8 Cara Meningkatkan Traffic Website Paling Efektif

8 Cara Meningkatkan Traffic Website Paling Efektif

Website membutuhkan traffic yang tinggi agar potensi kerja sama iklan dan penjualan dapat ditingkatkan. Beberapa cara meningkatkan traffic website dapat diterapkan dengan rutin agar bisa mendapatkan hasil yang optimal. Meskipun tidak mudah, namun perlu dilakukan secara terus menerus.

Satu per satu cara harus coba diterapkan agar bisa mengetahui solusi mana yang paling efektif sehingga website bisa mendapatkan lebih banyak pengunjung. Dengan melakukan upaya secara konsisten, maka penambahan traffic bisa didapatkan secara berkala sehingga mampu mendukung pertumbuhan bisnis.

Cara Meningkatkan Traffic Website

Selain melakukan perencanaan dan strategi pemasaran yang baik, Anda juga membutuhkan media yang tepat untuk digunakan sebagai sarana promosi maupun branding. Website umumnya dibuat untuk dapat mendukung alur bisnis secara optimal.

Melalui website, informasi, promosi, hingga pemesanan bisa dilakukan secara lebih efisien dan mudah. Agar bisa dikenal oleh target pasar secara luas, Anda tidak hanya harus membuat konten yang menarik saja. Namun juga perlu mempelajari beberapa cara meningkatkan traffic website berikut ini.

1.     Buat Judul Menarik

Judul bisa jadi elemen yang mampu memikat pengunjung karena dilihat saat pertama kali muncul di hasil pencarian. Membuat judul yang menarik bisa jadi cara menaikkan website yang bisa dilakukan.

Terdapat beberapa metode penulisan judul yang dapat diterapkan diantaranya seperti menggunakan angka dan list. Informasikan secara jelas apa yang akan dibahas pada artikel agar pembaca bisa memahaminya dengan baik.

Anda bisa menggunakan kata yang mampu mempertegas topik artikel seperti jitu, terbaik, dan lainnya agar pengunjung lebih tertarik untuk klik konten dan mengunjungi website.

2.     Optimalkan Kecepatan Website

Jawaban pertanyaan tentang bagaimana cara meningkatkan traffic website adalah dengan meningkatkan kecepatannya. Umumnya, pengunjung website merasa tidak sabar apabila harus menunggu loading halaman yang lama.

Untuk menjaga efektivitasnya, loading website setidaknya maksimal 3 detik karena jika lebih dari itu maka akan ditinggalkan oleh pengunjung. Agar website dapat menduduki peringkat atas hasil pencarian, optimasi perlu dilakukan.

Website dengan loading cepat akan membantu pengunjung untuk mendapatkan informasi secara singkat. Hal ini dapat memberikan pengalaman baru sehingga pengunjung merasa nyaman ketika membuka website.

Potensi untuk mendapatkan pelanggan tentu akan semakin besar jika website memiliki kecepatan loading memadai dan berada di posisi atas.

Potensi penjualan yang meningkat dapat secara efektif meningkatkan keuntungan bisnis. Untuk itu mengoptimasi kecepatan website dapat jadi cara efektif yang harus diterapkan.

Baca Juga: Inilah Rekomendasi Website Gambar Terbaik 2023

3.     Riset Keyword

Sebelum menulis artikel di website, ada baiknya melakukan riset keyword terlebih dahulu agar bisa memilih topik pembahasan yang sedang viral atau banyak dicari. Jika hanya mengandalkan ide pribadi, belum tentu topik yang menurut Anda menarik mampu menarik perhatian pengunjung.

Membuat konten berkualitas dapat menjadi cara meningkatkan traffic website yang bagus. Anda bisa mengandalkan beberapa tools untuk dapat menemukan keyword yang sesuai, diantaranya seperti Google Trend, Ubersuggest, SEMrush, dan lain sebagainya.

Dengan memilih keyword yang tepat, halaman website bisa lebih mudah direkomendasi dan ditemukan oleh para pembaca. Secara signifikan, cara ini akan perlahan meningkatkan traffic website.

