Facebook Marketplace, Peluang Besar untuk Seller Pemula

Facebook Marketplace, Peluang Besar untuk Seller Pemula

Tak cuma menjadi salah satu sosial media terbesar di dunia, layanan Facebook Marketplace ternyata makin melambungkan minat para pengguna aplikasi ini. Fitur yang memungkinkan Anda melakukan transaksi online ini akan memfasilitasi para seller pemula dengan peluang pasar yang besar. Yuk, simak fakta menariknya!

Mengenal Facebook Marketplace

Walaupun secara hierarki marketplace ini merupakan sebuah fitur dalam Facebook. Namun, secara praktiknya fitur ini sudah setara dengan platform yang berdiri sendiri. Karena pada dasarnya Facebook memang membuatnya terintegrasi langsung dengan akun sosial media pengguna, baik sebagai penjual maupun pembeli.

Peluang pasar dari marketplace ini terbilang cukup besar, karena memungkinkan penggunanya mencari berbagai jenis barang dari baru hingga bekas. Walaupun terkait payment belum ada layanan khusus dari Facebook, namun platform ini masih sangat diminati bahkan bagi seller pemula.

Penjual dan pembeli dalam marketplace memiliki wewenang sendiri, terkait metode pembayaran maupun mekanisme pengiriman barang. Terlihat lebih mundur memang jika Anda bandingkan dengan platform khusus e-commerce lainnya. Namun, ini juga akan memberi kebebasan untuk penggunanya, lho.

Kenapa Harus Facebook Marketplace?

Walaupun masih memiliki beberapa kekurangan, namun platform ini layak untuk Anda pertimbangkan sebagai tahap awal. Pasalnya, ada banyak kelebihan yang bisa menutup beberapa kekurangannya, seperti:

1. Peluang Pasar yang Besar

Mengingat platform e-commerce ini berbasis sosial media, pastinya pengguna aktifnya cukup besar dan menggiurkan. Nah, dengan penerapan strategi yang baik, Anda bisa berkesempatan mendapatkan konsumen lebih banyak dan cukup menjanjikan.

2. Jangkauan Luas

Walaupun masalah payment dan distribusi tidak mendapat perhatian khusus, namun masih sangat memungkinkan bagi Anda menarik minat pasar yang lebih luas. Apalagi Facebook menjadi salah satu sosial media pelopor yang menyediakan layanan iklan dengan spesifikasi dan sistem yang mumpuni.

3. Penggunaannya Mudah dan Berkelanjutan

Antar muka e-commerce ini tak jauh beda dengan beranda Facebook, walaupun ada beberapa fitur pembeda. Ini akan sangat membantu bagi para pengguna yang ingin melakukan transaksi jual beli. Belum lagi ada kesempatan hubungan berkelanjutan, karena Facebook Marketplace lebih bersifat intim dan privat.

4. Brand Exposure yang Menjanjikan

Dengan peluang pasar yang besar dan luas, serta bantuan fitur promosi yang mumpuni, membuat platform ini mendukung brand exposure lebih efisien. Sehingga elektabilitas bisnis dan produk dapat Anda tingkatkan dengan mudah.

5. Terhubung Langsung dengan Pembeli

Alasan platform ini lebih intim dan privat adalah karena para penjual dapat terhubung langsung dengan pembeli. Dapat berinteraksi dengan mudah dengan publik tentu meningkatkan efektifitas dan trusted calon konsumen.

Baca Juga: Fitur Atur Jadwal Sale di Marketplace dan Manfaatnya

Risiko Menjadi Seller Facebook Marketplace

Walaupun memiliki banyak keuntungan, sayangnya masih ada risiko yang harus Anda antisipasi dengan benar. Mau tahu risikonya? Berikut penjelasannya:

1. Rawan Penipuan

Masalah terbanyak dari pengguna platform ini adalah seringnya terjadi kasus penipuan, karena penjual nakal atau pembeli yang kurang teliti. Terutama pada kualitas barang yang tidak terjamin atau tak sesuai dengan gambarnya. Bahkan beberapa oknum nakal menjual barang imitasi atau barang rusak.

