Cara Bayar Shopee Pakai DANA, Praktis dan Mudah

Cara Bayar Shopee Pakai DANA, Praktis dan Mudah
cara bayar Shopee pakai DANA

Aplikasi Shopee sudah menjadi aplikasi marketplace online yang besar dan punya banyak peminat. Sebagai marketplace yang besar, Shopee menyediakan berbagai metode pembayaran canggih yang salah satunya adalah dengan DANA. Bagaimana cara bayar Shopee pakai DANA?

DANA sendiri merupakan layanan dompet virtual atau dompet online yang sudah terintegrasi dengan berbagai aplikasi layanan jual beli seperti Shopee. Pembayaran Shopee bisa dilakukan dengan cara transfer saldo DANA ke nomor pembayaran di Shopee secara praktis dan butuh waktu lama.

Syarat Agar Bisa Bayar Shopee Pakai DANA

Sebelum berlanjut ke pembahasan cara praktis bayar Shopee pakai DANA, Anda harus paham dulu bahwa ada syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi. Tenang saja karena syarat yang perlu dipenuhi ini cukup mudah dilakukan, di antaranya adalah:

  • Update dulu aplikasi DANA yang ada di perangkat menjadi versi premium dan pastikan akun sudah terverifikasi. Tenang saja, akun premium DANA tidak memungut biaya tambahan.
  • Pastikan saldo DANA cukup untuk membayar jumlah transaksi yang dibutuhkan di Shopee.
  • Gunakan koneksi internet yang stabil agar proses pembayaran tidak terkendala dan sistem bisa bekerja semestinya.
  • Pembayaran transaksi di Shopee dengan Aplikasi DANA minimal harus 10 ribu rupiah.
  • Pengguna Shopee harus memilih metode pembayaran transfer bank dengan pilihan bank yang dilayani oleh DANA seperti Mandiri, BNI dan Permata. Selain ketiga bank tersebut, DANA belum bisa digunakan untuk menyelesaikan transaksi di Shopee.
  • Nantinya biaya transaksi di DANA akan ditambah dengan biaya administrasi Shopee dengan nominal tertentu. Biasanya ada perbedaan antara produk digital dengan produk fisik. Untuk biaya administrasi ini jika beruntung pengguna bisa mendapatkan voucher gratis admin.

Baca Juga:  Mengenal Shopee Pinjaman, Syarat dan Cara Pengajuannya

Tahapan Cara Bayar Shopee Pakai DANA

Pembayaran Shopee yang dilakukan dengan DANA sudah terjamin aman. Prosesnya juga sangat praktis dan cepat diproses. Bagi orang yang baru menggunakan aplikasi dompet digital ini mungkin akan merasa bingung saat melakukan pembayaran di Shopee.

Namun tak perlu khawatir, di bawah ini Anda bisa belajar cara bayar menggunakan DANA di Shopee:

1.     Pasang dan Instal Aplikasi DANA

Hal pertama yang harus dilakukan jika ingin bayar Shopee dengan DANA tentu saja harus memasang atau menginstal aplikasi DANA terlebih dulu pada perangkat yang digunakan. Dapatkan aplikasi ini di Play Store, kemudian unduh dan lengkapi data-data yang diminta.

Beberapa data yang diminta diantaranya adalah seperti nama, nomor telepon, email, dan beberapa data lain seperti nomor rekening diperlukan jika ingin upgrade ke versi premium. Pastikan sudah melewati tahap verifikasi akun agar akun bisa digunakan.

2.     Top Up Saldo DANA

Tahapan cara bayar Shopee pakai DANA selanjutnya adalah dengan mengisi saldo DANA terlebih dulu agar bisa dijadikan alat transaksi. Jika akun DANA sudah terverifikasi maka akun DANA sudah bisa digunakan dan diisi saldo.

Pengisian saldo ini bisa dilakukan via transfer bank atau bisa juga mengisi melalui media Alfamart dan Indomaret. Untuk bisa transfer, nomor virtual akun harus diisikan ke data transaksi top up saldo. DANA biasanya menggunakan kode tertentu disusul nomor HP yang terdaftar.

