Jasa Ekspedisi: Pengertian dan Cara Kerja

Jasa Ekspedisi: Pengertian dan Cara Kerja

Beberapa tahun belakangan, mungkin Anda sering sekali mendengar istilah jasa ekspedisi. Namun, pahamkah Anda apa pengertian dari jasa ekspedisi tersebut? Jasa ekspedisi adalah jasa yang bergerak di bidang pengiriman, mulai dari pengiriman surat, barang berukuran kecil, hingga barang berukuran besar.

Seiring dengan semakin bertumbuhnya marketplace di Indonesia, kebutuhan pengiriman barang baik antar kota maupun antar provinsi juga semakin tinggi. Oleh karenanya, saat ini ada banyak jasa ekspedisi yang bermunculan.

Pengertian Jasa Ekspedisi Adalah

Sebelumnya sudah disampaikan pengertian singkat dari jasa ekspedisi. Lebih lengkap lagi, jasa ekspedisi adalah sebuah perusahaan yang berfokus pada bidang jasa pengangkutan barang yang dilakukan melalui jalur darat, laut, serta udara.

Tujuan dari jasa ekspedisi adalah melayani konsumen yang ingin mengantarkan barang agar sampai ke tempat tujuan dalam waktu yang cukup singkat dengan pelayanan yang efektif dan efisien. Jasa ekspedisi merupakan salah satu jasa yang paling banyak digunakan oleh masyarakat belakangan ini.

Mengenal Cara Kerja Jasa Ekspedisi

Setelah mengenal dan memahami seperti apa pengertian dari jasa ekspedisi, sedikit banyak Anda juga perlu tahu mengenai cara kerja dari jasa ekspedisi yang biasa Anda gunakan untuk mengantarkan barang yang Anda kirimkan atau mengantarkan barang pesanan Anda dari marketplace.

Perusahaan yang bergerak di bidang ekspedisi biasanya akan melakukan beberapa tahapan sebelum melakukan pengiriman, secara singkat dapat dilihat seperti penjelasan di bawah ini:

Memeriksa Barang Masuk dan yang Akan Dikirim

Di tahapan yang paling awal, akan dilakukan screening terhadap semua barang yang masuk untuk dikirimkan. Pemeriksaan awal biasanya dilakukan oleh petugas di kantor cabang pelayanan ekspedisi. Petugas akan menanyakan barang apa yang dikirim dan memastikan tidak ada barang berbahaya.

Semua jasa ekspedisi akan menolak pengiriman barang berbahaya yang melanggar hukum. Hal ini sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan. Jasa ekspedisi tentu tidak mau terlibat apabila ada konsumen yang mengirim barang yang ilegal.

Proses Pengemasan Barang yang Akan Dikirim

Meskipun konsumen sudah mengemas barang sebelum diserahkan ke pihak jasa ekspedisi, biasanya jasa ekspedisi akan memberikan packing tambahan untuk membedakan barang-barang yang akan dikirimkan. Oleh sebabnya, konsumen harus jujur saat ditanya paket apa yang akan dikirimkan.

Treatment untuk paket yang berisi pakaian tentu akan berbeda dengan treatment untuk barang pecah belah atau makanan. Semua paket akan dipisahkan dan dikemas dengan label yang sesuai dengan isi paket tersebut.

Mengurus Administrasi

Sebelum barang diberangkatkan, masih ada proses yang harus dilakukan yakni mengurus administrasi pada pihak-pihak terkait misalnya bea cukai. Terlebih lagi, jika Anda mengirimkan barang-barang seperti furniture yang dipesan dari toko atau sepeda motor.

Tentunya akan ada pemeriksaan administrasi tambahan yang membutuhkan informasi dan data diri penerima secara lebih jelas. Semua ini akan diurus oleh pihak ekspedisi sebelum semua paket diberangkatkan.

Mengecek Transportasi yang Akan Digunakan

Tahap terakhir adalah memeriksa kelayakan transportasi yang akan digunakan. Pengecekkan kendaraan meliputi kondisi fisik kendaraan, kondisi mesin serta driver yang akan mengantarkan paket.

