Instagram Shop: Pengertian dan Cara Mengaktifkannya

Instagram Shop: Pengertian dan Cara Mengaktifkannya

E-commerce telah menjadi tren yang kuat dalam beberapa tahun terakhir. Instagram Shop sebagai terobosan baru Instagram memanfaatkan popularitas ini dengan memberikan platform yang mudah bagi bisnis untuk menjual produk mereka secara online.

Saat ini semakin banyak pengguna yang tertarik untuk berbelanja secara online, sehingga kehadiran fitur Instagram Shop menjadi pilihan yang menarik bagi pemilik usaha. Tujuannya tentu untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan penjualannya.

Apa itu Instagram Shop?

Instagram Shopping adalah fitur dari Instagram yang memungkinkan pengguna menjual dan membeli produk secara langsung melalui Instagram. Fitur ini memungkinkan bisnis atau toko online menandai produk di postingan mereka sehingga pengguna dapat melihat detail produk dan langsung membelinya.

Dengan Instagram Shopping, pengguna dapat menjelajahi katalog produk, melihat gambar, deskripsi, harga, dan informasi lainnya tentang produk yang ditandai oleh bisnis. Ketika pengguna mengklik tombol “Beli Sekarang”, mereka akan diarahkan ke halaman di luar IG untuk menyelesaikan pembelian.

Kehadiran fitur Instagram Shop memberikan pengalaman berbelanja yang lebih menyenangkan dan langsung dapat dilakukan di dalam aplikasi Instagram. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menemukan dan membeli produk yang mereka minati dengan mudah.

Selain itu, fitur ini juga memberikan peluang bagi bisnis untuk meningkatkan kemungkinan produk dilihat oleh konsumen, meningkatkan penjualan, dan berinteraksi dengan pelanggan potensial melalui platform media sosial ini.

Baca Juga: Instagram Bisnis: Pengertian, Fitur dan Cara Buat

Bagaimana Cara Menggunakan Instagram Shopping?

Membuat Instagram Shopping adalah proses yang relatif mudah. Langkah pertama adalah mendaftarkan toko Anda di Instagram. Cara ini sebenarnya mirip dengan cara membuat akun Instagram biasa.

Namun, terdapat beberapa perbedaan dalam proses pendaftaran toko di IG Shopping, termasuk verifikasi dan penilaian kelayakan. Untuk informasi lebih rinci, berikut adalah langkah-langkah cara mendaftar IG Shopping yang perlu Anda ikuti:

1.     Verifikasi Kelayakan Bisnis

Untuk membuat toko online di Instagram, Anda harus membuktikan keberadaan usaha atau bisnis untuk diverifikasi. Oleh karena itu, Anda harus mengkonfirmasi ke Facebook bahwa bisnis Anda memenuhi syarat untuk membuka toko di Instagram.

Proses verifikasi kelayakan bisnis melibatkan memenuhi beberapa persyaratan yang ditetapkan oleh Facebook yang meliputi:

  • Lokasi bisnis berada di negara yang mendukung fitur Instagram Shop.
  • Produk yang dijual memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh Facebook.
  • Menaati perjanjian dan kebijakan perdagangan yang ditetapkan oleh Facebook.
  • Memiliki domain situs web yang digunakan untuk berjualan.
  • Memiliki website dan Facebook Page

Dengan memenuhi persyaratan ini, Anda dapat memastikan kelayakan bisnis Anda untuk membuka toko online di Instagram.

2.     Konversi Akun Instagram ke Akun Bisnis

Langkah selanjutnya adalah mengkonversi akun Instagram Anda menjadi akun Instgaram bisnis. Lengkapi profil dengan informasi yang relevan, seperti jam operasional bisnis, alamat, nomor telepon, dan tautan ke website bisnis atau toko online.

Sambungkan akun toko online Instagram Anda dengan Facebook Page yang sudah Anda miliki. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka profil Instagram bisnis
  • Klik pada opsi “Edit Profil“.
  • Pilih “Informasi Bisnis Publik” dan klik “Halaman“.
  • Jika Anda belum memiliki halaman Facebook, pilih opsi “Buat Halaman Facebook“.

