmetika hingga makanan. Produk ataupun tempat yang diulas positif oleh penggiat vlog biasanya menjadi ramai dikunjungi masyakat.

Konten kreator vlog yang membagikan pengalaman makannya melalui video tersebut, mampu menjadi sosok yang penting bagi pemilik usaha. Tempat ataupun produk yang tadinya kurang terkenal, karena didatangi dan diulas oleh konten kreator video, langsung menjadi ramai.

Apa Itu Vlogger?

Berasal dari kata vlog dan diberi akhiran “er’ yang menunjukkan orang atau pelaku, vlogger adalah seseorang yang membagikan kegiatannya melalui vlog atau video. Fenomena membagikan beragam aktivitas melalui video dimulai pada tahun 2005 hingga 2006 lalu.

Pada masa itu, platform video Youtube mulai banyak diakses dan digunakan karena menawarkan layanan gratis. Demam ngevlog dimulai sejak seorang pemilik akun Youtube dengan username LonelyGirl15 mulai aktif membagikan kisah kesehariannya melalui video.

Video-video yang diunggahnya diberikan judul “No Effort” dan disukai oleh publik. Sejak saat itulah mulai banyak orang yang menggunakan Youtube dan membagikan aktivitas kesehariannya lewat video. Orang-orang inilah yang kemudian dikenal sebagai vlogger.

Baca Juga: Macro Influencer: Pengertian, Manfaat, dan Tips Memilihnya

Jenis-Jenis Vlogger

Seperti juga blogger yang membagikan cerita lewat tulisan melalui blog, aktivitas blogging juga ada bermacam-macam temanya. Apa saja jenis vlog yang dikenal oleh masyarakat Indonesia, inilah beberapa diantaranya.

1. Beauty Vlogger

Sesuai dengan namanya, vlog jenis ini berisi video-video tentang kecantikan maupun perawatan kulit. Video yang diunggah ada bermacam-macam, misalnya tutorial makeup, cara merawat wajah hingga ulasan tentang suatu produk kecantikan.

Vlog tentang kecantikan paling banyak dicari oleh kaum hawa, baik remaja ataupun orang dewasa sebagai acuan dalam memilih produk skincare. Banyak make up artis yang memiliki channel Youtube pada vlog kecantikan, sehingga sering digunakan untuk belajar merias wajah.

2. Travel Vlogger

Traveling sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat untuk menghilangkan jenuh diantara waktu bekerja. Ingin pergi rekreasi atau healing ke suatu tempat tapi bingung mau kemana? Tenang saja, buka video vlog travelling untuk mendapatkan rekomendasinya.

Konten kreator pada vlog jenis ini akan memberikan ulasan mengenai suatu tempat wisata, baik yang sudah sangat dikenal ataupun yang masih baru. Biasanya, ulasan disertai dengan keistimewaan dari tempat wisata tersebut berikut oleh-oleh khasnya.

3. Vlog Gadget

Masyarakat Indonesia termasuk yang suka dengan vlog tentang gadget. Bukan saja untuk mencari referensi produk gadget terbaru dengan ulasan tentang fitur-fiturnya, vlog ini juga menyajikan berbagai masalah lainnya.

Vlog tentang gadget juga menampilkan video tutorial mengganti baterai tanam sendiri, memperbaiki HP yang mati total, cara membuka casing smartphone dan lainnya. Biasanya, konten kreator pada vlog jenis ini memang memiliki pengetahuan dan keahlian tentang perangkat gadget.

4. Vlog Kesehatan

Pada masa pandemi yang lalu, vlog tentang kesehatan menjadi konten yang banyak dicari oleh masyarakat. Di vlog ini, para tenaga medis membagikan tips dan pengetahuan terkait kesehatan, misalnya cara menjaga berat badan yang ideal.

Tidak selalu membahas tentang penyakit tertentu, video-video pada vlog kesehatan juga banyak berisi tentang bagaimana gaya hidup yang bagus supaya tubuh selalu sehat. Tips-tips kesehatan harian banyak dibagikan oleh dokter, olahragawan hingga selebritis terkenal.

5. Food Vlogger

Salah satu vlog yang paling banyak penggemarnya di Indonesia adalah food vlogger. Banyak vlog makanan yang seringkali dijadikan acuan dan panduan oleh masyarakat saat akan mencoba tempat makan ataupun restoran tertentu.

Tempat makan dan makanan yang sering mendapatkan ulasan positif oleh konten kreator tersebut pada umumnya mudah menjadi populer. Vlogging makanan tidak hanya dilakukan pada restoran besar saja tetapi juga warung dan pedagang kaki lima.

