Apa Itu Warehouse Management System (WMS)? Simak Pilihan Aplikasi WMS Terbaik

Apa Itu Warehouse Management System (WMS)? Simak Pilihan Aplikasi WMS Terbaik
Warehouse management system

Sebuah bisnis yang mempunyai jumlah persediaan barang yang banyak, khususnya yang memiliki gudang tentu perlu mengelolanya secara maksimal. Cara yang bisa dilakukan supaya kamu bisa kelola pergudangan secara efisien dengan menggunakan Warehouse Management System (WMS).

Apa yang dimaksud warehouse management system dan apa fungsi WMS untuk bisnis?  Langsung saja kita simak penjelasan lengkapnya di artikel ini.

Apa Itu Warehouse Management System?

Warehouse management system adalah sistem yang dirancang untuk mempermudah kinerja manajemen gudang secara end to end process. Singkatnya, arti WMS adalah sistem yang dapat membantu dalam mengelola operasional bisnis dari gudang bahkan sampai ke level rak gudang. 

Hal tersebut meliputi proses stok barang datang hingga persiapan stok barang untuk proses pengiriman. Penggunaan sistem manajemen gudang yang tepat, tentunya bisa menciptakan efisiensi dalam proses pergudangan, seperti pelacakan, penyimpanan, pengemasan, dan pengiriman barang sehingga proses arus barang menjadi lebih cepat dan hemat biaya.

Dengan begitu, kamu bisa mengetahui barang masuk dan barang keluar di gudang, penempatan produk yang bisa disesuaikan untuk setiap jenis produk (rak,baris,kolom, dan lantai), sampai validasi pesanan dan pengiriman barang ke konsumen. 

Fungsi WMS

Fungsi WMS adalah meminimalisir resiko yang terjadi di gudang, seperti human error, overselling atau kehabisan stok, serta meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

Selain fungsi utama, ada beberapa fungsi WMS lainnya yang bisa kamu dapatkan jika menerapkannya pada bisnis.

1. Penerimaan Barang 

Sistem manajemen gudang dapat mempermudah proses penerimaan barang dengan mencatat semua barang yang masuk, memeriksa kualitas, dan menyimpan informasi yang relevan.

2. Penyimpanan Barang

Penggunaan WMS mengoptimalkan penyimpanan barang dengan menentukan lokasi penyimpanan yang ideal berdasarkan karakteristik barang dan frekuensi pengambilan.

3. Manajemen Inventory

WMS memberikan visibilitas real-time terhadap stok barang, memantau tingkat persediaan, dan membantu dalam perencanaan kebutuhan inventaris.

4. Pengambilan Barang 

Pada proses pengambilan barang, sistem gudang akan mengarahkan staf gudang untuk mengambil barang dengan cara yang paling efisien, mengurangi waktu pencarian, dan mengurangi kesalahan pengambilan barang di gudang.

5. Pengemasan dan Pengiriman 

Sistem pergudangan memastikan barang dikemas dan dikirim dengan benar, mencatat semua informasi pengiriman, dan menghasilkan label pengiriman yang diperlukan.

6. Pelacakan dan Pelaporan 

Fungsi WMS yang terakhir menyediakan laporan yang mendetail tentang semua aktivitas gudang sehingga bisa membantu dalam mengambil keputusan berdasarkan data yang akurat.

Baca Juga: Manajemen Pergudangan: Pengertian dan Hal-hal Pentingnya

Manfaat Menggunakan WMS

1. Efisiensi Operasional

WMS mengotomatisasi banyak proses manual, mengurangi waktu dan tenaga yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas-tugas gudang.

2. Akurasi Inventaris

Dengan visibilitas real-time dan pencatatan yang akurat, WMS mengurangi kesalahan dalam pencatatan inventaris dan memastikan data yang selalu up-to-date.

3. Pengurangan Biaya

WMS membantu dalam mengurangi biaya operasional dengan mengoptimalkan penggunaan ruang gudang, mengurangi kebutuhan tenaga kerja, dan meminimalkan kesalahan.

4. Peningkatan Kepuasan Pelanggan

Dengan pengiriman yang lebih cepat dan akurat, WMS membantu dalam meningkatkan kepuasan pelanggan dan membangun reputasi bisnis yang baik.

5. Skalabilitas

WMS dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis yang berkembang, mendukung ekspansi dan pertumbuhan bisnis.

Tips Memilih WMS yang Tepat

Berikut ini, beberapa tips yang dapat membantu kamu memilih Warehouse Management System (WMS) yang tepat untuk kebutuhan bisnis.

Yuk, kita langsung simak cara memilihnya.

1. Evaluasi Kebutuhan Bisnis 

Sebelum memilik aplikasi WMS, hal yang perlu kamu lakukan adalah mempertimbangkan kebutuhan spesifik bisnis, seperti ukuran gudang atau jumlah  inventaris.

2. Fleksibilitas dan Skalabilitas 

Kamu bisa pilih WMS yang fleksibel dan dapat diskalakan sesuai dengan pertumbuhan bisnismu.

Paling penting, kamu bisa mendapatkan visibilitas dan kontrol penuh terhadap gudangmu. 

3. Kemudahan Penggunaan

Saat kamu memilih untuk menggunakan sistem pergudangan, pastikan juga penggunaannya mudah oleh staf gudang dan mobile friendly.

Selain itu, kamu juga bisa cari tahu apakah sistemnya bisa diakses melalui aplikasi mobile atau tidak.

Sebab, bisa mempermudah kamu dalam melakukan proses putaway, picking, packing, dan stock opname.

4. Fitur Pelaporan dan Analisis 

Cari WMS yang menyediakan fitur pelaporan dan analisis yang kuat untuk membantu dalam pengambilan keputusan.

Nah, kamu bisa memilih aplikasi gudang yang sistemnya sudah terintegrasi

Baca juga: Fulfillment Warehouse, Gudang All in One untuk Bisnis Online

Rekomendasi Aplikasi Gudang

Warehouse management system

Kalau tadi kita udah membahas mengenai apa itu warehouse managemenet system (WMS) sepertinya belum pas jika tidak memberikan rekomendasi aplikasi gudang.

Buat kamu yang ingin menggunakan sistem gudang, ada rekomendasi aplikasi warehouse management system yang bisa kamu gunakan, namanya Jubelio WMS.

Aplikasi Warehouse Management System Jubelio memberikan kemudahan bagi kamu untuk bisa mengontrol secara penuh gudang kamu sehingga meminimalisir kesalahan penginputan barang.

Kelebihan yang dimiliki pada fitur ini kamu bisa mengetahui stok barang sampai level rak dan melihat status proses penempatan, pengambilan, sampai pengepakan barang.

Selain itu, kamu dapat membuat lokasi gudang virtual maupun fisik tanpa batasan jumlah dan mudah menerima barang juga. Tentunya udah dilengkapi serial number dan batch number serta bisa diakses melalui smartphone.

Mau tahu selengkapnya fitur-fitur di Jubelio? Cari tahu disini ya.

Sekarang kamu udah tahu Warehouse Management System (WMS) adalah alat yang sangat penting dalam manajemen gudang dan dilengkapi fitur-fitur yang canggih sehingga bisa  meningkatkan efisiensi operasional, mengurangi biaya, dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

 

*Artikel ini hasil kerja sama Jubelio dan Biteship

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!