Cara Membuat Instagram Bisnis dan Tips Berjualan

Cara Membuat Instagram Bisnis dan Tips Berjualan

Sosial media saat ini dijadikan sebagai sarana berjualan. Salah satu yang menjadi andalan adalah Instagram Bisnis. Fiturnya yang beragam memungkinkan pengguna tidak hanya bisa berkomunikasi secara online saja. Namun, juga dapat melakukan promosi maupun pemasaran produk.

Instagram menawarkan dua jenis layanan yaitu untuk personal dan bisnis. Setiap jenis akun memiliki fitur yang berbeda sehingga mampu memenuhi kebutuhan pengguna secara optimal. Untuk dapat meraih keuntungan, pahami dengan baik bagaimana cara berjualan melalui sosial media.

Tentang Instagram Bisnis

Instagram for Business adalah platform yang dapat berfungsi sebagai tempat untuk memasarkan barang maupun jasa. Fitur yang dihadirkan IG bisnis dapat menjadi pendukung terbaik untuk bisa menjalankan teknik marketing sehingga produk dapat dipasarkan secara efektif agar laris dipasaran.

Selain itu, komunikasi secara langsung bisa dibangun bersama konsumen melalui IG bisnis sehingga mampu meningkatkan kepercayaan terhadap sebuah brand. Sama halnya dengan IG pribadi, akun bisnis bisa dimanfaatkan secara gratis.

Perbedaannya terletak pada fitur yang mendukungnya. Di antaranya seperti ads tools, IG shop, insight, dan lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk pengelolaan bisnis secara lebih efisien.

Baca Juga: Instagram Feed: Ukuran dan Cara Membuatnya

Langkah-Langkah Membuat Akun

Banyaknya fitur yang mendukung IG bisnis membuatnya sering diandalkan sebagai sarana promosi hingga penjualan produk. Melalui dukungan fitur yang tersedia, Anda dapat mengawasi perkembangan bisnis secara lebih efektif.

Langkah-langkah buat Instagram Bisnis tidaklah sulit sehingga Anda bisa beralih secepatnya jika ingin mengelola usaha. Pastikan sudah memiliki akun Instagram terlebih dahulu untuk dapat beralih ke versi bisnis. Apabila belum memahaminya, bisa menyimak caranya sebagai berikut.

  • Login ke akun IG terlebih dahulu.
  • Klik halaman Profil yang bergambar orang.
  • Pilih menu Garis Tiga yang terdapat pada bagian pojok layar.
  • Pilih opsi menu Settings.
  • Tekan bagian opsi menu Account.
  • Gulir halaman hingga ke bagian bawah sampai menemukan menu Switch to Professional.
  • Pilih opsi tersebut dan tekan Continue untuk beralih ke akun bisnis.
  • Perubahan jenis akun akan dilanjutkan dengan memilih Kategori akun bisnis yang diinginkan. Pilih bisnis yang sesuai untuk memulai usaha. Jika membuat konten digital, bisa memilih kreator.
  • Tekan Done untuk menyelesaikan perubahan yang dilakukan.
  • Konfirmasi Kontak Bisnis seperti nomor ponsel dan alamat email.
  • Agar lebih efektif, hubungkan profile Instagram versi bisnis ke akun Facebook. Pilih Hubungkan untuk melanjutkan. Jika tidak memiliki akun Facebook, silahkan tekan skip.
  • Dalam beberapa detik, akun akan beralih ke bisnis sesuai dengan pengaturan yang dilakukan.

Baca Juga: Instagram Bisnis: Pengertian, Fitur dan Cara Buat

Cara Berjualan Melalui Instagram for Business

Jika sudah menerapkan cara membuat Instagram Bisnis, Anda juga harus mengetahui langkah efektif untuk berjualan melalui sosial media. Hal tersebut akan membantu Anda mengelola bisnis dan meningkatkan penjualan. Perhatikan caranya seperti di bawah ini.

1.     Optimasi Halaman Profil

Cara membuat Instagram Bisnis menarik adalah mengoptimalkan bagian profil. Tidak hanya harus mengganti foto dan menulis bio yang menarik. Anda juga harus mencantumkan link website toko pada bagian profil agar bisa diakses secara lebih mudah oleh para calon konsumen.

