Cara Pengembalian Barang Shopee yang Cepat, Tepat, dan Aman

Sebagai marketplace populer yang sangat terkenal di Indonesia dan beberapa negara lainnya, Shopee memberikan kemudahan penggunanya dalam melakukan retur barang. Pengembalian barang biasa dilakukan ketika konsumen merasa salah pesanan. Bagaimana cara pengembalian barang Shopee?

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh konsumen sebelum melakukan pengembalian barang kepada pembeli atau Shopee Mall. Tidak perlu bingung, cara pengembalian barang di aplikasi Shopee sangatlah mudah dan bisa segera selesai hanya dalam waktu beberapa hari saja. 

Ketahui Berbagai Syarat untuk Mengembalikan Barang Shopee

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Anda yang ingin mengembalikan barang kepada pihak Shopee harus memenuhi beberapa persyaratan yang diberlakukan. Jika konsumen tidak dapat penuhi persyaratan, maka pihak Shopee tidak akan memproses permintaan retur barang tersebut. 

  • Memiliki Alasan yang Jelas

Konsumen Shopee bisa mengajukan pengembalian barang apabila memiliki alasan yang jelas dan bisa diterima. Alasan pengembalian barang diantaranya kondisinya rusak, pesanan tidak datang sesuai estimasi, dan barang yang datang tidak sesuai gambar. 

Tidak hanya itu, proses pengembalian barang lewat aplikasi Shopee juga harus mendapatkan persetujuan dari pihak penjual. Setelah penjual melakukan konfirmasi retur barang, maka Shopee akan segera memproses pengembalian barang tersebut. 

  • Durasi Pengembalian Tidak Melebihi Garansi Shopee

Cara pengembalian barang Shopee memah mudah, namun Anda bisa mengajukan hanya dalam rentang waktu garansi yang diberikan oleh Shopee. Misalnya pihak Shopee memberi rentang waktu seminggu, maka melebihi batas tersebut permintaan retur barang sudah tidak berlaku. 

  • Memiliki Bukti Kesalahan Pemesanan

Untuk mencegah terjadinya kerugian, maka pengguna Shopee diharapkan merekam video ketika membuka paket Shopee yang sudah sampai. Kalau ada masalah pada barang yang dikirimkan, maka rekaman video tersebut bisa menjadi bukti untuk bisa melakukan retur barang kembali. 

  • Konsumen Bisa Tekan Tombol “Pesanan Diterima”

Cara ajukan pengembalian barang Shopee akan segera dilakukan ketika konsumen memenuhi semua syarat yang diberlakukan. Namun jangan lupa untuk klik opsi “Pesanan Diterima” sebelum retur barang dilakukan sebagai bukti bahwa konsumen sudah mengetahui kondisi barang. 

  • Dana Kembali Dalam Bentuk Shopeepay

Setelah selesai mengajukan retur barang dan disetujui oleh pihak penjual, maka dana Anda akan segera dikembalikan sesuai dengan metode pembayaran yang dipilih. Biasanya pengembalian dana kepada pembeli akan berlangsung selama 2-3 hari dalam bentuk Shopeepay. 

Cara Pengembalian Barang Shopee yang Cepat dan Mudah

Untuk pengembalian barang Shopee bisa dilakukan dengan 2 toko yaitu retur barang kepada Shopee Mall dan melalui Star Seller Shopee. Agar tidak mengalami masalah saat retur barang, pengguna Shopee bisa mencoba langkah-langkah yang akan dijelaskan di bawah ini. 

Retur Barang Pada Shopee Mall

Pengembalian barang lewat Shopee Mall perlu memperhatikan beberapa hal, yaitu pesanan masih dalam waktu garansi yang tertera dan pembeli belum menekan opsi “Pesanan Diterima”. Kalau tidak memenuhi kriteria tersebut, maka Anda tidak bisa mengajukan barang lewat Shopee Mall. 

  1. Silahkan buka aplikasi Shopee kemudian masuk pada bagian opsi “Saya”. Pengguna bisa langsung klik “Pesanan Saya” lalu “Dikirim”.
  2. Pada halaman berikutnya, Anda bisa pilih pesanan yang ingin dikembalikan. Klik “Ajukan Pengembalian” yang pilihannya terletak pada bagian pojok kiri bawah. 
  3. Klik produk retur barang yang nantinya ingin diajukan. Jangan lupa cantumkan alasan pengembalian barang seperti rusak, tidak sesuai gambar, pengiriman lama, dan lain-lain. 
  4. Setelah memberikan alasan retur barang dengan tepat, maka konsumen perlu memasukkan bukti produk yang sudah dikirim lalu lengkapi dengan deskripsi yang diinginkan. 
  5. Pilih solusi dalam pengajuan pengembalian barang, bisa dalam bentuk dana atau barang. Ada opsi lain yakni pengembalian sebagian dana tanpa mengembalikan barang
  6. Klik “Kirimkan” maka permintaan akan segera di proses oleh pihak Shopee. 

Retur Barang Kepada Star Seller Shopee

Bagaimana cara pengembalian Shopee Star Seller? Memang tidak jauh beda dengan langkah retur barang pada Shopee Mall. Namun bagi pengguna Shopee pemula tentu saja akan merasa kebingungan, oleh sebab itu bisa ikuti langkah yang akan dijelaskan di bawah ini. 

  1. Silahkan buka aplikasi Shopee menggunakan perangkat yang biasa digunakan. Masuk menu profil dengan cara klik “Saya” yang letaknya ada pada bagian pojok kanan bawah. 
  2. Setelah berhasil masuk pada bagian menu “Saya” klik opsi “Dikirim” untuk memilih produk yang akan dikembalikan. 
  3. Tekan halaman “Rincian Pesanan”, kemudian pada bagian bawah kolom pesanan akan muncul opsi “Ajukan Pengembalian”.
  4. Tentukan produk yang akan dikembalikan kepada pihak seller, lalu tentukan alasan pengajuan pengembalian barang. Pastikan alasan dalam pilihan yang dikehendaki Shopee. 
  5. Berikan bukti berupa “Foto Produk” yang sudah disimpan dalam galeri, lalu masuk keterangan retur yang terletak dalam bagian “Kolom Keterangan”.
  6. Tentukan “Jasa Kirim” yang ingin digunakan untuk lebih mudah mendapatkan gratis ongkir. Klik “Konfirmasi” lalu masukkan “Alamat Email” yang masih aktif digunakan. 
  7. Tekan opsi “Kirimkan” dan “Selesai”. Pengguna tinggal tunggu tanggapan langsung dari pihak penjual barang. 

Cara pengembalian barang Shopee kini akan lebih mudah dengan hadirnya layanan pick up App dari Biteship. Arti pick up sendiri tergolong semacam layanan yang penjemputan dan pengambilan paket dari tempat seller sesuai dengan batas waktu yang sudah ditentukan. 

Keuntungan menggunakan layanan Pick Up dari Biteship yakni diatur otomatis dalam sistem, ada layanan jemput barang, gratis, proses cepat, ada layanan tracking barang, dan beragam informasi tarif ekspedisi lengkap. Buruan gunakan aplikasi Pick Up Biteship sekarang juga!

Cara pengembalian barang Shopee bisa dilakukan pada 2 toko yaitu Shopee Mall dan Star Seller Shopee. Sebelum melakukan retur barang, pastikan Anda sudah memenuhi segala syarat yang berlaku mulai dari dokumentasi barang, garansi Shopee, dan persatuan dari pihak penjual barang tersebut. 

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!