Cara Memulai Usaha Agen Shopee, Syarat, dan Proses Kerja

Cara Memulai Usaha Agen Shopee, Syarat, dan Proses Kerja
cara mendaftar agen shopee express

Shopee merupakan salah satu e-commerce besar yang menawarkan beragam keuntungan. Tidak hanya bisa menjual produk, Anda juga bisa mendaftar sebagai agen Shopee. Menariknya lagi, program yang ditawarkan Shopee ini juga bisa dijalankan oleh para pembeli.

Namun, ada berbagai syarat yang harus Anda penuhi untuk menjadi agen. Bahkan, ada proses pendaftaran dan pelatihan yang harus dijalankan sebelum agen mulai beroperasi. Lalu, sebenarnya apa tugas agen ini dan bagaimana cara mendaftarnya? Simak ulasannya berikut ini.

Apa itu Agen Shopee?

Jika membahas arti kata, agen diartikan sebagai perantara perusahaan. Dalam hal ini, agen berperan sebagai perantara penjual dan pembeli di aplikasi Shopee. Jadi, penjual yang memasarkan produknya melalui Shopee bisa mengantar barang ke agen di lokasi tujuan barang.

Dengan adanya program ini, barang yang dibeli tidak langsung dikirim ke alamat pembeli. Namun, barang-barang tersebut dikirimkan ke alamat agen. Jadi, pembeli bisa langsung mengambil barangnya di agen yang terdekat dengan alamat pembeli tersebut.

Program agen dari Shopee ini memudahkan pembeli yang sibuk dan tidak memiliki seseorang di rumahnya untuk menerima paket. Jadi, ketika pulang kerja paket bisa langsung dijemput ke agen. Dengan begitu, paket lebih aman hingga sampai ke tangan pembeli.

Selain itu, ada keuntungan yang bisa didapatkan. Adapun keuntungan agen Shopee yang bisa diterima diantaranya:

  • Mendapatkan komisi dari paket yang dikirimkan.
  • Memulai usaha dan meraih keuntungan tanpa modal. Sebab, hal yang perlu dipersiapkan hanyalah dokumen persyaratan yang ditentukan Shopee.
  • Meraih lebih banyak keuntungan dengan mengajak orang lain untuk menggunakan jasa agen ketika membeli barang di Shopee.

Baca Juga: Cara Cek Resi Standar Express 2023

Syarat-Syarat yang Harus Dipenuhi

Agen akan membantu penjual untuk menampung paket yang dikirim sebelum diterima pembeli. Maka dari itu, ada berbagai syarat yang harus dipenuhi. Tidak semua pembeli ataupun penjual yang memiliki akun Shopee bisa menjadi agen. Ada proses pendaftaran yang harus dilakukan.

Setiap pendaftar akan dipilih langsung oleh tim Shopee agar bisa menjadi salah satu agennya. Jika tidak memenuhi kriteria, maka tim Shopee berhak menarik perjanjian kerjasama antara  Adapun syarat yang diajukan yakni, sebagai berikut:

  • Memiliki ruangan yang bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan barang. Luas yang disarankan yakni 12 m2.
  • Memiliki akses untuk sepeda motor bagi pengantar dan penerima paket.
  • Memiliki akses internet dan mempunyai komputer sebagai media operasional sehari-hari.
  • Bersedia menerima banner dari Shopee untuk dipasang secara mandiri sebagai salah satu tanda agen.

Cara Menjadi Agen Shopee

Syarat yang diajukan pihak Shopee bisa mulai disiapkan jika tertarik menjadi salah satu agennya. Keuntungan yang bisa diterima cukup menarik sehingga banyak yang ingin memulai usaha satu ini. Cukup dengan memanfaatkan salah satu ruangan di rumah, usaha ini bisa berjalan dengan baik.

Sayangnya, proses seleksi cukup ketat dan diawasi langsung oleh tim Shopee. Jadi, tidak semua pendaftar bisa menjadi agennya. Selain syarat yang diajukan pihak Shopee, ada beberapa hal lain yang harus dipersiapkan jika ingin menjadi agen untuk Shopee, di antaranya:

1.     Mendaftar

Pastikan Anda sudah memenuhi semua syarat yang diajukan pihak Shopee. Setelah itu, lakukanlah pendaftaran dengan mengisi dan mengajukan formulir. Anda bisa langsung mengecek semua proses pendaftaran dan dokumen yang harus disiapkan melalui website resmi Shopee.

