Peranan Penting Sosial Media Marketing dan Strateginya

Peranan Penting Sosial Media Marketing dan Strateginya

Sistem online yang diterapkan pada berbagai aspek membuat sosial media marketing menjadi salah satu cara yang banyak dipilih oleh pebisnis untuk memasarkan produk. Strategi pemasaran ini banyak dipilih karena dinilai lebih efisien dan hemat biaya.

Namun, ketahui terlebih dahulu bagaimana peranan dan strategi yang tepat untuk menerapkannya agar konten bisa bekerja secara optimal dalam menjaring konsumen. Meningkatnya peluang penjualan akan berpengaruh terhadap keuntungan yang dapat diraih.

Peranan Penting Sosial Media Marketing

Manfaat media sosial beragam sehingga memiliki peranan penting dalam mengembangkan sebuah bisnis. Proses marketing dapat dilakukan secara lebih menyenangkan karena didukung dengan fitur yang unggul.

Apalagi pengguna media sosial saat ini terus mengalami peningkatan sehingga dapat secara efektif dijadikan sebagai sarana marketing.

Semakin luas pasar yang dapat dijangkau, maka peluang penjualan juga akan meningkat. Seperti apa peranan media sosial untuk pemasaran, berikut informasinya.

1. Mendapatkan Ulasan Produk

Apabila ingin mengetahui bagaimana sebuah produk dapat diterima di masyarakat, Anda perlu melakukan proses marketing melalui media sosial. Jika keberadaan sebuah produk telah diakui, maka akan jadi bahan pembicaraan utama.

Fitur pada media sosial memungkinkan para audiens secara langsung memberikan pendapat dengan cara memberikan like, meninggalkan komentar, maupun mengikuti akun Anda.

Pendapat yang ditinggalkan pada kolom komentar bisa dijadikan sebagai bahan ulasan terkait cara pemasaran produk maupun tanggapan audiens terhadap produk tersebut.

Hal ini bisa jadi alat yang bisa digunakan untuk mengukur kelebihan dan kekurangan strategi marketing yang diterapkan.

2. Meningkatkan Brand Awareness

Melalui sosial media marketing, produk bisa lebih diakui keberadaannya sehingga lama kelamaan masyarakat akan menaruh perhatian dan penasaran untuk mencobanya. Semakin diakuinya sebuah produk, artinya masyarakat membutuhkannya.

Awalnya, masyarakat mungkin hanya melihat produk yang ditawarkan. Namun apabila konten relevan terus dihadirkan, maka produk lama kelamaan akan mudah diingat dan mendapatkan perhatian.

Setiap hari masyarakat sering mengakses media sosial sehingga konten yang dihadirkan akan terus dimunculkan. Hal ini dapat signifikan mempengaruhi tingkat penjualan produk secara berkala.

Baca Juga: Brand Exposure: Pengertian, Contoh, dan Cara Meningkatkannya

3. Mempelajari Kompetitor

Lewat media sosial, Anda bisa dengan mudah mempelajari para kompetitor. Analisa terhadap teknik marketing yang diterapkan oleh kompetitor bisa dilakukan secara lebih efektif. Hal ini dapat memberikan informasi dan strategi baru yang dapat diterapkan untuk meningkatkan penjualan.

Aktif di media sosial juga dapat memberikan Anda akses komunikasi langsung dengan konsumen yang dapat memudahkan dalam proses identifikasi selera dan trend saat ini. Melalui hal tersebut pemasaran yang dilakukan bisa berjalan secara lebih efektif.

Strategi yang Dapat Diterapkan dalam Sosial Media Marketing

Setelah memahami apa itu media sosial marketing, Anda juga harus mengetahui strategi seperti apa yang dapat diterapkan untuk dapat memberikan hasil yang memuaskan.

Tujuan perlu ditentukan terlebih dahulu agar strategi yang disusun dapat lebih terarah. Seperti apa strateginya? Berikut penjelasannya.