Jenis makanan yang diulas juga beraneka ragam, mulai masakan tradisional hingga tantangan makan dalam porsi besar yang dikenal dengan istilah mukbang. Tidak heran kalau mereka yang aktif melakukan vlogging dengan tema makanan menjadi sangat populer di mata warganet.

Baca Juga: Influencer Marketing: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Strateginya

Food Vlogger Indonesia Paling Terkenal dan Disukai

Di Indonesia sendiri, konten kreator pengulas makanan sudah cukup banyak. Beberapa diantaranya sangat dikenal dan disukai oleh masyarakat, diantaranya adalah :

1. Tanboy Kun

Yang pertama ada Tan Boy Kun. Dikenal sebagai konten kreator mukbang, Tanboy Kun mulai aktif membuat video sejak tahun 2016 yang lalu. Konten makanan pertama yang dibuatnya dan diposting pada media sosial yaitu mukbang nasi padang.

Mukbang adalah manyantap dan menghabiskan suatu makanan dalam porsi yang sangat besar, dan inilah yang sering dilakukan oleh Tanboy Kun. Tidak hanya mukbang saja, Tanboy Kun juga sering membuat tantangan dalam videonya, yang tergolong ekstrim bagi orang kebanyakan.

Tanboy Kun pernah melakukan tantangan makan cabai Cararolina Repper yang rasanya sangat pedas dan makan mie instan asal Korea Selatan, sampyang dalam porsi besar. Dengan jumlah subcriber mencapai 5,3 juta orang pada channelnya, Tanboy Kun dijuluki sebagai Raja Mukbang.

2. Ria SW

Wanita dengan ciri khas tatanan rambut yang pendek yang unik ini juga mulai aktif pada tahun 2016 lalu. Namanya adalah Ria Sukma Wijaya atau disingkat Ria SW, yaitu food vlogger Indonesia yang dikenal sering mengulas makanan-makanan pedas.

Pecinta K-Pop yang satu ini juga sering mencoba dan mengulas makanan dari Korea Selatan dan tidak jarang membuat para subcribernya ngiler. Hingga saat ini setidaknya Ria SW sudah mengumpulkan 2,9 juta subscriber.

Selain memiliki penampilan yang mirip dengan idol Korea, Ria SW juga dikenal mempunyai pembawaan yang santai, humoris dan tidak jaim pada setiap konten yang dibuatnya. Wajar kalau kemudian Ria SW termasuk salah satu food vlogger Indonesia favorit.

Baca Juga: Berpikir Kreatif: Pengertian dan Ciri-Cirinya

3. Ken dan Grat

Memiliki nama panggung Ken dan Grat, channel vlog makanan milik kedua orang tersebut juga sangat disukai oleh orang Indonesia. Memiliki nama asli Kenneth Candra yang disingkat Ken dan Gratiana Lianto atau Grat, keduanya telah aktif sebagai konten kreator sejak tahun 2015.

Ken dan Grat mengusung cara yang berbeda dalam mereview makanan, tidak sekedar mukbang seperti yang dilakukan oleh kebanyakan pengulas makanan. Ken dan Gra tidak hanya mengulas makanan-makanan mahal saja, tetapi juga sering mencoba makanan murah.

Pasangan penggiat vlog makanan ini lebih sering melakukan review makanan di cafe ataupun restoran. Dengan pembawaan yang tenang dan natural, Ken dan Grat berhasil mendapatkan subsciber lebih dari 1,5 juta orang.

Agar lebih mudah dikenal dan diingat oleh subscibernya, mereka memiliki jargon khusus yaitu “Kita makan bareng yuk”. Chemistry yang dibangun keduanya bahkan mampu membuat para subscribernya merasa baper.

4. Nex Carlos

Nex Carlos lebih sering mengulas makanan dan masakan tradisional Indonesia. Satu video Nex Carlos yang sempat sangat viral dan terkenal adalah ketika dirinya membawakan review pada makanan tradisional asal Kalimantan, yaitu nasi telur pontianak.

Pada saat itu, Nex Carlos mampu membuat semua orang yang melihat videonya tersebut ingin mencicipi makanan itu. Mengaku sudah berkeliling wilayah Indonesia dan mencicipi berbagai makanan tradisional, kanal Youtube Nex Carlos telah mempunyai subscriber lebih dari 2,1 juta orang.

Walaupun belum diulas oleh vlogger, usaha dan produk Anda tetap bisa sukses kalau disertai dengan pelayanan yang menyenangkan. Yang Anda butuhkan hanyalah suatu platform pengiriman barang terpercaya seperti https://biteship.com/id untuk mengirimkan orderan dari konsumen.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!