4.     Tambahkan Visualisasi

Menambah kualitas konten bisa jadi salah satu cara untuk meningkatkan traffic website. Konten harus dibuat dengan menarik agar pembaca tidak merasa bosan. Tambahkan visualisasi yang menawan agar website terlihat lebih menarik.

Hal tersebut akan membuat pengunjung bertahan lama pada sebuah halaman website. Jumlah pengunjung yang langsung meninggalkan website disebut dengan bounce rate.

Padahal elemen ini menjadi faktor penilaian Google untuk merekomendasikan sebuah website pada hasil pencarian.

Apabila memiliki bounce tinggi, maka bisa diartikan oleh algoritma Google bahwa konten tidak cukup untuk membantu pembaca sehingga dapat menurunkan peringkat website pada mesin pencarian.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menambahkan visualisasi yang dapat meningkatkan suasana membaca seperti foto, infografik, dan lainnya. Tidak hanya menarik, melalui visualisasi, pembaca bisa lebih memahami isi konten secara lebih baik.

5.     Update Konten Secara Konsisten

Agar bisa membangun interaksi bersama audiens secara optimal, Anda perlu mengupload konten secara konsisten. Pastikan sudah menyusun perencanaan upload terlebih dahulu agar konten dapat bekerja maksimal.

Pemilihan waktu upload menjadi hal lain yang harus dipertimbangkan agar bisa langsung menjangkau target pasar. Dengan adanya perencanaan, Anda dapat lebih mudah untuk mengelola kegiatan secara baik agar dapat mendukung perkembangan bisnis.

Berinteraksi secara aktif secara perlahan dapat membentuk kepercayaan dengan audiens sehingga kesempatan untuk mendapatkan konsumen lebih besar.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Website dan Aplikasi Penghasil Uang, Banyak Keuntungan

6.     Membuat Backlink

Backlink merupakan metode menautkan sebuah halaman website tertentu ke website lainnya. Ketika menempatkan backlink di website yang besar, maka potensi pengunjung datang ke website Anda akan semakin besar.

Semakin banyak backlink yang tersebar, maka kesempatan peningkatan pengunjung juga akan besar. Untuk itu manfaatkan backlink dengan baik agar Anda bisa meningkatkan traffic website dengan optimal.

Pilihlah website dengan reputasi yang bagus agar backlink dapat bekerja secara maksimal dan memberikan keuntungan.

7.     Website Responsif

Tidak hanya dengan meningkatkan kecepatannya saja, pastikan juga website responsif dengan semua perangkat, mulai dari mobile hingga desktop. Dengan begitu, tampilan website tidak akan berubah tata letaknya meskipun diakses melalui berbagai perangkat.

Informasi yang didapatkan pun bisa lebih jelas terlihat dan mampu memberikan kenyamanan bagi pengunjung untuk mengakses informasi. Meningkatkan kenyamanan dan kemudahan akses dapat diterapkan sebagai cara menaikkan website yang jitu.

8.     Tambahkan Fungsi Berbagi

Cara meningkatkan pengunjung website dengan mudah lainnya yang bisa dilakukan yaitu dengan menambahkan tombol share ke sosial media.

Apabila pengunjung membagikan halaman ke kerabat maupun keluarganya, maka dapat membantu Anda untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Hal ini juga dapat membuat konten bisa lebih mudah viral di sosial media.

Melalui tombol share, proses berbagi bisa dilakukan secara lebih mudah sehingga akses terasa nyaman. Konten viral dapat meningkatkan traffic secara signifikan dan juga menaikkan potensi penjualan sehingga dapat memberikan keuntungan yang besar.

Baca Juga: Kenali Ecommerce Enabler, Tipe, dan Layanannya

Cara meningkatkan traffic website dapat membantu agar bisa mendapatkan lebih banyak konsumen. Tambahkan plugin Biteship pada website Anda agar mampu mengelola pengiriman secara efektif. Ada banyak sekali pilihan kurir yang bisa digunakan sehingga pengiriman bisa berjalan lancar tanpa kendala.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!