Hashtag: Pengertian, Manfaat, dan Cara Mengoptimalkannya

Hashtag: Pengertian, Manfaat, dan Cara Mengoptimalkannya

Penggunaan hashtag atau tagar bukanlah sesuatu yang baru untuk dilakukan. Tagar sudah digunakan berpuluh tahun dan menghadirkan banyak manfaat untuk para pengguna. Yuk, ketahui lebih dalam mengenai tagar dengan membaca artikel ini agar postingan Anda dapat menjangkau pengguna yang lebih luas.

Pengertian Hashtag

Hashtag atau tagar adalah label yang digunakan pada situs media sosial yang memudahkan untuk mencari informasi tentang topik atau konten tertentu. Penggunaan tagar adalah simbol ‘#’ sebelum kata yang dipilih, misalnya #uang.

Pada dasarnya, tagar adalah kata yang diawali dengan simbol “#” tanpa spasi seperti ini “#sukses” atau #tips dan biasa digunakan di media sosial. Mungkin Anda sering menjumpai atau bahkan menggunakan tagar ini dalam bersosial media, namun masih belum benar-benar paham atas penggunaannya. 

Untuk menemukan hasil, Anda dapat mencari menggunakan kata kunci atau tagar yang digunakan di kotak pencarian. Lebih penting lagi agar postingan Anda mudah ditemukan dengan tagar, maka postingan Anda harus bersifat publik dan tidak bersifat pribadi.

Tagar dapat ditempatkan di bagian atas, tengah, atau bawah posting atau komentar media sosial Anda agar memungkinkan untuk diindeks oleh jejaring sosial. Dengan strategi ini, orang yang tidak mengikuti Anda tetap dapat menemukan konten Anda. 

Penggunaan tagar awalnya dipopulerkan oleh platform sosial media Twitter. Namun dalam perkembangannya, sekarang penggunaan tagar bisa di sosial media manapun. Sosial media yang menggunakan tagar antara lain Instagram, Facebook, TikTok dan lain sebagainya.

Baca Juga: Apa Itu Copywriting: Pengertian, Jenis, Cara Buat, dan Contohnya

7 Manfaat Hashtag

Adapun 7 manfaat tagar yang patut Anda ketahui agar bisa menggunakannya dengan optimal adalah sebagai berikut.

1. Meningkatkan Jangkauan Postingan

Banyak perusahaan atau individu menggunakan tagar untuk mempromosikan produk, acara, atau kampanye tertentu. Hashtag khusus dapat membantu mengumpulkan semua diskusi atau postingan mengenai topik tersebut dalam satu tempat.

Dengan begitu, tagar akan membantu seseorang untuk menjangkau audiens yang lebih luas untuk keperluan promosi. Semakin banyak orang yang melihat suatu postingan, maka semakin besar pula kemungkinan orang akan tertarik terhadap produk tersebut.

2. Membangun Sebuah Brand

Membuat tagar khusus untuk brand tertentu adalah cara yang sangat efektif untuk mempromosikan brand Anda dan memicu percakapan dengan audiens mana pun. Selain itu, menggunakan tagar di media sosial penting untuk meningkatkan jangkauan merk dagang yang Anda miliki.

Tagar juga membantu merk dagang Anda sebagai pemasar digital untuk meningkatkan pengoptimalan mesin telusur (SEO). SEO sangat penting untuk membuat merek dagang Anda berada di peringkat nomor satu dalam mesin pencarian, seperti Google atau berbagai macam sosial media.

3. Memudahkan Melakukan Promosi

Tagar yang spesifik dapat digunakan sebagai ajang promosi agar audiens dapat dengan mudah mengetahui mengenai brand dan melakukan aksi seperti membeli atau berinteraksi. 

Semakin spesifik dan relevan tagar yang Anda gunakan, maka besar peluang audiens akan melihat postingan Anda. Dengan begitu, merk dagang yang Anda miliki akan semakin dikenal oleh banyak orang. 

4. Membantu Audiens Menemukan Merk Dagang Anda

Hashtag memungkinkan pengguna untuk mengkategorikan postingan mereka berdasarkan topik tertentu. Misalnya, jika seseorang memposting foto makanan di Instagram, mereka mungkin menggunakan tagar seperti #makananenak atau #resepmakanan.

