FB Ads Manager: Pengertian, Fitur, dan Keuntungannya

FB Ads Manager: Pengertian, Fitur, dan Keuntungannya
fb ads manager

FB Ads Manager merupakan salah satu fitur dari Facebook untuk kebutuhan iklan. Saat ini FB atau Facebook memang bukan sekadar media sosial untuk mengunggah status, baik berupa teks, foto, maupun video. Sebab, sudah banyak yang menggunakannya untuk kebutuhan marketing.

Melalui Facebook, Anda dapat memasang iklan berbayar untuk memasarkan produk maupun layanan Anda. Nanti iklan tersebut bisa Anda kelola menggunakan fitur Facebook Ads Manager ini.

Pengertian FB Ads Manager

Facebook Ads Manager merupakan fitur yang disediakan Facebook saat Anda ingin menjalankan iklan berbayar pada platform tersebut. Bukan hanya FB, sebenarnya fitur ini juga bisa Anda temukan pada Messenger, Instagram, maupun Audience Network.

Bukan sekadar menjalankan iklan, melalui layanan ini Anda juga bisa mengelola iklan Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengolah anggaran, melacak kinerjanya, sampai membuat jadwal iklan akan tayang kapan serta di mana saja lewat Facebook Ads Manager tersebut.

Jika saat ini Anda fokus dalam menerapkan digital marketing untuk pemasaran bisnis, maka mempelajari layanan FB ini merupakan hal yang tak boleh Anda lewatkan. Kemudian bagi yang tertarik menggunakannya, maka sebelum itu Anda perlu membuat serta mengakses FB Business Manager.

Nanti pada Facebook Business Manager tersebut Anda dapat mengelola Facebook Fanpage serta Facebook Ads. Semuanya berada dalam satu wadah secara bersamaan.

Baca Juga: Pengertian, Jenis, dan Cara Kerja Facebook Split Test Ads

Keuntungan Menggunakan FB Ads Manager

Ada beragam manfaat yang Anda peroleh nanti ketika memanfaatkan Facebook Ads Manager, di antaranya:

1. Menawarkan Iklan Secara Menarik

Banyak fitur yang terabaikan, salah satunya fitur yang membantu Anda untuk menghadirkan konten iklan secara menarik. Sekarang, pengguna yang memperhatikan dalam bentuk iklan jumlahnya tak sebanyak beberapa tahun lalu.

Mereka lebih suka melihat iklan yang menghadirkan tampilan visual seperti foto, infografis, maupun video. Untuk itu, Anda memerlukan Facebook Ads Manager sebagai solusi. Layanan dari FB ini memungkinkan Anda untuk menghadirkan sebuah iklan secara menarik sehingga berpeluang lebih banyak untuk ditonton.

2. Membangun Brand

Branding memiliki peran sangat penting dalam menciptakan citra produk dan perusahaan. FB sudah memberikan kemudahan untuk hal tersebut melalui Facebook Ads Manager. Lewat fitur ini, proses membangun branding akan lebih mudah dan tepat sasaran.

Iklan yang Anda munculkan juga lebih banyak menjangkau audiens. Peluang produk maupun perusahaan Anda dikenal banyak orang akan terbuka lebar.

Baca Juga: 11 Manfaat Facebook Ads Extension yang Perlu Diketahui

Fitur-fitur FB Ads Manager

Meskipun banyak yang menganggapnya multifungsi, akan tetapi Anda juga tak bisa secara sembarangan memanfaatkan layanan tersebut. Anda harus benar-benar mempelajari serta memahami fitur-fiturnya sehingga tidak salah dalam menerapkannya.

Adapun beberapa fitur yang tersedia di dalam Facebook Ads Manager antara lain:

1. Commerce Manager

Fitur yang pertama yaitu commerce manager. Sebuah fitur yang memiliki fungsi sebagai pengelola penjualan dari semua katalog yang terdapat di FB. Terdapat hal menarik pada fitur ini yaitu Anda tak perlu mempunyai toko di platform tersebut.

Selain itu, para pengguna juga dapat menggunakan commerce manager ketika ingin memasarkan dagangannya. Meskipun begitu, agar Anda mampu menggunakannya secara maksimal maka Anda perlu mempelajarinya secara baik.

Memang butuh waktu untuk mengetahui bagaimana cara menerapkan commerce manager. Namun ketika Anda sudah menguasainya, Anda dapat mengaplikasikannya secara tepat.

