6 Jenis Iklan di Mobil dan Ragam Keuntungannya

6 Jenis Iklan di Mobil dan Ragam Keuntungannya

Seiring dengan perkembangan zaman, mobil tidak hanya berfungsi sebagai pengangkut barang atau penumpang, namun juga bisa menjadi sarana iklan. Bagi pemilik mobil maupun pihak pemilik brand, iklan di mobil (car advertising) sama-sama memberikan keuntungan.

Teknik pemasaran yang satu ini semakin populer di berbagai kota di Indonesia. Jika ingin hasil pemasaran yang maksimal, kombinasi antara digital marketing seperti media sosial dan car advertising sepertinya adalah pilihan terbaik. Anda bisa cek berbagai keuntungan car advertising dan jenis-jenisnya di bawah ini.

Jenis-jenis Iklan di Mobil

Iklan pada mobil sebenarnya bukan termasuk teknik pemasaran baru, namun baru populer dalam beberapa tahun terakhir. Jika Anda adalah pemilik bisnis dan ingin mencoba melakukan promosi dengan cara ini, maka berikut beberapa pilihan jenis iklan pada mobil:

1. Iklan di Dalam Mobil

Biasanya, jenis iklan ini akan ditempatkan pada bangku mobil, tepatnya di bagian sandaran kepala. Jenis iklannya dalam bentuk brosur yang bisa ditempel pada permukaan bangku atau pun brosur yang ditempatkan di dalam wadah lalu wadah ini digantung pada sandaran kepala.

2. Media Tablet

Serupa dengan jenis sebelumnya, car advertising jenis ini juga berada di dalam mobil. Lokasi pemasangan iklan adalah di sandaran kepala dari kursi mobil. Medianya bisa berupa TV ukuran kecil atau tablet.

Jika dibanding dengan brosur, jenis iklan ini lebih kekinian dan menarik karena berisi gambar atau video yang kadang juga diberi musik atau pun tambahan suara lainnya.

Namun kekurangannya, iklan ini tidak dapat dibawa pulang seperti brosur. Tapi jika target audiens tertarik, maka informasi pada tablet tadi bisa saja difoto dengan HP.

3. Iklan Stiker Mobil

Ini dia jenis iklan pada mobil yang paling banyak dipilih karena bisa dilihat oleh semua orang tanpa harus masuk ke dalam mobil. Tidak heran jika peminat jenis iklan ini lebih banyak namun harganya pun lebih mahal jika dibanding dengan iklan di bagian dalam mobil.

Penempatan stikernya sendiri bermacam-macam, ada yang di bagian kaca belakang luar atau pada pintu. Bahkan, ada juga yang terletak di seluruh body mobil. Semakin luas permukaan mobil yang dipasang iklan, maka semakin mahal juga biaya pemasangannya. Namun, feedback yang didapat biasanya juga besar.

Baca Juga: 11 Contoh Iklan Media Cetak untuk Promosi Bisnis

4. Jualan di Dalam Mobil

Mirip dengan brosur dan media tablet, iklan di mobil jenis ini terletak di bagian dalam kendaraan. Bedanya, produk yang dijual langsung dijadikan display. Jadi jika ada konsumen yang tertarik, maka produk bisa langsung dibeli saat itu juga.

5. Videotron

Jika tadinya ada layar iklan di dalam mobil, kini ada juga layar di bagian luar mobil. Apabila Anda pernah melihat kendaraan roda empat yang bagian body terdapat layar besar berisi video atau gambar bergerak, maka inilah yang disebut dengan videotron atau secara awam dikenal dengan iklan berjalan di mobil.

Di dunia advertising atau periklanan, videotron menjadi salah satu bukti nyata dari pesatnya perkembangan teknologi. Selain pada kendaraan, videotron juga banyak terlihat di tengah kota, pinggir-pinggir jalan, dan gedung

Pada beberapa lokasi tadi, ukuran videotron biasanya super besar sehingga tampak jelas dari kejauhan. Sementara pada mobil, ukuran videotron lebih kecil dan letaknya bisa di body belakang ataupun full body. Meski kecil, namun iklan jenis ini dijamin langsung menarik perhatian para pengguna jalan lain.

