11 Contoh Iklan Media Cetak untuk Promosi Bisnis

11 Contoh Iklan Media Cetak untuk Promosi Bisnis

Kegiatan promosi bisa dilakukan dimana saja dan dengan berbagai cara, salah satunya dalam media cetak. Pada artikel ini akan dibahas 11 contoh iklan media cetak yang bisa Anda pilih untuk promosi bisnis. 

Contoh Iklan Media Cetak

Ada beberapa contoh media cetak yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan produk bisnis, antara lain:

1. Koran atau Surat Kabar

Koran merupakan salah satu media cetak yang paling mudah untuk dibuat dan disebarluaskan. Pada umumnya, koran atau surat kabar terbit harian hingga mingguan. 

Selain itu, harga koran juga relatif terjangkau jika dibandingkan yang lainnya sehingga banyak orang yang memilih koran sebagai media informasi. Nah karena alasan ini jugalah koran menjadi salah satu media cetak terbaik untuk mengiklankan produk Anda. 

Namun kekurangan dari koran untuk mengiklankan produk yaitu pada warna dan kualitas hasil cetakannya. Terkadang ada koran yang memiliki hasil print yang blur sehingga membuat produk Anda tidak terlalu jelas. Untuk itulah sebaiknya Anda juga memperhatikan tempat Anda akan mencetak koran tersebut. 

2. Majalah

Contoh media cetak untuk mengiklankan produk berikutnya adalah majalah. Ini merupakan jenis media cetak yang biasanya dicetak dengan kertas pewarna yang lebih baik dari koran. 

Untuk itulah, karena majalah menggunakan kertas yang berkualitas, membuat produk yang Anda iklankan jadi lebih menarik. Namun karena hal ini jugalah yang membuat harga iklan di majalah jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan koran. 

Biasanya majalah digunakan untuk promosi produk-produk yang membutuhkan gambar dengan warna yang bagus seperti produk pakaian dan make up. Namun tidak menutup kemungkinan juga bisa Anda gunakan jika ingin mempromosikan produk makanan untuk menarik banyak pembeli. 

3. Booklet

Booklet adalah media iklan yang berbentuk buku namun umumnya lebih tipis. Pada umumnya, booklet digunakan untuk membuat iklan diskon pada produk-produk tertentu. 

Selain itu, booklet juga biasanya digunakan oleh lembaga tertentu yang ingin mengumpulkan dana untuk mengadakan suatu acara dengan tujuan agar ada pengusaha yang tertarik untuk menyumbangkan dana pada mereka.

Untuk itulah, jika saat ini Anda sedang mengadakan acara dan kekurangan dana, bisa coba booklet sebagai salah satu cara untuk mendapatkan donatur dan suntikan dana untuk acara tersebut. 

4. Leaflet

Leaflet hampir mirip dengan booklet. Bedanya, leaflet adalah selebaran kertas cetak yang berlipat menjadi dua atau tiga halaman. Biasanya media cetak ini digunakan untuk iklan tentang himbauan atau panduan tempat hiburan yang juga bertujuan untuk kegiatan promosi tempat liburan tersebut. 

Namun, Anda juga bisa menggunakannya sebagai media untuk promosi produk. Di dalam leaflet tersebut Anda bisa masukkan cara penggunaan atau manfaat dari produk yang dipromosikan.

5. Buku Telepon

Buku telepon ternyata juga bisa Anda jadikan sebagai media iklan. Namun saat ini buku telepon sudah jarang sekali digunakan. Walau begitu, buku telpon pernah menjadi salah satu media iklan terbaik pada zamannya. 

Adapun dalam buku telepon ini biasanya akan memuat nomor telepon beserta alamat dari suatu perusahaan. Dengan buku telepon ini bisa membantu orang yang ingin datang ke kantor atau perusahaan Anda dengan mudah. Terutama saat ada yang ingin membeli produk di tempat Anda. 

Baca Juga: 5 Contoh Iklan Produk Simple Dari Berbagai Jenisnya dan Teknik Pembuatannya

6. Poster

Poster merupakan salah satu contoh media cetak yang cukup banyak digunakan untuk mengiklankan produk bisnis. Bahkan sampai saat ini dimana teknologi sudah mendarah daging di tengah masyarakat, poster masih memiliki banyak peminat. 

Adapun poster merupakan jenis iklan media cetak yang berupa satu lembar dan berisi pengumuman atau promosi tentang sesuatu. Biasanya poster akan dibuat dengan desain terbaik agar bisa menarik banyak orang untuk melihatnya. 

7. Katalog 

Contoh iklan media cetak yang bisa Anda pakai untuk promosi berikutnya adalah katalog. Jenis media cetak ini biasanya memuat informasi lengkap tentang suatu produk atau jasa yang ditawarkan oleh suatu perusahaan. 

Untuk itulah, katalog ini biasanya diterbitkan oleh perusahaan yang sedang menawarkan berbagai produk tertentu kepada khalayak ramai. Biasanya katalog ini digunakan untuk mempromosikan produk fashion seperti baju, sepatu, hingga kosmetik.

8. Kalender 

Siapa sangka jika kalender merupakan salah satu media cetak untuk iklan produk. Pada dasarnya kalender memang untuk menampilkan tanggal dan waktu, namun orang juga sering menggunakannya sebagai iklan bisnis. 

Jika Anda memperhatikan beberapa kalender yang beredar, mungkin Anda akan menyadari bahwa kalender juga berfungsi sebagai media promosi. Adapun iklan di kalender biasanya untuk menjangkau orang-orang dari kalangan usia menengah ke atas yang masih menggunakan kalender untuk melihat tanggal. 

9. Flyer

Jenis media cetak ini biasanya berukuran kecil dan digunakan untuk mengumumkan suatu acara, produk, ataupun jasa. Flyer sering orang pilih karena praktis dan lebih murah. 

Namun kekurangan dari media cetak ini yaitu akan sulit mendapatkan perhatian orang karena ukurannya kecil. Untuk itulah biasanya flyer diberikan secara langsung kepada orang yang menjadi tujuan promosi.

10. Billboard 

Billboard merupakan salah satu jenis media yang cukup banyak digunakan, terutama dalam promosi brand-brand besar. Jenis iklan media ini sering sekali Anda temukan di jalan bahkan tertempel besar di gedung-gedung pencakar langit. Untuk itulah, billboard memiliki jangkauan yang lebih luas untuk menarik calon pembeli.

Biasanya jenis iklan media cetak ini digunakan untuk promosi acara dan produk. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa meletakkan billboard tersebut di sekitar lampu merah sehingga bisa dibaca oleh lebih banyak orang terutama saat lampu merah. 

11. Banner

Contoh iklan media cetak yang terakhir yaitu banner. Jenis media cetak ini berisi informasi atau pesan kepada orang banyak tentang sesuatu. Biasanya tentang promosi produk ataupun acara. 

Banner memiliki ukuran yang relatif besar dimana biasanya setinggi rata-rata orang yang berlalu lalang. Adapun jenis media cetak ini sangat cocok untuk Anda gunakan pada sebuah bazar atau pasar dimana orang akan lebih banyak berlalu lalang. 

Sudah Tahu Contoh Iklan Media Cetak?

Iklan media cetak cukup banyak jenisnya. Untuk itulah, Anda bisa menentukan sendiri akan menggunakan jenis media cetak yang mana untuk mengiklankan produk. Namun alangkah lebih baik dalam memilih jenis media cetak ini, Anda sesuaikan dengan budget dan jenis produk yang akan dipromosikan. 

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!