Inilah Sumber Peluang Usaha dari Faktor Eksternal yang Perlu Anda Tahu!

Inilah Sumber Peluang Usaha dari Faktor Eksternal yang Perlu Anda Tahu!

Banyak orang tertarik terjun ke dunia bisnis belakangan ini. Apalagi, sumber peluang usaha dari faktor eksternal adalah kesempatan yang menguntungkan bagi para pengusaha untuk memanfaatkan kondisi sekitarnya. Selain itu, Anda juga harus cerdik menilai peluang usaha yang ada, baik eksternal maupun internal.

Memperhatikan peluang usaha sebelum memulai bisnis adalah hal wajib yang perlu Anda lakukan. Tanpa peluang usaha yang meyakinkan, bisnis Anda tidak bisa berkembang dan bertahan lama di pasaran. Maka dari itu, Anda perlu memikirkan segala kesempatan usaha yang ada di sekitar untuk mendapatkan pilihan terbaik.  

Apa Itu Peluang Usaha?

Sebelum masuk ke dalam pembahasan sumber peluang usaha, sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu apa itu konsep peluang usaha. Sesuai dengan namanya, peluang usaha merupakan sebuah kesempatan yang bisa Anda dapatkan untuk mencapai tujuan tertentu.

Tujuan di sini berhubungan dengan keperluan bisnis. Sehingga, sasaran yang menjadi tujuan oleh seorang pengusaha tidak lain mengenai kekayaan, profit, atau keuntungan. Semakin baik penilaian Anda terkait peluang usaha yang muncul, semakin berkembang pesat pula bisnis Anda. 

Sebab, tidak semua peluang yang muncul memiliki dampak positif. Sebaliknya, jika Anda memanfaatkan peluang yang bukan dalam ranah kemampuan Anda, maka dampaknya akan membuat rugi diri sendiri. Karena, bakal selalu ada resiko dibalik keputusan yang Anda buat. 

Oleh sebab itu, setiap kali muncul peluang usaha, Anda harus memikirkan dan menimbangnya secara matang. Nilailah apakah peluang tersebut dapat membantu Anda mencapai tujuan bisnis. Walaupun begitu, jangan terlalu menyia-nyiakan peluang usaha yang ada karena peluang tersebut tidak selalu muncul setiap harinya.

Lalu, untuk sumber peluang usaha sendiri terbagi menjadi dua, yakni internal dan eksternal. Sumber peluang usaha dari faktor eksternal adalah hal-hal yang berkaitan dengan permintaan pasar, fenomena sekitar, dan lain sebagainya. Sedangkan sumber peluang usaha dari faktor internal berasal dari diri pengusaha itu sendiri. 

Baca Juga: Facebook Marketplace, Peluang Besar untuk Seller Pemula

Contoh Sumber Peluang Usaha dari Faktor Eksternal

Sumber peluang usaha adalah sumber yang menyebabkan sebuah kesempatan usaha muncul, baik itu dari dalam diri sendiri, orang lain, maupun lingkungan sekitar. Anda bisa menciptakan peluang usaha sendiri atau kondisi lingkungan sekitar yang akan menciptakannya. Berikut adalah sumber peluang usaha dari faktor eksternal.  

1. Permintaan Pasar

Permintaan pasar mempengaruhi bagaimana keberlanjutan bisnis Anda kedepannya. Daripada berjualan dengan mencari pembeli, alangkah senangnya jika pembeli yang datang mencari sendiri. Dengan begitu, Anda bisa mempertahankan bisnis Anda tanpa perlu berusaha berlebihan untuk mencari konsumen baru. 

Amati permintaan pasar yang sedang terjadi di lingkungan sekitar Anda. Lakukan survei untuk mendapatkan ide peluang usaha yang menguntungkan dan minim resiko rugi. Manfaat mencermati permintaan pasar adalah Anda bisa menjual jasa atau produk tepat sasaran ke calon konsumen. 

Jasa atau produk yang sedang tinggi permintaannya di pasar, maka calon konsumen cenderung akan mencari sendiri tanpa harus Anda tawarkan. Sebab, pada saat itu, konsumen sedang membutuhkan jasa atau produk tersebut. Kenali kebutuhan pasar yang sedang meningkat akhir-akhir ini, lalu penuhi permintaan tersebut.  

