Cek Resi Bukalapak Lewat Mobile dan Desktop

Bukalapak adalah salah satu aplikasi marketplace yang terkenal di Indonesia. Bagi Anda yang menggunakan aplikasi ini, penting untuk mengetahui cek resi Bukalapak setelah melakukan pemesanan.

Tujuan dari cek resi ini adalah memastikan apakah barang sudah dikirim atau tidak. Pelacakan ini perlu dilakukan untuk mengetahui lokasi dari keberadaan paket Anda dan apakah mengalami masalah dalam pengantaran.

Aturan Cek Resi Bukalapak

Aplikasi Bukalapak sendiri mempunyai sistem yang didalamnya bisa mengecek status pengiriman barang dengan mudah dan langsung dari nomor resi yang tertera. Jika ternyata ada masalah dalam pengiriman, Anda bisa melihatnya dari status resi tersebut.

Kemudian, apabila nomor resi tersebut tidak valid dan penjual tidak mengubah resinya selama 24 jam maka uang yang sudah terbayar ini akan dikembalikan. Ada juga aturan lain yang diberlakukan oleh aplikasi Bukalapak untuk penjual.

Penjual yang salah memasukkan resi lebih dari satu kali nantinya mengharuskan dana transaksi dikembalikan secara otomatis. Selain itu, penjual akan mendapatkan ulasan yang negatif.

Untuk itu, penjual harus memastikan nomor resi ini dengan baik agar jasa pengiriman barang akan menyesuaikan pengiriman paket tersebut ke lokasi dari pembelinya secara akurat. Untuk pengelolaan barangnya, Anda bisa menggunakan metode FIFO.

Bagian pergudangan harus mengetahui apa itu FIFO yang akan membuat arus pengiriman barang menjadi lebih efektif.

Cek Resi Bukalapak

Untuk cek resi Bukalapak dan mengetahui keberadaan paket Anda, pengguna bisa melakukannya dengan mudah. Pengecekan ini juga tidak hanya berlaku bagi pembeli, tetapi juga penjual harus memastikannya dengan baik.

Ada beberapa metode yang bisa Anda lakukan. Ada yang melalui HP atau lewat laptop di aplikasinya secara langsung. Mari kita simak penjelasannya berikut ini:

  1. Lewat Mobile App

Panduan pertama dalam cek resi Bukalapak adalah melalui Hp yang Anda miliki. Cara ini lebih praktis karena bisa dicek dan dilakukan dimana saja. Hal yang perlu Anda butuhkan adalah aplikasi Bukalapak dan koneksi internet.

Perhatikan juga nomor resi yang Anda dapatkan. Kemudian, jika belum memiliki aplikasi Bukalapak, Anda bisa memasangnya melalui Google Play Store. Adapun langkah untuk mengecek resinya sangat mudah, yaitu sebagai berikut:

  • Langkah pertama adalah mengunduh aplikasi resmi Bukalapak yang tersedia di Play Store Anda.
  • Selanjutnya, silahkan untuk melakukan login Bukalapak terlebih dahulu. Login ini dilakukan dengan memasukkan username dan password Anda. Jika belum pernah, silahkan lakukan pendaftaran untuk mendapatkan akun Bukalapak.
  • Setelah berhasil masuk, silahkan untuk memilih ikon Transaksi di beranda utama dari Bukalapak.
  • Selanjutnya, pilih transaksi yang ingin dilihat dari nomor resi yang muncul.
  • Klik Detail Transaksi dan pilih Histori Pengiriman. Dari situ, Anda bisa melihat status pengiriman Anda sudah sampai mana.
  1. Cek Resi Lewat Desktop

Langkah berikutnya yang bisa dilakukan adalah dengan mengecek resi lewat desktop. Ini bisa menjadi pilihan alternatif kedua apabila Anda tidak ingin mengunduh aplikasi Bukalapak di HP. Bisa saja aplikasi tersebut membuat HP berat sehingga lebih baik menggunakan desktop.

Jika menggunakan cara desktop, Anda harus masuk ke situs resmi dari Bukalapak terlebih dahulu. Selanjutnya, barulah menggunakan cara yang hampir mirip dengan aplikasinya. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Akses Situs Bukalapak

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengunjungi situs resmi dari Bukalapak yaitu https://www.bukalapak.com yang ada di website Anda.

  1. Login

Setelah melakukannya, Anda bisa langsung melakukan login ke aplikasi Bukalapak. Cara loginnya adalah dengan menggunakan email atau nomor Hp yang Anda daftarkan saat pertama kali membuat akun.

Selanjutnya, masukkan kata sandi di kolom password. Bukalapak juga menyediakan cara lain yaitu masuk melalui akun Facebook Anda agar lebih mudah lagi.

  1. Klik Ikon Transaksi

Setelah berhasil masuk, maka akan muncul tampilan utama dari website tersebut. Sama seperti di aplikasinya, silahkan untuk memilih ikon Transaksi. Ikon tersebut terletak di deretan ikon Chat, Notifikasi, dan Keranjang.

Langkah berikutnya adalah memilih Lihat Semua Transaksi.

  1. Klik Tab Pembelian atau Penjualan

Jika sudah membukanya, Anda perlu memilih menu Pembelian khusus untuk pembeli. Sedangkan bagi yang penjual, pilih tab Penjualan. Selanjutnya, dari itu bisa dipilih beberapa transaksi yang sebelumnya sudah dilakukan dan ingin dilihat.

  1. Pilih Lihat Detail

Terakhir adalah memilih tab Lihat Detail. Jika sudah menekan nomor tersebut, maka Anda bisa melihat nomor resinya. Jika ingin mengetahui keberadaan paket barang sampai dimana, Anda cukup tekan tombol Histori Pengiriman saja agar otomatis terlihat status pengirimannya.

Pelacakan Bukalapak Lewat Berbagai Kurir

Bukalapak memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk mengirimkan barang dengan cepat dan mudah. Ini karena Bukalapak sendiri sudah bekerja sama dengan perusahaan jasa kurir yang ada di Indonesia.

Tujuannya adalah untuk membuat pelanggan bisa memilih sendiri mana kurir yang cocok untuk mereka. Berhubungan dengan pemilihan jasa kurirnya, Anda bisa memilih beberapa jasa kurir yang terkenal seperti JNE, JNT, dan berbagai jasa ekspedisi lainnya.

Di histori pengiriman Bukalapak akan muncul beberapa status seperti sudah dalam perjalanan yang diartikan bahwa paket Anda sedang diantar.

Untuk pengiriman pesanannya sendiri tergantung dari situasi dan jarak pengiriman penjual dan pembeli. Umumnya adalah sekitar 1 sampai 7 hari saja. Jika terlalu lama, maka silahkan untuk mengeceknya menggunakan resi yang sudah tertera.Manfaat dari cek resi Bukalapak ini sangat banyak karena Anda bisa mengetahui keberadaan dari lokasi barang tersebut. Dengan demikian, bisa memastikan perjalanan dari barang sebelum sampai ke tangan penerima. Ini juga berguna untuk mengatasi masalah yang mungkin terjadi dalam pengiriman. 

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!