Sebagai informasi, minimal jumlah atau nominal top up ke saldo DANA adalah 10 ribu rupiah. Kurang dari jumlah tersebut tidak bisa diproses.

3.     Masuk Akun Shopee dan Cari Produk

Setelah saldo DANA terisi, selanjutnya carilah produk yang ingin dibeli dan dibayar dengan saldo DANA. Pastikan harga produk yang akan dicheckout tidak melebihi jumlah saldo DANA yang dimiliki atau jika memang melebihi maka harus tambah saldo DANA sesuai kebutuhan.

4.     Atur Metode Pembayaran

Setelah produk yang akan dibeli sudah dikonfirmasi dan masuk keranjang, klik tombol checkout di Shopee, lalu scroll ke bawah dan pilih pada bagian metode pembayaran.

Pada menu metode pembayaran akan ada banyak sekali pilihan, mulai dari COD, saldo ShopeePay, transfer bank, Alfamart, Indomaret dan lain-lain. Karena ingin membayar dengan saldo DANA, maka pilihlah opsi transfer bank lalu klik pada bank permata atau mandiri.

Selama ini memang tidak ada opsi DANA pada pilihan metode pembayaran. Namun, cara bayar Shopee pakai DANA tetap bisa dilakukan dengan memilih jalur transfer bank tersebut.

5.     Akses Nomor Virtual Account

Jika sudah memilih metode pembayaran, biasanya Anda akan diminta untuk melakukan konfirmasi dengan klik tombol konfirmasi lalu klik lagi pada bagian buat pesanan. Halaman Shopee akan secara otomatis beralih ke halaman pembayaran.

Pada halaman ini cari kolom yang berisi nomor virtual account untuk bisa dijadikan ID pembayaran. Salin dulu nomor virtual account tersebut.

6.     Masuk Lagi ke Aplikasi DANA

Berikutnya tutup aplikasi Shopee dulu dan buka aplikasi DANA kembali. Pada halaman beranda, cari dan pilihlah menu yang bertuliskan ‘e-commerce’. Di sana akan ada banyak sekali opsi nama e-commerce, pilih bagian Shopee.

Pada kolom transaksi, tempel nomor virtual yang sudah disalin sebelumnya dari aplikasi Shopee. Jangan lupa masukkan juga total yang harus dibayar. Kemudian akan muncul total saldo DANA yang akan terpakai. Biasanya akun premium akan dapat voucher bebas admin otomatis.

Jika sudah, tinggal masukkan PIN akun DANA yang saat mendaftar akun DANA sudah dibuat dan dikonfirmasi. Tahap ini akan ditutup dengan munculnya bukti transaksi berhasil.

Baca Juga: Cara Transfer Shopeepay ke Dompet Digital dan Rekening 

Keuntungan Bayar Shopee dengan DANA

Setelah mengetahui cara bayar Shopee pakai aplikasi DANA, tanpa disadari Anda sudah menerima beberapa keuntungan. Apa saja keuntungan memilih DANA sebagai metode transaksi Shopee? Ini dia beberapa diantaranya:

  • Proses dan sistem pembayaran yang ditawarkan DANA terbilang mudah dan praktis. Tata caranya cukup sederhana, bahkan untuk orang yang awam atau pertama kalinya menggunakan metode ini.
  • Pembayaran transaksi Shopee dengan saldo DANA tidak memerlukan data nomor rekening. Hal yang digunakan sebagai ID transaksi di sini adalah nomor virtual atau virtual account. Jadi agar bisa belanja online, seseorang tidak wajib memiliki rekening bank.
  • Aplikasi DANA sudah diawasi oleh OJK. Selain itu, aplikasi ini sudah dilengkapi dengan teknologi keamanan seperti fitur verifikasi dan lain-lain.  Dengan adanya fitur keamanan yang ditawarkan oleh DANA ini, maka bisa dipastikan transaksi akan aman selama tidak menyalahkan aturan.

 

Selain cara bayar Shopee pakai DANA, Shopee juga punya banyak pilihan ekspedisi. Untuk alternatif pengelolaan pengiriman, Biteship bisa jadi pilihan terbaik. Biteship sudah terintegrasi dengan berbagai ekspedisi ternama sehingga bisa diandalkan. Gunakan layanannya di https://biteship.com/id.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!