3 Kegunaan Kode Pos Indonesia dan Cara Mengetahui Arti Angkanya

3 Kegunaan Kode Pos Indonesia dan Cara Mengetahui Arti Angkanya
arti kode pos

Saat mengirimkan surat maupun barang, informasi penting yang wajib ditulis yaitu kode pos. Pencantuman kode pos Indonesia yang berupa serangkaian karakter angka memudahkan proses pemilahan paket sehingga terkirim ke alamat penerima dengan baik.    

Kode pos yang umum digunakan di Indonesia terdiri dari beberapa angka walaupun terdapat kode pos yang mengkombinasikan angka dan huruf. Sebagai seller maupun buyer, perlu mengetahui pentingnya kode pos yang berlaku di Indonesia sehingga memperlancar proses transaksi hingga pengiriman.

Pengertian Kode Pos

Kode pos adalah deretan angka atau huruf yang dicantumkan pada alamat paket berisi surat, dokumen maupun barang. Dalam urusan pengiriman paket, kode pos atau zip code merupakan informasi penting untuk mempercepat pemilahan paket dan pengiriman hingga alamat tujuan.

Kehadiran kode pos bukan kemarin sore, tetapi sudah lama sejak sekitar tahun 1941. Adapun negara yang pertama kali memakai sistem zip code tersebut yaitu Jerman. Dahulunya, kode pos hanya terdiri dari 2 angka untuk keperluan pengiriman surat, tapi berkembang mengikuti kebutuhan masyarakat.

Saat ini semua negara menggunakan zip code untuk mengirimkan dokumen dan barang, termasuk Indonesia. Kode pos yang dipakai Indonesia merupakan sistem lima digit yang biasanya mewakili satu kelurahan. Urutan angkanya tidak sembarang disusun karena mengandung arti tersendiri. 

Baca Juga: Cara Menulis Alamat Paket Dengan Benar

Kegunaan Kode Pos Indonesia

Indonesia memiliki 37 provinsi dan puluhan ribu kelurahan yang tersebar di provinsi tersebut. Bayangkan, betapa repot dan pusingnya jasa pengiriman jika tidak dibantu dengan sistem pengkodean untuk setiap wilayah tersebut.

Dalam strategi pemasaran produk, dikenal istilah unique selling point (USP). Salah satu fungsi adanya USP adalah sebagai faktor pembeda suatu produk dengan produk serupa milik kompetitor. Sedangkan dalam proses pengiriman produk, salah satu faktor pembeda wilayah tujuan adalah kode pos.

Tidak mengherankan, kode pos menjadi salah satu kolom yang wajib diisi pada bagian alamat saat membuka akun di marketplace maupun mendaftar sesuatu. Secara lebih jelasnya, berikut manfaat kode pos Indonesia sehingga penting untuk selalu dicantumkan:

  1. Memudahkan Penyortiran Paket

Sebelum dikirimkan, semua paket akan masuk ke ruang penyortiran terlebih dahulu. Tujuan penyortiran adalah mengelompokkan paket berdasarkan wilayah sehingga mempercepat kerja kurir dalam proses pengiriman.

Dengan adanya informasi kode pos pada setiap paket, maka petugas sortir barang akan bekerja lebih efektif untuk memilah paket tersebut. Proses penyortiran paket yang sudah berkode pos umumnya memakan waktu 1 hari saja.

  1. Mempercepat Pengiriman Paket Tanpa Salah Alamat

Kegunaan kode pos tidak hanya berhenti sampai penyortiran, tetapi masih berlanjut pada proses pengiriman. Paket dengan tujuan wilayah yang sama memang akan dikirimkan secara bersamaan, namun setiap paket pasti memiliki penerima yang alamat spesifiknya berbeda.

Pencantuman kode pos pada paket akan memudahkan kurir mengenali banyaknya nama desa dan bahkan nama jalan yang sama. Alamat penerima paket menjadi lebih cepat ditemukan berkat informasi kode pos. 

  1. Mendukung Bisnis Online di Indonesia

Bisnis online mengalami perkembangan yang sangat pesat di Indonesia. Masyarakat sudah terbiasa untuk mengakses marketplace atau situs jual beli online untuk memenuhi kebutuhan. Kehadiran kode pos sangat mendukung jalannya bisnis online karena memudahkan pengiriman setiap paket.

Baca Juga: Kenapa Status Paket Telah Terkirim Namun Belum Diterima?

Cara Membaca Kode Pos

Sudah disebutkan sebelumnya bahwa urutan angka pada kode pos yang berlaku di Indonesia tidak disusun secara acak, melainkan terdapat artinya. Lalu, bagaimana cara membaca kode pos tersebut? Anda dapat membaca kode pos dengan memperhatikan beberapa pengelompokan berikut ini:

  1. Arti Lima Digit Angka

Kode pos Indonesia terdiri dari lima digit angka yang peraturannya disamaratakan untuk seluruh wilayah Indonesia, kecuali Jabodetabek. Lima digit angka tersebut menjadi identitas setiap daerah di Indonesia dan mengandung penanda dari wilayah yang lebih besar hingga lebih kecil.