Selain itu, dari pihak pembeli juga bisa menipu penjual. Misalnya, pembeli pakai dana palsu dan bersikeras untuk berkomunikasi di luar Facebook.

2. Tidak ada Sistem Keamanan Pembayaran

Risiko selanjutnya punya kaitan dengan keamanan pembayaran yang tidak memadai. Facebook Marketplace memang tidak menyediakan layanan payment gateway. Jadi, risiko pembayaran pakai uang palsu, pembeli fiktif, atau penjual kabur juga cukup sering terjadi.

3. Persaingan Ketat

Karena peluangnya yang cukup menjanjikan, banyak terjadi persaingan yang ketat dalam platform ini. Tak sedikit pula yang terlalu jelas banting harga dan merusak ekosistem perputaran dana. 

4. Ulasan Negatif

Risiko lainnya adalah mudahnya oknum nakal menyebarkan ulasan negatif pada toko yang Anda kembangkan. Pasalnya, karena berbasis sosial media, berbagai ulasan negatif akan sulit Anda kontrol. Hal tersebut akan memicu kerugian besar dan pencemaran nama baik bisnis.

Baca Juga: Pengertian Marketplace Facebook dan Cara Menggunakannya

Strategi Terbaik Jadi Seller Facebook Marketplace

Agar dapat meningkatkan peluang dan meminimalisir risiko yang mungkin terjadi, ada beberapa strategi yang sekiranya bisa Anda jalankan. Apa saja, sih? Berikut beberapa di antaranya:

1. Perbaiki Kualitas Foto dan Deskripsi Produk

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah siapkan foto yang proper, juga berikan deskripsi yang jelas dan mendukung. Pasalnya, masih banyak penjual yang asal memberikan harga atau deskripsi produk dan membuat pembeli tidak yakin akan produknya.

2. Fast Respon dan Pelayanan Prima

Karena persaingan yang cukup besar, ada baiknya Anda meningkatkan responsibilitas dan keaktifan interaksi dengan pembeli. Pakai bahasa yang santun dan mudah dipahami untuk menjadi daya tarik bagi pembeli.

3. Cantumkan CP yang Aktif

Untuk meningkatkan ketertarikan dan lead masuk dari Facebook Marketplace, ada baiknya Anda mencantumkan kontak yang bisa dihubungi dan aktif. Sehingga saat Anda tak sedang online di Facebook, pembeli bisa menanyakan produk melalui kontak tersebut.

4. Tawarkan Harga Kompetitif dan Jelas

Jika Anda perhatikan di rekomendasi marketplace yang ada, pasti ada saja penjual yang malas menawarkan harga dengan jelas. Beberapa hanya menuliskan Rp123,00, Rp100,00, bahkan gratis pada produk yang pasarannya cukup mahal. 

Hal tersebut justru akan membuat pembeli malas untuk mencari tahu lebih lanjut terkait produk. Karena penawaran harga yang jelas dan asli wajib Anda buat.

5. Manfaatkan Fitur Promosi 

Karena menjadi salah satu pelopor fitur promosi, ada baiknya Anda memanfaatkannya dengan baik dan bijak. Lakukan analisa pasar, target pasar, dan kompetitor untuk menentukan strategi pemasaran paling efisien. Gunakan filter yang spesifik agar meraih target pasar tepat sasaran.

Gunakan konten menarik, serta lakukan evaluasi secara berkala. Anda juga perlu memperbarui konten iklan sesuai tren pasar atau memanfaatkan event tertentu untuk menarik minat pembeli. Berikan pula diskon dan potongan harga menarik, tentunya dengan perhitungan yang matang agar tidak merugi.

Baca Juga: Ketahui Tips Memberi Added Value di Marketplace pada Produk yang Dijual

Siap Jadi Seller di Facebook Marketplace?

Walaupun punya cukup risiko karena beberapa kekurangannya, tapi peluang kesuksesan penjualan lewat platform ini masih ada. Karena itu, Anda harus belajar cara dan strategi pemasaran yang baik dan punya sikap jujur. Sehingga, meraup omzet jutaan rupiah bukan lagi mimpi. Jadi, masih mau nolak kesempatan tersebut?

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!