6. Iklan Neon Box di Mobil

Secara general, definisi dari neon box adalah media iklan dalam bentuk billboard yang bagian dalamnya diisi dengan LED strip atau lampu neon.

Selain sebagai penerang agar iklan di dalam neon box tampak jelas, adanya lampu juga menambah daya tarik sehingga orang-orang yang lewat akan menoleh ke arah iklan. Pada mobil, neon box ini berukuran kecil dan papan billboard diganti dengan body mobil itu sendiri.

Baca Juga: 5 Contoh Iklan Produk Simple Dari Berbagai Jenisnya dan Teknik Pembuatannya

Keuntungan Memasang Iklan di Mobil

Bukan tanpa alasan mengapa jenis iklan ini semakin marak. Berikut sejumlah keuntungannya yang ditawarkannya:

1. Dilihat Banyak Orang

Mobil akan bergerak ke berbagai tempat, sehingga iklan yang terpasang pada bagian body luar akan dilihat oleh banyak orang. Tidak seperti baliho atau billboard yang hanya diam di tempat. Jadi bisa dibilang bahwa iklan pada mobil ini mirip seperti ‘menjemput bola’, bukan hanya menunggu bola datang.

Apalagi jika perusahaan Anda memasang iklan pada taksi online, sudah pasti akan lebih banyak lagi yang melihat karena ada banyak jalan yang dilewati oleh mobil. Semakin banyak yang melihat iklan tersebut, maka semakin tinggi juga peluang mendapat pelanggan baru.

2. Lebih Murah

Dibanding iklan baliho atau billboard, harga pasang iklan di mobil rupanya tergolong lebih murah. Agar baliho atau billboard dapat dilihat banyak orang, tentunya harus ada di lokasi yang strategis, dan biasanya akan semakin mahal.

Berbeda dengan iklan pada mobil yang bahkan Anda hanya membutuhkan stiker tempel. Selain itu, Anda bisa memanfaatkan mobil sendiri, tidak seperti baliho yang harus sewa.

3. Pendapatan Tambahan

Bukan hanya menguntungkan bagi pemilik bisnis, namun iklan pada mobil juga dapat menambah cuan bagi sang pemilik mobil. Jadi selain memasang iklan pada mobil kantor, Anda juga bisa

Memasang iklan mobil pribadi milik orang lain yang Anda kenal. Bagi pemilik mobil, kendaraanya bukan hanya sebagai mobilisasi namun juga menjadi pasif income.

Sebagai gambaran, biaya pasang iklan mobil jenis ini berkisar dari Rp400.000 hingga Rp1.400.000, tergantung seberapa luas permukaan mobil yang dipasang iklan.

4. Tidak Merusak Body Mobil

Sebagian orang mungkin mengira bahwa stiker iklan yang ditempel dapat merusak body mobil, padahal sebenarnya tidak. Sebab, stiker iklan memang dibuat khusus untuk mudah ditempel dan dilepas dari body mobil, sehingga tidak meninggalkan jejak apalagi sampai merusak.

Selain itu, stiker jenis ini juga tidak akan mengganggu pandangan driver karena bersifat one way visor alias tembus pandang. Jadi, orang di dalam mobil tetap bisa melihat keluar meski kacanya ditempel stiker. Namun, orang-orang dari luar akan melihat seolah stiker tersebut tidak tembus pandang.

Baca Juga: Foto Katalog untuk Bisnis dan Cara Buatnya

Nah, iklan di mobil bisa dikombinasikan dengan layanan pengiriman barang yang memadai agar bisnis Anda semakin banyak diminati. Anda bisa menggunakan Biteship untuk manajemen dan pengelolaan stok dan ada bantuan Integrasi API. Bisa juga monitor lokasi pengiriman dari semua ekspedisi se-Indonesia.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!