2. Campaign Budget Optimization

Berikutnya ada fitur pada FB Ads Manager yang berfungsi untuk membayar iklan Anda. Tujuan memanfaatkan fitur ini yaitu membuat pengeluaran Anda menjadi terstruktur.

Bukan hanya itu, Anda juga bisa menambahkan maupun menonaktifkan admin di akun FB yang memunculkan ads tersebut. Mengelola fitur ini sangat mudah dan memberikan efisiensi terhadap kebutuhan Anda. Ketika sudah Anda kuasai, Anda bisa dengan mudah mengatur fitur tersebut agar lebih maksimal.

3. Pengelola Iklan

Anda dapat mengelola iklan di FB melalui fitur ini. Orang-orang yang memanfaatkan fitur ini biasanya untuk kebutuhan editing serta duplikat iklan di FB. Bagi yang tak ingin memasang iklan lagi, maka Anda tinggal menghapusnya lewat fitur ini.

Fitur pengelola iklan menyediakan beberapa opsi konfigurasi yang bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan. Anda bisa mengedit, memasang, menghapus, maupun melakukan duplikasi ads. Cara menggunakan fiturnya pun juga mudah.

Baca Juga: 6 Jenis Iklan di Mobil dan Ragam Keuntungannya

4. Creative Hub

Berikutnya ada fitur FB Ads Manager yang membuat para pengguna bisa menguji berbagai jenis iklan, elemen iklan, maupun placing sebelum nanti meluncurkan campaign.

Terdapat beberapa iklan yang dapat Anda uji melalui fitur ini. Misalnya, iklan video, iklan gambar, serta iklan carousel tunggal. Kemudian, Anda juga dapat menguji iklan interaktif maupun iklan slideshow lewat fitur tersebut.

5. Pixel Helper

Fitur FB Ads Manager yang kelima adalah Pixel Helper. Ini merupakan fitur yang bisa membantu Anda ketika ingin mengecek ulang penerapan, menyelesaikan permasalahan piksel, maupun mengetahui bagaimana meningkatkan kinerja iklan. Semua perlu Anda pertimbangkan sebelum meluncurkan campaign.

FB Pixel merupakan kode yang nanti penempatannya di situs Anda. Tujuannya untuk mengumpulkan data lalu melacak konversi dari Facebook Ads. Selain itu, fitur ini juga berguna untuk membangun jaringan audiens serta mengoptimalkan iklan. Misalnya dengan meminta audiens berlangganan newsletter dan menciptakan penjualan

6. Facebook Analytics

Fitur berikutnya yaitu Facebook Analytics yang juga dinamakan sebagai Facebook Insight. Sebuah fitur yang memberikan informasi tambahan seputar kinerja iklan yang Anda tayangkan pada platform FB.

Adapun cara kerja fitur ini tak jauh berbeda dari Google Analytics. Hanya saja fungsinya yang memang khusus untuk Facebook. Melalui fitur ini, Anda bisa melihat metrik pengguna, metrik halaman, metrik keterlibatan, serta demografi pengguna.

Bukan hanya itu, Facebook Analytics juga memungkinkan Anda untuk menyusun kelompok pengguna sehingga lebih mudah dalam tracking audiens. Anda juga dapat membuat tabel pivot untuk kebutuhan pelaporan data yang berlangsung. Kegunaan lainnya yaitu untuk meninjau umur audiens, membuat dashboard, dan lain-lain.

7. Audience Insight

Fitur FB Ads Manager yang ketujuh adalah Audience Insight yang berperan untuk memuat informasi tentang detail tambahan para audiens FB yang tak dapat Anda kumpulkan dari Facebook Analytics. Melalui fitur ini, Anda bisa membangun target audiens secara lebih ideal.

Anda juga bisa mengelompokkannya dengan berdasarkan halaman yang disukai, demografi, data pengguna FB, sampai minat para audiens tersebut. Dengan begitu, Anda mampu membuat pesan penawaran secara tepat sesuai dengan target pasar.

Sudah Paham tentang FB Ads Manager?

Sekian pembahasan seputar Facebook Ads Manager. Kesimpulannya, layanan yang disediakan Facebook ini merupakan layanan yang sangat bermanfaat untuk kebutuhan iklan. Anda harus bisa mempelajari serta menguasai setiap fitur yang ada. Dengan begitu, Anda bisa memaksimalkan layanan tersebut dengan baik. Semoga bermanfaat.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!