Apa Itu Kolaborasi? Ketahui Tujuan dan Berbagai Manfaatnya!

Apa Itu Kolaborasi? Ketahui Tujuan dan Berbagai Manfaatnya!

Kolaborasi menjadi kegiatan yang dipercaya dapat memberikan banyak manfaat untuk para pelakunya, khususnya dalam industri bisnis. Salah satu manfaat kolaborasi adalah terciptanya kreativitas yang lebih luas. Sebelum melakukan kolaborasi, pahami dulu definisi serta manfaat lengkapnya berikut ini!

Definisi Kolaborasi

Kolaborasi adalah sebuah proses yang berkaitan dengan kerja sama dengan gagasan baru yang dapat mengantarkan kesuksesan dalam visi bersama. Pada organisasi tertentu, kolaborasi dijadikan sebagai kunci utama untuk menemukan pemikiran kreatif.

Jika ingin mencapai hasil terbaik, maka peran kolaborasi bersifat penting. Supaya kegiatan kolaborasi berhasil, Anda harus melakukan identifikasi terkait bagaimana dan kapan waktu untuk berkolaborasi.

Anda dapat mencapai keberhasilan tersebut dengan melakukan latihan terlebih dahulu. Selain itu, pahami juga mitra kerja yang sebenarnya. Baik itu pemahaman tentang keahlian, kompetensi, dan karakter orang lain.

Berdasarkan sebuah penelitian, dikatakan bahwa keberhasilan kolaborasi akan mencapai tingkat tertinggi jika kerja sama dilakukan dengan orang-orang yang beragam. Mulai dari ragam nilai-nilai, pendidikan, latar belakang, gaya kerja, dan budaya.

Karena salah satu manfaat kolaborasi adalah untuk menangani masalah dari berbagai segi dan caranya dengan membuat orang berkolaborasi untuk membentuk berbagai pemikiran. Namun, untuk sampai ke level tersebut, maka kolaborasi atau kerja sama harus memiliki rasa kepercayaan dan saling menghormati yang besar.

Ketika Anda membangun tim yang bagus, tentu akan menciptakan lingkungan yang tepat untuk para peserta kolaborasi. Dengan demikian, semua anggota tim harus ikut andil dalam membentuk kolaborasi yang menyenangkan.

Sehingga hasilnya nanti akan berupa pengalaman tim yang bagus, baik itu pada proyek nyata tempat kerja maupun kehidupan sehari-hari. Jadi, kolaborasi yang baik akan membutuhkan kekompakkan tim untuk menciptakan lingkungan yang nyaman.

Tujuan Kolaborasi

Kolaborasi bertujuan untuk mendukung individu, lembaga, atau masyarakat dalam memecahkan suatu masalah secara bersama-sama. Dukungan tersebut bersifat sistematis, sehingga semua pihak dapat menyelesaikan masalah dengan mudah.

Ketika melakukan kolaborasi, Anda harus fokus dalam beberapa hal. Antara lain peningkatan, komunikasi, dan efisiensi anggota untuk mencapai hasil yang maksimal. Selain itu, kegiatan operasional kolaborasi mampu memberikan suasana positif dan nilai tambah seseorang.

Manfaat Kolaborasi

Manfaat kolaborasi adalah memberikan keuntungan semua pihak yang terlibat. Dengan demikian, kolaborasi dapat berlangsung secara bijak. Jika Anda ingin berkolaborasi, maka pahami beberapa manfaat lainnya berikut ini:

1. Inspirasi Baru

Lewat kolaborasi, Anda akan menemukan berbagai perspektif baru. Bahkan kemungkinannya perspektif tersebut dapat menjadi inspirasi baru untuk mengembangkan keahlian. Sehingga Anda bisa menjadi lebih kreatif dan inovatif.

Berdasarkan riset The Balance SMB, adanya diskusi akan menciptakan pemikiran baru yang dapat menimbulkan kreativitas. Kolaborasi sangat penting, khususnya bagi Anda yang ingin membangun bisnis. Oleh sebab itu, pastikan Anda memiliki tim yang tepat untuk melakukan kolaborasi.

Lewat tim yang mampu bertukar ide, ruang lingkup akan semakin berkembang dengan kreativitas yang lebih luas. Hal tersebut akan jauh berbeda saat Anda memikirkan ide sendirian.

2. Membentuk Potensi Diri

Pekerjaan yang dilakukan secara kolaboratif akan membantu Anda dalam membentuk potensi diri. Selain itu, Anda juga dapat mengetahui kekuatan dan kelemahan dalam diri.