Di Instagram dan LinkedIn, pengguna bisa dengan mudah untuk mengikuti suatu tagar yang dibuat oleh pengguna lain, sehingga Anda bisa dengan mudah menemukan informasi mengenai tagar itu. Menggunakan beberapa tagar umum dapat menjadi cara lain untuk membantu pengguna baru menemukan merek Anda.

Misalnya, jika Anda menggunakan tagar #business di postingan Instagram, seseorang yang saat ini mengikuti tagar tersebut dapat melihat postingan terbaru Anda di beranda mereka. Sehingga, peluang Anda untuk mendapatkan pelanggan baru bisa meningkat. 

5. Menambahkan Konteks Terhadap Post

Dengan menggunakan tagar, pengguna dapat dengan mudah mencari konten tertentu di media sosial. Ketika seseorang mengklik atau mencari tagar, mereka akan melihat semua postingan yang menggunakan tagar tersebut.

Di jejaring sosial Twitter, Anda tidak perlu menulis banyak teks. Anda hanya dapat menulis sekitar 290 karakter di setiap posting. Di Instagram, teks yang lebih panjang tidak selalu berfungsi. Seperti halnya di berbagai macam sosial media seperti Facebook, Instagram dan lain lain, menggunakan sedikit karakter akan lebih baik.

Dengan menggunakan tagar, Anda dapat menuangkan apa yang Anda katakan dalam tulisan dengan lebih baik tanpa harus menggunakan lebih banyak karakter. Ada pula cara alternatifnya, yaitu mengelompokkan beberapa postingan dengan konteks yang sama dalam satu tagar yang sama.

Baca Juga: Cara Membuat Instagram Bisnis dan Tips Berjualan

7 Cara Mengoptimalisasi Penggunaan Hashtag

Agar tagar bisa bermanfaat bagi Anda secara optimal, maka Anda harus menggunakannya dengan baik dan benar. Berikut adalah 7 cara mengoptimalkan penggunaan hashtag, yaitu

1. Lakukan Observasi terhadap Tagar yang Pernah Berhasil

Agar kegunaan tagar lebih maksimal, Anda bisa mengobservasi postingan sebelumnya yang menggunakan tagar dan berhasil. Jika Anda melihat beberapa postingan populer ini menggunakan tagar yang sama, pastikan untuk menggunakannya lagi di postingan berikutnya untuk meraih keberhasilan. 

2. Gunakan Hashtag yang Relevan

Salah satu cara agar tagar lebih efektif adalah dengan memastikan bahwa tagar yang digunakan relevan dengan postingan yang ingin Anda unggah. Tagar yang relevan membantu orang lain untuk menemukan postingan Anda mengenai hal yang mereka ingin ketahui. 

3. Jumlah Tagar Harus Disesuaikan 

Penggunaan jumlah tagar umumnya dianggap sepele, padahal cukup penting untuk diperhatikan. Oleh karena itu, sebaiknya sesuaikan jumlah tagar di setiap postingan agar tidak terlalu banyak. Tagar yang terlalu banyak akan membuat sebuah postingan tidak terlihat lebih bagus.

4. Sesuaikan Penggunaan Tagar dengan Situasi Terkini

Mengikuti tren terkini juga bisa menjadi salah satu kunci utama penggunaan tagar. Jika tagar yang Anda gunakan sedang trending topik, kemungkinan orang melihat postingan Anda juga akan meningkat. 

5. Evaluasi selama Penggunaan Hashtag

Lakukan review mendalam menggunakan tagar Instagram. Seiring waktu, Anda mungkin akan menemukan tagar terbaik untuk digunakan dalam postingan Anda. Namun seiring berjalannya waktu, Anda perlu terus meningkatkan dan melacak kinerja tagar dari waktu ke waktu. 

Baca Juga: Apa Itu CRM? Pengertian, Tujuan serta Contoh Penerapannya

Siap Gunakan Hashtag untuk Jangkau Audiens Lebih Luas?

Setelah mengetahui pengertian, manfaat, dan cara yang tepat untuk mengoptimalkan hashtag, sekarang waktu yang tepat untuk menerapkannya ke dalam bisnis atau akun yang Anda miliki.

Dengan pengaplikasian yang tepat, tagar akan membantu Anda untuk menjangkau audiens lebih luas. Selain itu, akun Anda berpeluang mendapat lebih banyak mendapat traffic dan Anda bisa melakukan interaksi dengan audiens.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!