2. Masalah Masyarakat

Berikutnya, sumber peluang usaha dari faktor eksternal adalah dari masalah masyarakat. Masyarakat yang sedang mengalami suatu masalah pastinya membutuhkan solusi untuk mengatasinya. Anda bisa memanfaatkan masalah masyarakat tersebut sebagai peluang usaha yang menguntungkan. 

Misalnya, di area sekolah banyak pelajar yang mengeluh karena jauhnya tempat fotokopian dan print. Untuk menghadapi masalah sulitnya mengakses fasilitas fotokopi, Anda bisa memanfaatkan peluang usaha tersebut dengan mendirikan tempat fotokopian. 

Jadi, dengan begitu, masalah pelajar tadi bisa teratasi berkat adanya tempat fotokopi yang aksesnya lebih dekat. Sehingga, Anda juga mendapatkan keuntungan dari usaha tersebut.  

3. Kebutuhan yang Belum Terpenuhi

Kebutuhan akan produk dan/atau jasa oleh konsumen terus meningkat setiap harinya. Oleh sebab itu, para pengusaha harus dengan sigap menjawab permintaan yang membludak tersebut dengan menawarkan barang dan jasa. Namun, tetap saja ada satu dua kebutuhan dalam masyarakat yang masih belum terpenuhi maksimal. 

Kebutuhan yang belum terpenuhi itu bisa menjadi sumber peluang usaha eksternal Anda. Sebab, bisnis bisa bertahan lebih lama dan menguntungkan jika dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang belum tercukupi. 

Misalnya, sudah ada toko yang menjual sembako di sekitar perumahan Anda. Akan tetapi, belum ada toko yang menyediakan gas dan galon air untuk kebutuhan sehari-hari. Nah, melihat peluang usaha tersebut, Anda bisa membuka usaha gas dan galon air untuk mencukupi kebutuhan warga di perumahan. 

4. Berinovasi dari Usaha yang Sudah Ada

Salah satu cara agar mampu bersaing dengan kompetitor bisnis serupa lainnya adalah dengan terus kreatif dalam berbisnis. Kemampuan ini merujuk ke sikap Anda dalam menghadapi tren perubahan zaman. Anda bisa menciptakan inovasi baru dari usaha yang sudah ada sebelumnya. 

Misalnya, selama ini Anda hanya menjual produk secara langsung di dunia nyata. Jika ingin menciptakan terobosan baru, Anda bisa menambahkan toko daring untuk menjual produk. Sehingga, dari peluang usaha tersebut, konsumen Anda dari luar kota bisa bertambah dan produk Anda makin terkenal luas. 

Baca Juga: Tren Bisnis untuk Tingkatkan Peluang Kesuksesan

Sudah Tahu Sumber Peluang Usaha dari Faktor Eksternal?

Jadi, sumber peluang usaha dari faktor eksternal adalah kesempatan yang muncul dari luar diri pengusaha. Misalnya seperti fenomena sekitar, permintaan pasar, kebutuhan yang belum terpenuhi, dan lain sebagainya. Dari berbagai peluang usaha eksternal tersebut, Anda harus dengan jeli dan menilai mana yang menguntungkan. 

Lalu, bagaimana dengan peluang usaha dari faktor internal? Perlu Anda perhatikan, bahwa peluang usaha datang dari dua sumber, yaitu karena faktor luar maupun dalam. Keduanya sama-sama menciptakan sebuah kesempatan yang memungkinkan Anda untuk mencapai tujuan bisnis, seperti meraih keuntungan atau kekayaan. 

Baca Juga: Kunci Peluang Usaha Sebenarnya Terletak pada Apa? Intip di Sini

Contoh sumber peluang usaha dari faktor internal antara lain wawasan pengetahuan, pengalaman, keahlian, dan lain sebagainya. Sebagai seorang pengusaha, penting bagi Anda untuk memanfaatkan dengan jeli peluang usaha yang muncul, baik itu bersumber dari luar maupun dalam diri pengusaha itu. 

Namun, perlu Anda garis bawahi bahwa mengambil peluang usaha berarti siap menerima risiko yang mungkin menanti kedepannya. Selalu sikapi segala peluang yang muncul dengan penuh perhitungan dan pikiran jernih.  

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!