Cara Menulis Alamat Paket dengan Benar 

Bagi pemilik bisnis, penting untuk mengetahui cara menulis alamat paket dengan benar. Hal ini karena paket yang dikirim bisa sampai dengan alamat tujuan apabila penulisannya benar. Anda bisa mengirim paket tersebut dengan menggunakan jasa ekspedisi.

Di Indonesia ada banyak jasa ekspedisi yang diberikan. Anda bisa memilihnya sesuai yang diinginkan. Bagi penjual di Shopee, penting juga memperhatikan cara menulis alamat barang tersebut dengan benar. Mari kita simak penjelasannya berikut. 

Cara Menulis Alamat Paket di Berbagai Jasa Ekspedisi 

Bagi pengguna Shopee, pasti sudah sering mendengar istilah Shopee Haul Day. Pada saat Shopee Haul Day, biasanya pembeli lebih banyak karena arti Shopee Haul Day sendiri adalah hari dimana penjual melakukan dokumentasi unboxing. 

Ada juga gratis ongkir sampai dengan cashback di hari tertentu. Jadi, tak heran jika pesanan ini bisa menumpuk karena adanya Shopee Haul Day di hari tertentu. Manfaatkan peluang ini untuk melakukan promosi secara besar-besaran agar keuntungan dan penjualan menjadi lebih meningkat. 

Anda perlu mengirimkan barang ke konsumen dengan cepat untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan membuat pelanggan puas. Oleh sebab itu, cara menulis alamat paket penting untuk diketahui. 

Sebenarnya, cara ini sangat mudah dilakukan dan berlaku untuk semua jenis jasa ekspedisi, seperti JNE, JNT, SiCepat, dsb. Mari kita simak caranya berikut. 

1. Format Penulisan Alamat Paket 

Hal yang perlu diketahui dalam menulis alamat paket yaitu format secara umum. Biasanya terdiri dari 3 komponen penting, yaitu alamat, nomor telepon, dan nama pengirim. Untuk menuliskan nama lengkap, silahkan untuk memperjelas tulisannya agar mudah dibaca. 

Pakailah nama lengkap dari penerima tersebut. Berikutnya adalah penulisan alamat lengkap yang benar. Tuliskan selengkap mungkin agar paket yang dikirim bisa sampai ke tangan penerima. Tuliskan mulai dari nama jalan, nomor rumah, dusun, RT dan RW, desa, kecamatan, kota/kabupaten, sampai provinsi. 

Jangan lupa juga sisipkan kode pos agar tambah lengkap. Selanjutnya adalah menuliskan nomor telepon. Biasanya nomor telepon ini ditulis dari no HP penerima. Namun, ada juga yang menuliskan nomor telepon dari pengirim. 

Hal ini dimaksudkan agar kurir dapat menghubungi penerima jika kesulitan untuk mencari jalan ke rumah tersebut. Dengan begitu, barang bisa sampai ke alamat yang dituju. 

2. Urutan Menulis Alamat Paket 

Agar tidak salah dalam penulisan, berikut ini adalah cara menulis alamat paket sesuai urutan sehingga mudah dibaca oleh kurir yang mengantarkan paket tersebut. 

  • Tulislah dulu nama lengkap dari penerima paket tersebut. 
  • Kemudian, baru menuliskan alamatnya secara lengkap. Penulisan tersebut dimulai dari jalan, nomor rumah, sampai ke provinsi. 
  • Pastikan alamat yang diberikan sudah benar. Jangan lupa untuk menambahkan kode posnya agar alamat yang diberikan menjadi lebih jelas. Anda bisa mencarinya di internet untuk kode pos setiap wilayah di Indonesia. 
  • Tuliskan nomor telepon dari penerima paket tersebut. 
  • Tuliskan juga nama lengkap dari toko Anda apabila diperlukan. 
  • Anda juga dapat menuliskan alamat lengkap sebagai pengirim agar kurir juga bisa mengembalikan paket apabila ada hal yang tidak diinginkan. 
  • Terakhir, tambahkan nomor HP Anda sebagai pengirim. 

Supaya lebih mudah untuk terbaca, tuliskan seluruh alamat atau yang berkaitan dengan penerima tersebut di sebelah kiri. Sedangkan untuk pengirim paket tulisakan di baian sisi kanan. 

Cetak Alamat Paket di Marketplace 

Saat ini, alamat paket sudah tidak perlu ditulis, Anda bisa mencetaknya langsung dari marketplace yang Anda gunakan. Contohnya adalah Shopee yang sudah memberikan fitur untuk mencetak paket secara otomatis. 

Setelah pembeli melakukan pesanan, Anda perlu mencari Cetak Label atau Cetak Resi yang ditampilkan. Setelahnya, alamat dari penerima sudah akan tercetak otomatis. Bahkan sampai dengan kode resi dan barcodenya. 

Jadi, ini tidak akan membuang-buang waktu karena tidak usah untuk menuliskannya satu persatu. Terlebih jika tulisan Anda tidak terlalu bagus sehingga kesalahan pembacaan oleh kurir juga sering terjadi. Dari berbagai jasa ekspedisi tersebut, Anda perlu mengetahui cara menulis alamat paket yang benar agar barang mudah diterima ke pelanggan. Selain itu, bagi developer akan lebih mudah mengelola paket dengan menggunakan aplikasi Biteship. Kurirnya profesional dan cepat.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!