Cara Mencari Supplier Terpercaya dan Termurah untuk Toko Online

Cara Mencari Supplier Terpercaya dan Termurah untuk Toko Online
Portrait of asian woman business owner using digital tablet checking amount of stock product inventory on shelf at distribution warehouse factory.logistic business shipping and delivery service

Supplier atau pemasok barang menjadi bagian penting dalam sebuah bisnis. Supplier yang bisa memberikan harga murah biasanya dicari oleh penjual. Bagaimana cara mencari supplier  terpercaya dan bisa memberikan harga yang murah?

Fungsi supplier adalah menjaga ketersediaan stok produk yang dijual kepada konsumen. Bagi toko online, salah satu cara untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan adalah dengan selalu menyediakan produk, karena pesanan bisa datang kapan saja.

Cara Mencari Supplier Berkualitas dengan Harga Termurah

Jika bisa mendapatkan pemasok barang yang memberikan harga termurah diantara yang lainnya, tentu saja akan menambah besarnya keuntungan. Kalau harga dari supplier lebih murah, maka Anda juga bisa menjualnya dengan harga yang lebih miring dari toko lainnya.

Konsumen pasti akan senang dan cenderung memilih toko yang harganya lebih murah, meskipun mungkin selisihnya tidak seberapa. Hanya saja, meskipun harganya murah  bukan berarti kualitasnya murahan, agar konsumen tetap setia.

Hal yang diperlukan adalah supplier yang harganya murah tapi kualitas produknya tetap bagus. Nah, cara untuk mencari supplier terpercaya dan harganya murah diantaranya yaitu:

1. Menentukan Jenis Produk yang Akan Dijual

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan dulu produk apa yang nantinya akan dijual di toko online Anda. Bagaimana bisa mencari supplier dengan harga termurah kalau produk yang akan dibeli saja belum jelas.

Satu supplier biasanya memiliki stok barang yang variatif dalam jumlah yang banyak, jadi harus dipastikan dulu apa saja yang dibutuhkan. Misalnya, akan membuat toko online petshop, maka produk yang dijual adalah pakan kucing basah dan kering, pakan anjing, pakan ikan dan lain-lain.

Disamping itu, tentukan juga berapa jenis produk yang ingin dijual, apakah hanya kebutuhan pokok saja atau dilengkapi dengan perawatan, aksesoris dan sebagainya. Setelah semua jenis produk yang akan dijual ditentukan, barulah mulai mencari pemasoknya.

2. Mengunjungi Bazar

Rutin datang ke acara-acara bazar bisa menjadi cara mencari supplier dengan harga murah yang cukup efektif. Biasanya, para produsen atau perwakilannya lebih mudah ditemui dalam bazar tersebut.

Dengan datang ke bazar, maka Anda bisa langsung melakukan negosiasi dan melihat contoh produknya secara langsung. Supplier juga dapat ditemui pada sentra-sentra industri. Misalnya, kalau mencari supplier kerajinan perak, maka Anda bisa datang ke Kotagede, Yogyakarta.

3. Mencari di Internet

Jika belum sempat mendatangi sentra industri atau melihat bazar, Anda dapat mencari supplier toko online melalui internet. Browsing melalui internet dan temukan situs-situs perusahaan yang menyediakan supply barang kepada toko online.

Kalau sudah ada rekomendasi nama supplier bisa langsung dicari melalui website mereka, tapi kalau belum, ketikkan saja kata kunci yang sesuai pada browser. Contohnya, supplier tangan pertama baju tidur, setelah itu akan muncul banyak pilihan website yang dapat dibuka.

Semakin banyak pilihan supplier yang tersedia, Anda semakin mudah untuk menemukan mana yang berkualitas dan dapat memberikan harga lebih murah.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mencari Supplier Tangan Pertama? Simak Informasi Lengkapnya Disini

4. Lewat Marketplace

Supplier tidak harus berasal dari perusahaan yang besar, banyak juga pemasok barang yang asalnya dari UMKM tapi kualitasnya bagus dan harganya murah. Bagaimana cara untuk menemukannya? Supplier seperti ini biasanya menawarkan produknya di beberapa marketplace.