3.     Membuat Katalog Produk

Buat katalog produk yang akan Anda jual di di Facebook Page menggunakan Facebook Business Manager. Anda perlu membuat katalog yang akan menampilkan produk-produk yang Anda jual di toko Instagram.

Ada dua cara untuk membuat katalog produk ini. Pertama, Anda dapat menggunakan metode “mandiri” melalui pengelola bisnis Facebook. Alternatifnya, Anda juga dapat mengintegrasikan katalog melalui mitra platform e-commerce yang telah bersertifikasi.

4.     Aktivasi Instagram Shopping

Setelah membuat katalog, Anda dapat melakukan pengaturan di akun Instagram dengan langkah berikut:

  • Buka akun Instagram yang akan diubah ke akun bisnis
  • Aktifkan Instagram Shopping melalui pengaturan kemudian pilih “sign up for shopping“.
  • Tunggu persetujuan atau peninjauan akun

Proses peninjauan biasanya membutuhkan waktu beberapa hari atau mungkin lebih lama. Untuk memeriksa status Anda, buka bagian “Shopping” di pengaturan akun. Beberapa bisnis mungkin akan menerima notifikasi untuk melengkapi bukti kepemilikan domain situs web.

Jika Anda menerima notifikasi tersebut, ikuti instruksinya sampai proses verifikasi domain selesai agar dapat mengajukan peninjauan akun.

5.     Mengaktifkan Fitur Belanja

Setelah mendapatkan persetujuan dari Facebook, Anda dapat mengaktifkan fitur belanja di Instagram. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur belanja:

  • Buka akun Instagram
  • Pilih opsi “Pengaturan“.
  • Klik pada menu “Bisnis“.
  • Ketuk “Belanja“.
  • Hubungkan katalog produk yang ingin Anda gunakan.
  • Klik “Selesai“.

Sekarang toko online Anda di Instagram sudah aktif dan dapat digunakan. Buatlah konten penjualan yang menarik dengan menggunakan fitur tag produk pada postingan feed dan Insta Story. Untuk menyoroti produk-produk toko Instagram Anda, tambahkan label pada setiap postingan.

Label ini akan memperlihatkan produk yang ditampilkan pada feed dan stories Instagram. Cara melabeli produk pada Instagram mirip dengan proses memposting foto pada Instagram biasa. Anda dapat menambahkan stiker belanja pada stories untuk unggahan IG Shopping.

6.     Mengelola Akun Instagram Bisnis

Kelola akun Instagram bisnis tersebut dengan baik, buat konten interaktif yang menarik minat calon pelanggan, dan terus kembangkan akun Anda agar pengikutnya bertambah dan penjualan semakin meningkat. Unggah konten secara teratur yang bermanfaat bagi target pelanggan Anda.

Baca Juga: Peranan Penting Sosial Media Marketing dan Strateginya

Kenapa Instagram Shop Ditolak?

Jika setelah mencoba langkah-langkah di atas dan ternyata akun Anda belum disetujui, ada beberapa alasan mengapa IG Shopping ditolak.

Beberapa di antaranya adalah karena tidak memenuhi persyaratan dan kriteria yang telah ditetapkan oleh Instagram dan Facebook, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Alasan lain mengapa akun IG Shopping yang Anda ajukan ditolak oleh Instagram antara lain adalah:

  • Halaman Facebook Anda belum menggunakan Shop Template atau template khusus untuk toko.
  • Jumlah pengikut atau kehadiran di akun Instagram bisnis Anda dianggap kurang, karena audiens yang masih terlalu sedikit.
  • Tidak menghubungkan dan memverifikasi domain atau toko fisik yang sah.
  • Bisnis tidak memiliki produk fisik yang dijual.

Pastikan untuk memenuhi semua persyaratan dan mengikuti panduan yang telah ditetapkan agar akun IG Shop Anda dapat disetujui. Setelah disetujui, upayakan untuk selalu memberikan pengalaman terbaik bagi konsumen.

Salah satu hal penting yang mempengaruhi kenyamanan konsumen ketika berbelanja di Instagram Shop adalah kemudahan dalam memilih pengiriman atau kurir. Untuk memberikan kenyamanan ini, Anda dapat menggunakan platform Biteship.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!