Lewat adanya kolaborasi, Anda dapat meningkatkan keterampilan menjadi yang terbaik. Bahkan, Anda juga bisa mengidentifikasi bagian mana yang harus membutuhkan bantuan dari orang lain. Di mana bantuan tersebut harus dari keahlian yang berbeda-beda.

Sehingga Anda dapat menghasilkan tim yang bekerja sama dengan lebih baik. Anda juga dapat mengisi kesenjangan kompetensi. Ini berlaku pada semua jenis kolaborasi, tidak hanya industri bisnis saja.

3. Berbagi Ilmu

Manfaat terbesar dari kolaborasi adalah dapat saling bertukar ilmu satu sama lain, terutama dalam hal mengembangkan bisnis. Melalui kolaborasi, semua pihak akan saling memberikan feedback, sehingga terciptalah pengalaman yang berbeda-beda.

Sebagai contoh, ketika Anda memiliki keahlian khusus dalam desain, sedangkan rekan kolaborasi Anda berlatar belakang IT. Ketika melakukan kolaborasi, tentu akan membentuk tim yang ciamik dengan perpaduan latar belakang yang luar biasa.

Selain itu, ini juga dapat berlaku ketika industri bisnis sedang mengalami naik turun. Dengan demikian, Anda dapat belajar terkait ilmu lain dan tips-tips untuk mengatasi berbagai masalah terkait.

4. Mengatasi Masalah 

Lewat kolaborasi, kemungkinan akan menghasilkan hal yang lebih maksimal. Ini disebabkan keterampilan, pengetahuan, dan pihak profesional yang terlibat secara variatif. 

Sehingga, Anda dapat melihatnya dari berbagai perspektif. Ketika memanfaatkan keahlian orang-orang, Anda dapat menyelesaikan masalah lebih cepat dan baik. Dengan demikian, hasilnya juga bisa dinikmati dalam jangka waktu yang panjang.

Jika Anda menghadapi suatu permasalahan secara sendiri, terkadang akan ada kesulitan yang terjadi. Oleh sebab itu, perspektif dari orang lain cukup penting untuk menemukan jalan keluar yang tepat.

Dari sinilah manfaat kolaborasi yang sebenarnya. Apalagi jika Anda memiliki masalah dan tidak mampu memecahkannya seorang diri, maka Anda memerlukan pemikiran lain untuk mengatasinya. Oleh sebab itu, jangan sampai meremehkan kolaborasi. Baik itu dalam industri bisnis maupun kegiatan lainnya.

5. Menambah Relasi

Salah satu manfaat kolaborasi adalah untuk menambah relasi dalam networking. Inilah mengapa kerja sama sangat dibutuhkan dalam bisnis, karena jaringan yang luas tentu akan memperlancar jalannya bisnis. 

Jika memilih rekan kolaborasi yang memiliki banyak kenalan, maka otomatis Anda dapat dengan mudah mencari relasi baru. Baik itu untuk menjadi relasi maupun rekan Anda.

Melalui kolaborasi, Anda dapat melakukan diskusi secara terbuka dengan bebas. Oleh sebab itu, setiap anggota tim akan bertukar informasi yang berkaitan dengan pengerjaan proyek.

Sebagai contoh, Anda memiliki bisnis minuman kekinian dan membutuhkan vendor untuk bahannya. Sayangnya, Anda tidak memiliki relasi supplier bahan minuman yang berkualitas.

Di sisi lain, ternyata rekan bisnis Anda memiliki relasi supplier yang Anda butuhkan. Dengan demikian, secara tidak langsung kolaborasi akan membuat semua pihak saling terlibat dan melengkapi satu sama lain.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mencari Supplier Tangan Pertama? Simak Informasi Lengkapnya Disini

6. Menciptakan Perubahan Positif

Karena dilakukan oleh lebih dari satu orang, tentunya kolaborasi dapat menciptakan perubahan yang lebih baik. Hal tersebut terjadi karena dipengaruhi oleh ide dan pemikiran yang berbeda-beda, namun tetap mengarah secara positif. Sehingga, Anda dapat menciptakan sesuatu yang luar biasa.

Tertarik untuk Melakukan Kolaborasi?

Melihat informasi di atas, Anda dapat menyimpulkan bahwa manfaat kolaborasi adalah untuk memberikan keuntungan yang lebih baik. Sehingga, hal yang dilakukan dapat menghasilkan sesuatu yang luar biasa. Nah, apakah Anda tertarik untuk mencoba berkolaborasi?

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!