Membuat Toko Online di WooCommerce

Cara membuat toko online di WooCommerce perlu diketahui dengan baik agar bisa membangun e-commerce. Seperti yang diketahui bahwa e-commerce saat ini telah menjadi trend karena jenis bisnis ini mampu bertahan dalam jangka panjang, menguntungkan, dan mampu menggantikan peran toko fisik. 

WooCommerce merupakan plugin e-commerce open source yang didesain khusus untuk WordPress. Fungsi yang tersedia pada WooCommerce cukup beragam, mulai dari variasi metode pembayaran, pengiriman, variabel produk, dan lain sebagainya. 

Alasan Memilih WooCommerce Untuk Berjualan dan Promosi Produk 

Platform ini memiliki sistem kerja yang sederhana dan cepat sehingga bisa digunakan untuk bisnis kecil maupun besar.

Dengan mempelajari cara membuat toko online di WooCommerce, Anda bisa menjual produk secara lebih efektif dan dapat terhubung dengan jutaan pengguna WordPress. 

Hal ini tentunya dapat memberikan keuntungan untuk usaha. Selain itu, terdapat beberapa alasan lain yang membuat para pengusaha memilih WooCommerce untuk mempromosikan produknya. Berikut informasinya.

  1. Kompatibel dengan WordPress

WooCommerce dirancang khusus sehingga mampu compatible dengan WordPress, hal tersebut memungkinkan proses integrasi keduanya bisa dilakukan secara lebih mudah dan cepat. Tidak ada kendala yang perlu dikhawatirkan sehingga efektif untuk digunakan.

  1. Dapat Disesuaikan dengan Kebutuhan Pengguna

WooCommerce sangat ramah dan telah dilengkapi dengan berbagai fitur yang bisa diatur sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Pemanfaatan fungsinya tentu bisa dilakukan secara lebih efektif.

  1. Keamanan Terjamin

WooCommerce memiliki teknologi canggih yang mampu melindungi data pengguna secara aman sehingga tidak dapat jatuh ke pihak ketiga. Hal tersebut memungkinkan pencurian data bisa dicegah. Selain itu, WooCommerce juga menjamin keamanan transaksi jual beli yang dilakukan.

  1. Telah Diaudit Oleh Sucuri

WooCommerce merupakan platform yang bagus karena sudah berpegang pada standar coding serta performa terbaik WordPress. Sucuri adalah plugin keamanan terbaik dan layak untuk dipertimbangkan. Plugin keamanan WordPress ini dapat mendeteksi berbagai jenis virus.

  1. Memiliki Komunitas Global

Komunitas global memungkinkan Anda bisa bertemu dengan para pengguna lainnya untuk dapat saling berbagi informasi maupun saling membantu jika terdapat masalah. 

  1. Dokumentasi Bagus

WooCommerce mempunya petunjuk dan dokumentasi yang menyeluruh sehingga dapat memberikan wawasan yang lebih baik. Dengan begitu pemanfaatan fitur dapat dilakukan secara optimal sesuai kebutuhan.

  1. Tersedia Beragam Extension

Ada banyak sekali extension, mulai dari yang gratis hingga bayar. Semuanya tersedia untuk dapat memberikan kemudahan bagi pengguna guna melakukan kustomisasi WooCommerce agar dapat dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan.

Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Membuka Toko Online

Sebelum membuat toko online di WordPress, terdapat beberapa hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu. Hal tersebut akan membantu Anda untuk dapat menjalankan bisnis secara lebih efektif. Inilah diantaranya.

  1. Produk yang Akan Dijual

Jenis produk tentunya akan mempengaruhi konsep dari toko online yang akan dibuat, mulai dari segi desain hingga fungsionalnya. Sehingga Anda perlu menentukan produk yang dijual sebelum membuat toko online. 

Melalui WooCommerce dan WordPress, Anda bisa menjual jasa, produk digital, produk fisik, dan lainnya. Silahkan sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

  1. Hosting dan Domain

Agar toko online dapat bekerja dengan baik dan mudah dikenal, Anda perlu menggunakan layanan hosting dan domain. 

Saat ini sudah banyak sekali penyedia jasa layanan yang bisa dimanfaatkan. Pilihlah penyedia layanan yang menawarkan harga terjangkau dengan kualitas bagus.

  1. Desain Toko Online

Menentukan tema toko online merupakan aspek penting untuk dapat meraih perhatian para pelanggan. WordPress menyediakan banyak tema yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. 

Lakukan penyesuaian tampilan dan fitur yang akan digunakan agar toko online terlihat menarik dan profesional. 