  1. Arti Digit Angka Awal

Angka yang mengawali kode pos merupakan penanda suatu provinsi atau gabungan provinsi. Terdapat 9 angka yang digunakan untuk mengidentifikasi hal tersebut, antara lain:

  • Angka 1        : Wilayah Jabodetabek
  • Angka 2        : Provinsi Kepulauan Riau, Sumatra Utara, Aceh, Riau dan Sumatra Barat
  • Angka 3        : Provinsi Jambi, Bangka Belitung, Bengkulu, Lampung dan Sumatra Selatan
  • Angka 4        : Provinsi Jawa Barat dan Banten
  • Angka 5        : Provinsi D.I. Yogyakarta dan Jawa Tengah
  • Angka 6        : Provinsi Jawa Timur
  • Angka 7        : Provinsi Kalimantan
  • Angka 8        : Provinsi Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur dan Bali
  • Angka 9        : Provinsi Papua, Papua Barat, Sulawesi, Gorontalo, Maluku Utara dan Maluku
  1. Arti Digit Angka Urutan Dua dan Tiga

Kemudian, angka yang terletak pada urutan kedua dan ketiga menunjukkan kota atau kabupaten. Urutan penulisannya tidak boleh salah karena akan berpengaruh pada kesalahan identifikasi.

  1. Arti Digit Angka Urutan Empat dan Lima

Masih ada dua digit angka lagi yang menempati urutan empat dan lima dalam kode pos. Dua digit angka tersebut digunakan sebagai penunjuk kecamatan dan kelurahan/desa.

Bagaimana Cara Cek Kode Pos?

Banyaknya wilayah di Indonesia tentu berakibat pada banyaknya kode pos yang diciptakan. Jika menghafal kode pos wilayah sendiri memang lumrah, namun sangat susah untuk menghafal semua kode pos dari tiap wilayah yang ada.

Solusi untuk menangani masalah tersebut yakni dengan melakukan pengecekan kode pos secara online. Terdapat 3 pilihan cara untuk mengecek kode pos, antara lain:

  1. Website Pos Indonesia

Pos Indonesia memiliki website yang tersemat fitur pencarian kode pos di dalamnya. Langkah yang perlu diikuti sangat mudah, sebagai berikut:

  • Akses website resmi Pos Indonesia untuk melakukan pengecekan kode pos suatu wilayah;
  • Gunakan kolom hitung tarif pengiriman untuk mengetahui kode pos yang dibutuhkan. Caranya cukup mengetikkan nama wilayah, misalnya Sleman. Nantinya akan muncul daftar alamat yang lebih spesifik mulai dari desa, kecamatan dan kode pos untuk area tersebut;
  • Jika sudah menemukan kode pos untuk area spesifik yang dibutuhkan, maka segera catat deretan angka lima digit tersebut;
  • Anda juga dapat memanfaatkan layanan CS untuk mencari tahu kode pos yang dimiliki area tertentu.
  1. Aplikasi Handphone

Pilihan lain untuk melakukan pengecekan kode pos yaitu dengan mengunduh aplikasi di handphone. Tersedia banyak aplikasi pencarian kode pos yang dapat diunduh gratis dari Play Store. Setiap aplikasi memiliki fitur berbeda, namun secara umum langkah pengecekannya sebagai berikut:

  • Ketikkan keyword cek kode pos pada kolom pencarian Play Store;
  • Pilih salah satu dari daftar aplikasi yang muncul dalam hasil pencarian;
  • Lakukan proses unduh dan pasang aplikasi sampai selesai;
  • Jalankan aplikasi, kemudian pilih menu cek kode pos;
  • Ketikkan nama wilayah pada kolom yang tersedia;
  • Setelah itu, tekan tombol cari untuk menampilkan informasi berupa kode pos yang dibutuhkan.
  1. Browser

Apabila membutuhkan cara yang lebih sederhana tanpa menginstal aplikasi baru, maka cobalah untuk memanfaatkan browser bawaan handphone. Langkah untuk mengecek kode pos via browser sebagai berikut:

  • Buka browser yang terpasang pada handphone;
  • Ketikkan keyword yang spesifik, misalnya “kode pos Jakarta Utara” pada bar pencarian, kemudian tekan tombol cari;
  • Setelah itu akan muncul kode pos untuk area Jakarta Utara sesuai dengan keyword pencarian. Jika ingin mengetahui kode pos area lain, maka cukup masukkan namanya saja pada kolom pencarian.

Ternyata, keberadaan kode pos Indonesia tidak hanya sebatas deretan angka, tetapi bermanfaat besar dalam urusan pengidentifikasian wilayah dan pengiriman paket. Pastikan untuk memasukkan kode pos yang sesuai dengan tempat tinggal untuk menghindari kesalahan yang merugikan.   

Baca Juga: Arti Manifested Dalam Pengiriman

Dapatkan Data Semua Kode Pos Indonesia dengan API Kode Pos Biteship

Kode pos merupakan salah satu identifier untuk menjadi indikator perhitungan ongkos kirim bagi banyak ekspedisi di Indonesia. Bila Anda adalah seorang pemilik bisnis yang menggunakan website menjadi salah satu channel penjualan, tentunya Anda perlu fitur pengiriman langsung dari website untuk meningkatkan pengalaman belanja customer Anda. 

Fitur pengiriman langsung dari website biasanya mengandalkan API kode pos, API cek resi, dan API cek ongkir untuk dapat mengestimasi harga ongkos kirim yang perlu dibayarkan. Dengan adanya kode pos, maka perhitungan ongkos kirim akan lebih akurat.

Jika Anda membutuhkan fitur API kode pos, API cek resi, atau API cek ongkir, anda dapat mengunjungi halaman Integrasi API untuk melihat detailnya.

Jika ingin konsultasi terkait layanan Integrasi API, silakan hubungi kami di nomor berikut:

WhatsApp tim Biteship

Atau, jadwalkan pertemuan online bersama tim Biteship pada link berikut ini

Jadwalkan Pertemuan.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!