Fitur Atur Jadwal Sale di Marketplace dan Manfaatnya

Fitur Atur Jadwal Sale di Marketplace dan Manfaatnya

Bagi seller, bisa meningkatkan jumlah penjualan adalah hal yang menyenangkan. Sale menjadi salah satu cara agar konsumen bertambah dan penjualan meningkat. Seller bisa atur jadwal sale sesuai kebutuhan dengan mempertimbangkan faktor-faktor tertentu, misalnya saat akhir bulan.

Sejak dulu, sale menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh konsumen untuk membeli barang-barang impiannya. Sekarang, konsumen tidak hanya menunggu sale di toko konvensional tetapi juga di marketplace atau e-commerce.

Apa itu Sale?

Secara etimologi, sale berasal dari bahasa Inggris yang artinya penjualan. Dapat dikatakan bahwa sale adalah kegiatan menjual produk kepada konsumen. Sementara itu, arti istilah sale pada penjualan kurang lebih sama dengan promo atau diskon.

Jadi, harga sale adalah harga barang yang disertai dengan promo, diskon dan sejenisnya, sehingga menjadi lebih murah dari biasanya. Istilah sale ini sering dijumpai pada toko-toko konvensional maupun marketplace.

Biasanya, sale diberikan pada waktu-waktu tertentu untuk menarik konsumen yang lebih banyak sehingga penjualan bisa meningkat dari biasanya. Sale umumnya diadakan pada waktu gajian, akhir tahun, hari raya dan sebagainya.

Salah satu metode sale yang sering dilakukan oleh seller atau penjual adalah flash sale. Apa itu flash sale? Flash sale adalah sale atau diskon yang diberikan dalam periode tertentu, misalnya 12 jam, 1 hari, dan sebagainya.

Metode ini menjadi strategi bagi kebanyakan seller di marketplace supaya penjualannya meningkat. Flash sale pada umumnya memberikan diskon yang lebih besar dari sale biasa dengan jumlah produk tertentu.

Baca Juga: 7 Manfaat Free Shipping bagi Seller dan Cara Menerapkannya

Fitur untuk Atur Jadwal Sale

Seller sekarang ini tidak perlu merasa bingung lagi kalau ingin melakukan sale pada produk-produk di tokonya. Di beberapa marketplace sudah disertai dengan fitur untuk atur jadwal sale sesuai dengan keinginan seller.

Beberapa aplikasi e-commerce telah disertai dengan fitur untuk mengatur jadwal sale untuk memudahkan seller memberikan diskon kepada konsumen. Berikut ini adalah beberapa fitur pengaturan jadwal sale yang dapat dipakai oleh seller:

1.     My Flash Sale – Shopee

Siapa yang tidak mengenal e-commerce dengan warna orange, Shopee. Hingga saat ini, Shopee adalah aplikasi e-commerce terbesar yang banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia. Salah satu hal yang disukai oleh pengguna Shopee adalah seringnya ada flash sale dari seller.

Semua seller yang menjual produknya di Shopee dapat mengikuti program flash sale sesuai waktu yang diinginkannya. Seller hanya perlu memenuhi persyaratan dari Shopee, seperti tidak menjual barang yang dilarang, mendapatkan rating minimal 3,5 dan telah aktif setidaknya 14 hari.

Setelah memenuhi persyaratannya, seller tinggal mengatur jadwal sale. Caranya, yaitu:

Masuk ke menu “Seller Center”.

Lalu “Menu Saya” dan pilih menu “Flash Sale Shopee”.

Lanjutkan dengan masuk ke “My Flash Sale”.

Stur “Akan Datang”, lalu akhiri dengan “Daftar Sekarang”.

2.     Promo Flash Sale – Gojek/Go Food

Gojek melalui salah satu layanannya yaitu Go Food juga menyediakan fitur atur jadwal sale yang dinamakan Promo Flash Sale. Jadi, bagi seller yang menjual berbagai makanan juga dapat memiliki kesempatan untuk meraih konsumen lebih banyak melalui fitur dari Gojek ini.

Promo Flash Sale Go Food adalah fitur yang disediakan untuk mitra atau outlet agar bisa melakukan flash sale secara mandiri. Promo ini durasinya cukup singkat tapi dengan besaran diskon yang lebih besar dari waktu lainnya.