1. Analisis Selera Audiens

Setiap orang tentu memiliki selera dan kebutuhan yang berbeda. Untuk itu Anda harus melakukan analisis terhadap target pasar terlebih dahulu. Dengan begitu, konten yang dihadirkan pun bisa lebih sesuai dan tepat sasaran.

Selera yang dimiliki audiens bisa menjadi tolak ukur untuk mengetahui kecocokan produk dengan kebutuhan. Dengan memetakan selera audiens, Anda bisa menentukan target pasar secara lebih spesifik sehingga dapat membuat konten menarik untuk mendapatkan engagement tinggi.

2. Buatlah Konten Menarik

Pengertian media sosial marketing didefinisikan sebagai aksi pembuatan konten yang mampu menarik perhatian audiens sehingga menjadi penasaran untuk mencoba sebuah produk tertentu.

Konten berkualitas yang menarik dapat menghasilkan engagement yang tinggi sehingga peluang untuk mendapatkan konsumen akan semakin besar.

Agar bisa menciptakan konten menarik, Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu. Ketahui konten seperti apa yang disukai oleh audiens sehingga dapat membuatnya menjadi lebih tepat sasaran.

3. Tentukan Jadwal Posting

Tidak hanya harus memperhatikan kualitas konten saja, namun waktu posting bisa juga memberikan pengaruh terhadap engagement yang bisa didapatkan. Anda harus mengetahui waktu yang paling tepat untuk upload konten di platform sosial media pilihan.

Mengupload konten pada hari dan waktu yang tepat dapat meningkatkan jumlah penonton. Dengan begitu, konten bisa lebih mudah direkomendasikan.

Misalnya Anda bisa memilih upload konten pada hari Sabtu atau Minggu, pada sore hari, dan lainnya. Rencanakan waktu posting dengan baik secara rutin sehingga dapat meningkatkan pengikut dan memperbesar peluang penjualan.

Baca Juga: Instagram Bisnis: Pengertian, Fitur dan Cara Buat

Pilihan Platform Media Sosial yang Bisa Dimanfaatkan

Fungsi sosial media yang semakin beragam mampu mendukung kebutuhan pengguna secara optimal. Seiring perkembangan zaman, terdapat beberapa media sosial yang bisa digunakan untuk pemasaran produk maupun berkomunikasi secara langsung dengan konsumen.

Setiap platform menawarkan dukungan fitur yang beragam sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Apa saja pilihan media sosial yang dapat digunakan? Berikut di antaranya:

1. Instagram

Jumlah pengguna IG sangat banyak dan tersebar hingga ke seluruh dunia sehingga mampu secara efektif menjangkau pasar yang lebih luas untuk keperluan pemasaran produk. Fitur IG beragam dan mampu mendukung pelaku bisnis untuk membuat katalog produk secara mudah.

Foto produk dapat diedit dengan tambahan filter agar terlihat menarik. Konten yang di upload dapat dikomentari oleh audiens secara langsung.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan fitur polling dan pertanyaan sebagai wadah berdiskusi. Hal inilah yang membuat banyak pemilik bisnis menggunakan IG sebagai sarana promosi.

2. Facebook

Platform ini dilengkapi dengan fitur yang dapat mendukung proses pemasaran lewat pembuatan konten yang berkualitas. Ada juga fitur yang bisa digunakan untuk memasang iklan. Facebook bisa dijadikan sebagai sarana untuk meningkatkan brand awareness.

3. YouTube

Konten marketing yang dapat dihadirkan melalui platform ini berupa video maupun video pendek. Unggahan dalam durasi panjang dapat memberikan informasi terkait review sebuah produk.

Anda bisa bekerja sama dengan para konten creator untuk memberikan ulasan. Lewat platform ini Anda juga bisa memasang iklan untuk memasarkan produk.

Baca Juga: Ketahui! Tips Live Streaming Bagi Pemula Agar Menarik Viewers

Sosial media marketing dapat menjadi cara terbaik untuk mendapatkan lebih banyak konsumen. Kelola pesanan Anda secara lebih mudah melalui Biteship. Ada banyak pilihan kurir yang bisa digunakan dan pengiriman bisa langsung di pickup tanpa harus repot mengantarnya ke pihak agen.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!