Tidak perlu bersusah-susah, banyak supplier barang dengan harga murah yang menjual produknya lewat marketplace di media sosial, seperti Facebook, Instagram, TikTok dan sebagainya. Buka media sosial dan carilah pemasok barang yang dibutuhkan lalu hubungi mereka.

Biasanya, prosedur yang mereka gunakan juga sederhana dan tidak bertele-tele, jadi Anda tidak perlu repot dengan syarat dan ketentuannya. Namun ingat, sebelum memutuskan untuk bekerjasama, periksa dulu kredibilitas dan reputasi dari supplier tersebut.

5. Bergabung dengan Komunitas

Ada cara mencari supplier terpercaya yang cukup mudah untuk dilakukan, yaitu bergabung dengan suatu komunitas. Di Facebook misalnya, sering ditemukan komunitas ataupun forum jual beli dan disana pastinya banyak terdapat orang yang menjual suatu produk.

Carilah komunitas dan forum jual beli yang sesuai dengan jenis toko online Anda, lakukan interaksi dan ikuti postingan-postingan di dalamnya. Kalau ada supplier yang dirasa cocok dengan apa yang Anda cari, tinggal hubungi saja mereka dan lakukan pembicaraan.

Selain melalui platform media sosial, Anda juga dapat bergabung dengan komunitas bisnis yang telah ada di sekitar tempat tinggal. Dari komunitas bisnis inilah bisa didapatkan supplier dengan harga yang murah dan berkualitas tentunya.

6. Langsung Menghubungi Produsen

Keuntungan bergabung dengan komunitas bisnis diantaranya adalah bisa mendapatkan kontak dari produsen produk. Begitu juga kalau rajin mendatangi sentra industri maupun bazar, biasanya produsen berbagai jenis barang ada disana.

Mendapatkan produk langsung dari produsen tentu saja harganya jauh lebih murah dan kualitasnya terjamin. Hubungi saja produsen produk tersebut dan katakan kalau Anda membutuhkan pemasok barang untuk dijual pada toko online.

Biasanya, para produsen ini tidak akan segan memberikan kontak supplier terpercaya mereka agar bisa memasok barang di toko online Anda. Bagusnya lagi, cara ini sangat membantu Anda mendapatkan beberapa supplier yang terpercaya, berkualitas dan tentu saja harganya murah.

Baca Juga: Tips Memulai Bisnis Supplier Baju Import dan Keuntungannya

7. Mendatangi Agen Terdekat

Kalau sulit untuk mendapatkan kontak produsen secara langsung, jangan berkecil hati karena masih ada jalan lainnya. Lihat apakah produsen barang yang diinginkan memiliki agen di kota Anda, kalau iya jangan ragu untuk mendatanginya.

Pada umumnya perusahaan atau produsen barang akan membuka beberapa agen atau perwakilan di banyak wilayah untuk mendukung bisnis mereka. Mencari supplier lewat agen sudah terbukti efektif dan bisa dipercaya kualitasnya.

8. Datang ke Pasar Grosir

Cara mencari supplier dengan harga murah dan berkualitas selanjutnya yaitu dengan mendatangi pasar-pasar grosir. Produk yang dijual pada pasar grosir hampir dapat dipastikan harganya lebih murah dan kualitasnya bagus.

Pasar grosir adalah tempat yang tepat untuk membeli barang dalam jumlah besar dengan harga yang murah daripada pasar biasa. Keuntungan lainnya dengan datang ke pasar grosir yaitu bisa mendapatkan daftar supplier dari para penjual disana.

Biasanya, pedagang di pasar grosir mendapatkan barang yang dijualnya tersebut dari supplier tangan pertama atau langsung dari pabrik. Tinggal pilih saja apa jenis barang yang akan dibeli dan mana supplier yang dianggap sesuai.

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Kacamata Online yang Menguntungkan

Cara mencari supplier tersebut berguna untuk menjaga ketersediaan stok barang dan harga murah di toko online Anda. Sedangkan untuk pengiriman barang kepada pembeli yang dibutuhkan adalah platform kurir terintegrasi seperti https://biteship.com.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!