Secara singkat, proses pendaftaran yang harus dijalani diantaranya sebagai berikut:

  • Mengisi formulir yang sudah disiapkan tim Shopee.
  • Mengirim formulir dan dokumen lain yang dibutuhkan kepada pihak Shopee.
  • Menunggu verifikasi dari tim Shopee atas formulir dan dokumen yang telah dikirimkan.
  • Tim Shopee akan mengkonfirmasi kelayakan dokumen yang dikirimkan.
  • Proses konfirmasi akan berlangsung dalam rentang waktu 3 x 24 jam di hari kerja.
  • Jika sudah berhasil dikonfirmasi, calon agen akan menandatangani surat perjanjian kerja antara tim Shopee dan pemilik agen Shopee.
  • Proses pendaftaran selesai dan pemilik agen bisa mulai melakukan pelatihan.

Baca Juga: Cara Cek Resi Shopee Express

2.     Pelatihan

Proses pelatihan akan dimulai beberapa hari setelah proses tanda tangan surat oleh kedua belah pihak. Setelahnya, agen akan kembali dihubungi untuk mulai melakukan pelatihan. Namun, bisa juga pelatihan langsung dilakukan setelah proses tanda tangan.

Maka dari itu, pemilik agen harus benar-benar memahami tugas yang akan dilakukannya. Proses kerja secara online dan teknis menerima barang semuanya harus dikuasai pemilik agen. Ketika melakukan pelatihan, pemilik agen tidak langsung menerima barang milik konsumen.

Pemilik agen akan menerima perlengkapan dari tim Shopee, salah satunya banner agen yang harus dipasang. Pelatihan ini dilakukan secara online. Semua teknis kerja agen akan langsung dipraktekkan melalui pelatihan ini sehingga pemilik agen bisa bekerja tanpa kendala.

3.     Mulai Beroperasi

Apabila proses pelatihan berjalan baik dan pemilik agen tidak memiliki kesulitan lagi, agen akan langsung beroperasi. Paket pembeli Shopee yang berlokasi di sekitar wilayah agen akan dikirimkan ke agen tersebut. Jadi, pembeli tinggal menjemput paketnya langsung ke agen.

Proses Kerja Agen

Meski terkesan mudah, tetapi pemilik agen Shopee memiliki alur kerjanya sendiri. Ada beberapa hal yang harus dikonfirmasi dalam aplikasi Shopee. Jadi, paket yang diterima tidak salah dikirim. Pemilik paket juga memiliki akses khusus dan pemberitahuan tentang paketnya.

Adapun proses kerja agen tersebut di antaranya:

  • Pembeli memilih agen sebagai lokasi penerimaan barang sehingga lokasi agen yang terdekat dengan alamat pembeli akan dipilih.
  • Pembeli melakukan checkout dan membayar barang yang dikirim sebagai paket tersebut.
  • Paket dikirim ke lokasi tujuan.
  • Kurir mengirimkan paket ke agen yang telah dipilih Shopee.
  • Agen menerima paket yang dikirim dan melakukan konfirmasi di akun Shopee.
  • Pembeli atau pemilik paket menerima notifikasi di akun Shopee dan mendapatkan PIN.
  • Sejak hari pertama hingga hari ke-4 paket diterima agen, pembeli akan mendapat notifikasi untuk mengambil paket.
  • Paket akan disimpan oleh agen selama 5 hari. Jika lebih dari 5 hari paket tidak diambil pembeli, maka agen akan mengembalikannya kepada penjual.
  • Jika paket diambil pembeli, agen akan mendapatkan komisi dari paket tersebut.

Baca Juga: Mengenal Shopee Affiliate: Prosedur dan Keuntungannya

Tidak hanya bisa bisnis dropship Shopee, pemilik akun aplikasi Shopee juga bisa memulai usaha menjadi agen Shopee. Meskipun terdengar mudah, tetapi ada syarat dan proses seleksi dari tim Shopee. Jadi, hanya pendaftar terpilih yang bisa mulai menjadi agen. 

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!