Dengan mengaktifkan fitur Promo Flash Sale, seller mitra usaha Gojek dapat memberikan diskon kepada konsumen sesuai dengan waktu yang diaturnya sendiri. Seller bisa otomatis memberikan flash sale sesuai dengan hari dan jam yang sudah diaturnya.

Seller yang mengaktifkan fitur ini dapat meraih konsumen lebih banyak pada masa-masa sepi pembeli, untuk menghabiskan stok yang masih tersisa, bersaing dengan kompetitor ataupun memasarkan produk yang kurang diminati.

Baca Juga: Kriteria dan Tips Menjadi Star Seller Shopee yang Sukses

Manfaat Atur Jadwal Sale untuk Seller

Program sale dan flash sale memberikan keuntungan yang cukup signifikan bagi seller di marketplace. Dengan ikut dalam program sale ataupun flash sale tersebut, maka seller dapat merasakan manfaat sebagai berikut.

1. Jumlah Penjualan Meningkat

Manfaat pertama dan utama bagi seller yang ikut flash sale adalah naiknya jumlah penjualan produk. Harga produk yang telah di diskon dan menjadi lebih murah tentu saja sangat diminati oleh konsumen.

Tidak jarang, konsumen memanfaatkan sale untuk membeli barang yang sudah lama diidamkan. Apalagi kalau sale masih disertai dengan promo ongkos kirim, dijamin konsumen akan datang berbondong-bondong dan membeli barang yang diinginkannya.

Malah seringkali, konsumen harus berebut untuk mendapatkan produk ketika flash sale sedang berlangsung.

2. Meningkatkan Jumlah Kunjungan ke Toko

Keuntungan ikut flash sale bagi seller yang selanjutnya adalah bisa meningkatkan jumlah pengunjung pada toko online miliknya. Konsumen yang ingin membeli produk flash sale tentunya harus masuk ke akun toko Anda, dan ini sangat menguntungkan.

Ketika berkunjung ke profil Anda, maka konsumen juga akan tertarik untuk melihat produk-produk lainnya yang dijual di toko. Konsumen yang tadinya hanya melihat-lihat saja sangat mungkin jadi membeli produk diluar sale.

3. Lebih Mudah Membuat Promo

Memanfaatkan fitur atur jadwal sale juga membantu seller untuk lebih mudah melakukan promo. Contohnya, promo produk untuk menghabiskan sisa stok sebelum jam operasional toko tutup, melakukan promo di waktu tertentu dan sebagainya.

4. Lebih Mudah Mendapatkan Rating Toko

Ulasan positif yang diberikan oleh konsumen pada toko Anda akan sangat berpengaruh pada rating. Mayoritas konsumen akan melihat dulu berapa rating yang dimiliki oleh toko tersebut dan membaca ulasannya, sebelum memutuskan untuk membeli produk.

Lebih sering ikut flash sale memudahkan seller untuk mendapatkan review positif yang berdampak pada rating tokonya. Contohnya, seller di Shopee yang memiliki rating bagus akan menjadi star seller dan lebih banyak diminati oleh konsumen.

5. Promosi Toko dan Produk Gratis

Sale maupun flash sale dapat menjadi cara yang efektif untuk mempromosikan toko dan produk Anda secara gratis. Produk yang dimasukkan dalam program flash sale akan masuk ke beranda, sehingga mudah dilihat dan ditemukan oleh konsumen.

Tampilnya produk pada beranda e-commerce membuat konsumen tertarik untuk melihatnya dan memperbesar kemungkinan pembelian pada barang lain di toko Anda. Dengan begitu, toko Anda juga akan semakin dikenal oleh konsumen.

Baca Juga: Biaya Admin Shopee untuk Berbagai Kategori Seller

Gunakan fitur atur jadwal sale dengan sebaik-baiknya agar jumlah penjualan meningkat dan toko Anda makin dikenal oleh konsumen. Tingkatkan rating pada toko Anda dengan pengiriman yang cepat dan tepat waktu dibantu platform pengiriman terintegrasi melalui https://biteship.com/id.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!