Cara Menggunakan Instagram Ads untuk Pemula

Cara Menggunakan Instagram Ads untuk Pemula
Instagram Ads untuk pemula

Bagaimana cara memanfaatkan Instagram Ads untuk pemula? Beriklan melalui Instagram memang menjadi strategi yang efektif untuk kebutuhan marketing. IG merupakan media sosial yang fungsinya bukan sekadar mengunggah konten atau melihat berbagai konten yang sifatnya entertaining.

Akan tetapi, media sosial tersebut juga bisa menjadi sarana marketing yang efektif. Tugas Anda adalah bagaimana menjangkau para target konsumen melalui iklan Instagram atau IG yang Anda posting.

Syarat Membuat Instagram Ads untuk Pemula

Sebelum Anda menggunakan layanan IG ini, ada beberapa ketentuan yang perlu Anda penuhi. Dengan begitu iklan yang Anda unggah tidak sampai di-take down pihak Instagram.

1. Harus Menggunakan Akun Bisnis

Syarat pertama adalah pastikan akun Instagram yang Anda gunakan merupakan akun bisnis. IG bisnis memang merupakan jenis akun yang khusus untuk para pengguna yang fokus mengembangkan bisnisnya. 

2. Akun IG Terkoneksi dengan Akun Facebook

Anda juga harus mempunyai akun Facebook kemudian menghubungkannya ke akun Instagram bisnis. Memang Anda beriklan melalui IG dan mungkin sama sekali tidak akan menggunakan Facebook atau FB sebagai media marketing Anda.

Akan tetapi, pihak Instagram sudah membuat ketentuan bahwa pengiklan harus login akun IG bisnis dan menghubungkannya ke akun FB. Ini merupakan ketentuan yang wajib Anda penuhi.

3. Tidak Beriklan Sesuatu yang Dilarang

Syarat berikutnya bagi yang ingin menggunakan Instagram Ads untuk pemula adalah cara beriklan Anda harus sesuai ketentuan. Pihak IG sudah memberikan batasan seperti apa ketentuan dalam mengunggah iklan ke media sosial Instagram.

  • Iklan tidak memiliki unsur SARA, tidak mengandung sesuatu yang sifatnya sensual, serta tidak sampai menyinggung pihak lain
  • Jika Anda menyertakan link tujuan atau URL, pastikan bahwa halaman website Anda aktif serta tidak hanya berupa one-page site
  • Sebaiknya Anda mengunggah konten dengan kualitas gambar yang bagus
  • Jangan menggunakan foto orang lain tanpa seizinnya

Baca juga: Contoh Iklan Produk Menarik, Bagaimana Cara Membuatnya?

Bagaimana Cara Menggunakan Instagram Ads untuk Pemula?

Setelah memahami beberapa persyaratan saat akan menggunakan Instagram Ads, informasi berikutnya adalah bagaimana langkah-langkah membuat IG Ads tersebut.

1. Buat Akun Instagram Bisnis

Sebagai langkah pertama, Anda perlu membuat akun IG bisnis terlebih dahulu jika belum memilikinya. Melalui akun bisnis ini, Anda bisa memperoleh beberapa fitur tambahan. Misalnya akses pada API Instagram, statistik, serta integrasi terhadap platform marketing IG.

2. Buat Iklan

Setelah pembuatan akun IG bisnis sudah Anda lakukan, sekarang waktunya Anda membuat iklannya. Proses pembuatan iklan bisa Anda lakukan lewat FB Ads Manager maupun Instagram Ads Manager.

Selanjutnya, Anda perlu menentukan format iklan yang Anda inginkan. Instagram menyediakan beberapa opsi seperti iklan dalam bentuk carousel, video, maupun gambar. Pastikan Anda menentukan jenis iklan yang benar-benar sesuai tujuan bisnis dan mampu menarik perhatian target konsumen.

3. Menentukan Target Konsumen

Cara selanjutnya ketika menggunakan Instagram Ads untuk pemula adalah mulailah menentukan siapa yang menjadi target konsumen. Sebaiknya Anda mempertimbangkan beberapa kriteria yang mungkin sudah Anda rumuskan sebelum mulai menentukan siapa konsumen Anda.

Misalnya dengan mempertimbangkan jenis kelamin, lokasi, minat, maupun perilakunya. Pastikan bahwa target konsumen Anda merupakan orang-orang yang cocok menggunakan produk maupun layanan yang Anda tawarkan.