Tampilan yang menarik dapat memberikan kesan positif kepada konsumen agar lebih mengenal sebuah brand. Untuk keperluan bisnis, disarankan untuk menggunakan logo brand pada foto profil. Gunakan resolusi yang tinggi agar terlihat jelas dan tidak pecah.

Buat deskripsi pada bagian bio secara singkat tentang brand atau slogan yang dimiliki. Anda juga bisa menambahkan link website resmi untuk dapat meningkatkan kepercayaan audiens pada sebuah brand.

Buat informasi selengkap mungkin secara singkat sehingga audiens bisa mendapatkan pemahaman akan produk.

Jika memiliki banyak pilihan link, misalnya untuk melakukan order via WA, informasi produk, dan lainnya, Anda bisa menggunakan linktree untuk menggabungkannya agar mudah diakses.

2.     Hadirkan Konten Relevan

Desain profil yang menarik dapat memberikan informasi yang jelas tentang sebuah brand maupun produk tertentu. Selain memperhatikan tampilan profil, akun juga harus menghadirkan konten yang relevan untuk dapat menarik perhatian audiens.

Tidak bisa langsung begitu saja menawarkan sebuah produk, Anda perlu membangun komunikasi terlebih dahulu dengan audiens agar bisa mendapatkan kepercayaan.

Hal tersebut bisa dilakukan melalui konten yang menghibur namun harus tetap relevan dengan brand maupun produk yang ditawarkan. Kegiatan ini dapat menghasilkan engagement yang dapat membuat brand semakin dikenal.

Beberapa contoh di antaranya adalah membuat polling, giveaway, upload IG story, dan lainnya. Melalui konten yang menarik yang berkualitas, Anda bisa mengajak audiens untuk berpendapat melalui kolom komentar dan mulai membangun interaksi aktif.

Gunakan caption yang menarik agar audiens tergugah untuk mencoba produk. Penggunaan hashtag yang tepat juga diperlukan agar konten bisa ditemukan secara lebih mudah dan direkomendasikan.

Baca Juga: Cara Jualan di Instagram Shop: Persyaratan, Cara Membuat dan Mengelola yang Efektif

3.     Gunakan Fitur IG Shop

Pada Instagram Bisnis terdapat fitur shop yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan penjualan. Melalui fitur ini Anda bisa menawarkan produk secara lebih efisien. Konsumen yang ingin melakukan pemesanan juga dapat mengaksesnya secara simple.

Pemilik bisnis dapat secara mudah memajang produk melalui etalase digital yang tersedia pada Instagram. Hal tersebut memungkinkan informasi dan detail produk bisa lebih mudah dilihat oleh audiens.

Biasanya pengguna Instagram yang sudah melihat katalog cenderung akan mengunjungi website brand dan melakukan pembelian setelah membaca detail produk melalui IG shop.

4.     Terapkan Strategi Marketing yang Tepat

Agar bisnis dapat berkembang, Anda membutuhkan strategi marketing untuk mengoptimalkan semua konten yang dihadirkan.

Lakukan promosi dengan membuat iklan, bekerja sama dengan influencer, dan lain sebagainya agar produk bisa lebih dikenal dan menjangkau target pasar yang tepat. Manfaatkan IG story ads untuk beriklan secara lebih efektif.

Promosi yang dilakukan melalui Instagram bisa mengarahkan konsumen untuk mengunjungi website tertentu dan melakukan pembelian. Pantau efektivitas strategi melalui fitur insight untuk dapat mengetahui pergerakan bisnis.

Apabila belum efektif, Anda bisa menyusun strategi baru untuk meningkatkan penjualan. Lakukan secara bertahap hingga tujuan yang diinginkan tercapai.

Pesanan melalui Instagram Bisnis bisa dikelola secara efisien melalui Biteship. Melalui layanan tersedia, Anda bisa melakukan pengiriman ke berbagai tujuan dalam satu kali jemput. Sistem kerja bisnis pun bisa semakin mudah untuk dikelola, tidak lagi harus repot antar langsung ke agen.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!