Sebagai rekomendasi, Anda bisa menggunakan themes Storefront untuk memulai pembuatan toko online. Ini merupakan tema resmi dari WooCommerce yang bisa langsung didownload melalui dashboard WordPress.

Langkah-langkah Cara Membuat Toko Online di WooCommerce

Cara berjualan dari Aliexpress yang utama adalah tentunya memiliki toko online untuk memasarkan produk. WooCommerce bisa menjadi salah satu pilihan untuk dapat membangun toko online milik sendiri. Ketahui cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Memilih Hosting

Pilihlah jasa provider hosting yang berkualitas, cepat, aman, handal, dan memiliki jaminan customer supper selama 24 jam. Hal tersebut dibutuhkan agar ketika terjadi kendala pada website e-commerce, maka Anda bisa segera mengatasinya tanpa merugikan aspek bisnis.

  1. Install WordPress

WooCommerce dapat terintegrasi secara mudah dan baik dengan WordPress, untuk itu Anda perlu menginstalnya terlebih dahulu.

  1. Aktivasi WooCommerce

Untuk dapat membuat toko online di WooCommerce app, Anda perlu melakukan aktivasi terlebih dahulu. Caranya tidaklah sulit, silahkan ikuti panduannya di bawah ini.

  • Login ke dashboard admin WordPress yang sudah dimiliki melalui https://domainnya.com/wp-admin
  • Pilih bagian Plugins, tekan Add New.
  • Gunakan fitur pencarian plugin melalui menu yang tersedia. Silahkan ketik kata kunci WooCommerce. Tekan Enter untuk dapat menemukannya.
  • Tekan Install Now untuk langsung memasang.
  • Jika proses pemasangan sudah berhasil, maka halaman selanjutnya akan terbuka.
  • Tekan Activate. Akan muncul notifikasi bahwa plugin sudah aktif.
  • Apabila sudah menginstall dan mengaktifkan WooCommerce, langkah berikutnya adalah klik Run the Setup Wizard atau panduan penginstalan.
  • Pada bagian Store Setup, WooCommerce akan langsung membuat halaman seperti alamat, lokasi negara, kota, kode pos, tipe produk yang akan dijual, dan lainnya.
  • Jika sudah diisi semua, silahkan tekan Let’s go!
  • Pilih bagian Payment, silahkan atur metode pembayaran yang diinginkan, misalnya COD, transfer bank, dan lainnya. Tekan Continue untuk melanjutkan.
  • Tekan opsi Shipping, silahkan lakukan beberapa penyesuaian. Untuk satuan berat pilih kilograms. Sedangkan untuk satuan dimensi centimeters. klik Continue.
  • Tekan tombol Continue pada bagian Recommended.
  • Pada bagian Activate, silahkan klik Continue with Jetpack.
  • Silahkan isi password dan username yang diinginkan. Tekan Create Your Account.
  • Toko online sudah siap untuk digunakan.
  • Klik Review Setting untuk dapat melakukan pengaturan general dan mengisi berbagai informasi yang berkaitan dengan toko online yang dibuat. Diantara seperti informasi alamat, negara, dan lainnya. Jika informasi sudah diisi, silahkan tekan Save Changes.
  • Pilih menu Setting Products untuk dapat memasukan informasi produk yang dijual secara lebih detail, mulai dari ukuran hingga informasi lainnya. Tekan Save Changes untuk melanjutkan.
  • Settings Tax menu bisa dipilih apabila ingin mengaktifkan pajak. Jika tidak, silahkan abaikan saja.
  • Selanjutnya masuk ke bagian Shipping. Atur Shipping Zone dan masukkan metode pengiriman yang tersedia. Lanjutkan dengan Save Changes.
  • Lakukan pengaturan pembayaran dengan masuk ke menu Payments Methods. Silahkan pilih sesuai dengan kebutuhan. Save Changes untuk menyimpan perubahan.
  • Lanjutkan dengan pengaturan Accounts and Privacy. Apabila sudah selesai, klik Save Changes.
  • Pilih Emails, silahkan ganti desain email sender sesuai dengan keinginan. Nantinya ketika pembeli berhasil melakukan checkout, maka email invoice akan terkirim secara otomatis ke pembeli.

Cara membuat toko online di WooCommerce cukup sederhana sehingga cocok untuk para pemula untuk memulai bisnis. Melalui WooCommerce, Anda bisa langsung menjual produk yang ingin dipasarkan secara lebih efektif dan mampu menjangkau pasar yang lebih luas.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!