4. Menetapkan Anggaran Iklan

Ketika target audiens sudah selesai Anda tentukan, maka langkah berikutnya adalah menentukan seperti apa anggaran iklan Anda. Di sini Anda memiliki keleluasaan dalam menentukan ada berapa banyak biaya yang akan Anda bayarkan untuk setiap klik atau tayangan.

Perlu Anda perhatikan, pihak Instagram sudah memberikan batasan terkait pengeluaran harian. Batasan juga berlaku pada total pengeluaran iklan Anda sehingga kedua ini perlu Anda cermati sebelum menentukan anggaran iklan.

5. Menentukan Lokasi Iklan

IG Ads juga memungkinkan Anda menampilkan iklan pada beberapa lokasi di Instagram. Misalnya iklan tersebut akan diunggah pada IG Story, Feed, maupun Explore. Ketiganya merupakan opsi yang bisa Anda pilih salah satu atau bahkan Anda bisa menggunakan ketiganya jika dirasa perlu.

6. Mengatur Jadwal Iklan

Masih berkaitan dengan penggunaan Instagram Ads untuk pemula. Langkah berikutnya adalah Anda perlu menetapkan jadwal iklan. Silakan Anda menentukan kapan dan jam berapa iklan tersebut akan tayang.

Perlu Anda perhatikan bahwa ada beberapa jam atau hari di mana pengguna Instagram cenderung lebih aktif. Anda perlu mempertimbangkan kapan waktu yang tepat dan sesuai dengan target audiens yang Anda tuju. Dengan begitu akan lebih banyak target yang memperhatikan iklan yang Anda posting.

7. Memantau Hasil Iklan

Ketika Anda sudah menayangkan iklan, Anda masih harus memantau hasil dari iklan tersebut. Anda perlu memperhatikan statistik seperti jumlah interaksi, jumlah tayangan, maupun biaya per klik.

Ketika Anda memantaunya, Anda akan mengetahui apakah iklan tersebut mendapatkan respons positif atau sebaliknya. Kemudian Anda bisa memanfaatkannya sebagai bahan evaluasi untuk menentukan langkah selanjutnya.

Baca juga: FB Ads Manager: Pengertian, Fitur, dan Keuntungannya

Manfaat Menggunakan Instagram Ads

Setelah mengetahui cara menggunakan Instagram Ads untuk pemula, Anda perlu tahu juga apa manfaatnya. Ada banyak manfaat yang Anda dapatkan ketika mampu memaksimalkan IG Ads, di antaranya:

1. Meningkatkan Brand Awareness

Melalui Instagram Ads, Anda mampu meningkatkan kesadaran merek. Setidaknya 1 miliar pengguna IG aktif setiap hari. Platform tersebut memiliki potensi yang sangat besar sehingga Anda mampu menjangkau banyak target potensial melalui iklan yang Anda tayangkan.

2. Meningkatkan Keterlibatan Pengguna

Beriklan melalui Instagram memungkinkan Anda bisa meningkatkan keterlibatan pengguna terhadap konten yang Anda unggah. Hadirkan visual yang menarik serta kreatif sehingga perhatian pengguna akan tertuju pada konten Anda tersebut.

Anda bisa menampilkan gambar/animasi berkualitas tinggi. Bisa juga melalui video inspiratif serta berbagai format iklan yang lain.

3. Membangun Komunitas yang Loyal

Membangun komunitas yang loyal juga merupakan manfaat saat menggunakan IG Ads. Melalui platform tersebut, Anda bisa berinteraksi dengan para followers lewat beragam fitur. Manfaat fitur-fitur seperti DM, komentar, maupun Stories.

Interaksi yang Anda lakukan akan meningkatkan hubungan yang kuat serta mendalam dengan mereka. Anda juga bisa memberikan dukungan, menerima masukan, maupun menghargai partisipasi para follower Anda tersebut. Ini akan menghadirkan ikatan emosional antara brand dengan follower.

Sudah Paham Cara Menggunakan Instagram Ads untuk Pemula?

Jadi, cara menggunakan Instagram Ads bagi pemula cukup mudah. Namun pastikan Anda memenuhi persyaratan terkait iklan yang akan Anda tayangkan. 

Melalui Instagram Ads, Anda mampu menghadirkan konten yang menarik perhatian target audiens. Kemudian akan timbul kesadaran merek dan membuat mereka akan menjadi konsumen atau pelanggan Anda yang loyal.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!