Sama halnya dengan konsumen yang menanti paketnya tiba dengan selamat, pihak ekspedisi pun ingin memberikan pelayanan yang prima pada konsumennya dengan cara mengecek kelayakan kendaraan ekspedisi serta kurir yang akan berangkat.

Mengenal Layanan Logistik Biteship

Jasa ekspedisi adalah jasa pengiriman barang. Mengetahui cara kerja dari jasa ekspedisi kurang lengkap jika Anda belum mengetahui mengenai layanan logistik yang bekerja sama dengan berbagai ekspedisi, Biteship.

Biteship sendiri merupakan sebuah inovasi yang berupa platform yang didirikan pada tahun 2019 oleh Mirsa Sadikin dan Afra Fausan. Platform ini merupakan solusi bagi Anda untuk mempermudah pengiriman yang berkaitan dengan bisnis Anda.

Anda bisa mendapatkan layanan free pick up, COD hingga API Integration hanya dalam satu platform saja. Anda dapat menggunakan layanan Biteship tanpa dipungut biaya dengan cara mendaftarkan bisnis Anda ke halaman Daftar yang ada di website Biteship.

Dengan Biteship, Anda bisa memilih berbagai macam layanan ekspedisi tanpa harus mendatangi dan mengirimkan paket Anda secara langsung ke pihak ekspedisi. Anda pun bisa mengecek berbagai tarif pengiriman seperti contohnya tarif J&T Cargo.

Biteship sudah bekerja sama dengan banyak sekali jasa ekspedisi dan penyedia logistik yang terkemuka dan terpercaya di Indonesia. Beberapa diantaranya yaitu JNE Express, Wahana Prestasi Logistik, GoSend, Paxel, SiCepat, FedEx, J&T, dan masih banyak lainnya.

Sudah banyak pula pebisnis yang mempercayai proses logistiknya melalui Biteship karena terbukti mempermudah dan memberikan kenyamanan baik bagi pebisnis maupun konsumen dalam proses pengiriman barang.

Secara singkat, jasa ekspedisi adalah layanan pengantaran barang melalui berbagai moda transportasi yang dikirimkan ke tujuan tertentu. Sekarang, Anda sudah mengetahui cara kerja dari jasa ekspedisi dan informasi mengenai Biteship, layanan logistic yang menjadi solusi untuk semua konsumen.

Agregator Logistik Sebagai Penyedia Jasa Ekspedisi Terlengkap

Jasa ekspedisi di Indonesia sangat beragam dan banyak jumlahnya. Nama-nama besar yang diketahui masyarakat seperti JNE, J&T, Sicepat, TIKI, dan lainnya merupakan contoh dari jasa ekspedisi. Tentu akan sangat membingungkan dan menyulitkan untuk mengatur pengiriman dari banyak ekspedisi. Mulai dari pembukuan pengiriman, ongkos kirim yang dibayarkan, semua data penting tersebut letaknya terpisah.

Kali ini tidak perlu lagi merasakan kesulitan tersebut. Cukup gunakan platform Biteship agregator logistik terbaik di Indonesia. Dengan menggunakan platform Biteship, Anda akan mendapatkan visibilitas mengenai semua aktivitas pengiriman yang Anda lakukan dari berbagai macam kurir, berikut dengan nominal yang Anda bayarkan untuk ongkos kirim. Kemudian, Anda dapat melakukan download data ini berdasarkan waktu yang Anda kehendaki, jadi fitur ini membuat Anda lebih nyaman untuk merekap data keuangan dan data pengiriman.

Jika Anda seringkali melakukan transaksi COD, platform ini cocok untuk bisnis Anda. Karena platform Biteship dilengkapi fitur-fitur yang mendukung kenyamanan para online seller dengan transaksi COD.

Selain platform dashboard pengiriman, Biteship memiliki beberapa produk lainnya untuk membantu bisnis Anda di sisi logistik. Kunjungi halaman Produk untuk melihat lebih lengkap.

Konsultasikan pengiriman barang skala perorangan atau skala bisnis bersama tim Biteship ke Nomor berikut ini:

WhatsApp tim Biteship

Atau, jadwalkan pertemuan online bersama tim Biteship pada link berikut ini

Jadwalkan Pertemuan.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!