9 Kesalahan dalam Mengembangkan Bisnis yang Harus Dihindari, Catat!

9 Kesalahan dalam Mengembangkan Bisnis yang Harus Dihindari, Catat!

Kesalahan mengembangkan bisnis yang sering terjadi adalah belum adanya rencana yang jelas. Sehingga bisnis pun tidak memiliki planning matang untuk direalisasikan. Business plan sendiri memerlukan perhitungan dan riset yang matang. 

Tujuannya adalah agar bisnis yang Anda rencanakan sebelumnya bisa dijalankan dengan baik. Lantas, selain tidak memiliki rencana, apa saja kesalahan lain yang sering terjadi dan dilakukan dalam memulai sebuah usaha? Yuk, cari tahu selengkapnya di sini!

9 Kesalahan Mengembangkan Bisnis

Ada banyak sekali rintangan yang akan dihadapi dalam menjalankan sebuah usaha. Terlebih jika Anda baru pertama kali memulai bisnis. Karena itu, bagi Anda yang ingin memulai dan mengembangkan usahanya, wajib waspada dan berusaha hindari beberapa kesalahan berikut ini:

1. Tidak Memiliki Perencanaan Bisnis yang Matang

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, perencanaan yang jelas adalah aspek krusial dalam bisnis. Memulai bisnis tanpa adanya perencanaan tentunya bisa menyebabkan bisnis rentan akan kegagalan. 

Sebab, Anda tidak tahu target pasar dari produk maupun jasa yang Anda tawarkan. Selain itu, Anda juga tidak memiliki strategi pemasaran yang tepat atau rencana cadangan ketika bisnis sedang menghadapi tantangan besar.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk Anda memiliki rencana dan tujuan yang jelas. Bahkan, sebelum Anda memulai bisnis tersebut. Sebelum Anda menjalankan bisnis, coba perhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Tentukan produk atau jasa yang ingin Anda tawarkan nantinya. 
  • Setelah itu, pilih strategi pemasaran yang tepat.
  • Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah memperhitungkan persiapan modal untuk memulai bisnis tersebut. 
  • Terakhir, buat rencana cadangan untuk menghindari adanya kerugian dan hal-hal lain yang tidak diinginkan. 

2. Manajemen Keuangan yang Buruk

Kesalahan dalam mengembangkan bisnis selanjutnya adalah manajemen keuangan yang buruk. Tujuan seseorang membangun sebuah bisnis adalah untuk menghasilkan keuntungan. Akan tetapi, jika manajemen keuangan buruk, maka bisnis Anda pun bisa mengalami banyak kerugian. 

Selain itu, bisnis yang Anda jalankan pun bisa terancam bangkrut. Nah, masalah-masalah yang disebabkan oleh manajemen keuangan yang buruk ini di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Salah perhitungan pada arus kas perusahaan.
  • Laporan laba dan rugi yang tidak transparan.
  • Terjadinya penyalahgunaan dan penyelewengan dana perusahaan.

Manajemen keuangan yang sehat akan berdampak pada keberlangsungan bisnis Anda. Sistem keuangan dan pembukuan yang baik tentu akan membantu Anda dalam melihat gambaran mengenai situasi keuangan dari bisnis Anda tersebut. 

3. Tidak Melakukan Riset Pasar

Kesalahan selanjutnya adalah tidak melakukan riset pasar terlebih dahulu. Sebab, dalam memulai sebuah bisnis tentu tidak cukup hanya membuat perencanaan bisnis saja, melainkan juga harus melakukan riset pasar.

Anda perlu melakukan uji produk dan layanan sebelum memulai sebuah bisnis. Jika hal ini tidak dilakukan, maka Anda tidak akan mengetahui apakah orang lain membutuhkan produk atau jasa yang Anda tawarkan atau tidak.

Jadi, akan terasa percuma jika Anda mengembangkan sebuah produk tanpa menemukan segmentasi pasar yang tepat untuk produk maupun jasa yang Anda tawarkan.

Baca Juga: Tips Mudah Memulai Bisnis Rumahan Modal Kecil Untung Besar

4. Tidak Memiliki Relasi Bisnis

Pada kenyataannya, setiap pebisnis perlu memiliki relasi atau jaringan bisnis yang luas. Relasi ini bisa berupa konsumen, supplier, atau influencer. Nah, adanya bantuan dari relasi bisnis yang luas tentunya bisa membantu Anda dalam mengembangkan bisnis. Sehingga bisnis Anda pun bisa dikenal banyak orang. 

5. Mengabaikan Kompetisi

Kesalahan mengembangkan bisnis selanjutnya adalah mengabaikan kompetisi. Sebab, banyak sekali orang yang berpikir bahwa fokus pada diri sendiri dan tidak terpengaruh pada apa yang dilakukan orang lain adalah hal yang benar. 

Padahal, dalam dunia bisnis, Anda tetap harus mengawasi pergerakan dari para kompetitor. Anda harus bisa memetakan bisnis mana saja yang menjadi pesaing di kategori produk yang sedang Anda tawarkan.

Jangan sampai Anda menjual produk yang kualitasnya sama dengan kompetitor, namun mematok harga yang lebih mahal. Karena hal tersebut malah akan membuat Anda kalah bersaing dengan pangsa pasar. Terlebih jika Anda tidak melakukan riset terhadap kompetitor sebelumnya. 

Selain itu, ada juga aspek lain yang perlu Anda ketahui dari persaingan dagang, yakni kejenuhan pasar. Karena itu, Anda perlu melakukan berbagai inovasi untuk terus memperbarui bisnis yang Anda jalankan tersebut. 

6. Tidak Memanfaatkan Teknologi

Kesalahan selanjutnya adalah tidak memanfaatkan teknologi dengan baik. Memanfaatkan teknologi dalam bisnis tentunya bisa membantu Anda untuk mengerjakan berbagai tugas dengan lebih mudah dan efektif.

Jika Anda tidak memanfaatkan berbagai marketplace yang ada, maka jangkauan pasar Anda pun akan terbatas. Bahkan, pelanggan Anda pun akan memilih kompetitor yang menawarkan opsi belanja online. 

Baca Juga: Ketahui Cara Tepat Pemilihan Lokasi Bisnis yang Strategis dan Mudah

7. Kurang Inovasi

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kurang berinovasi akan membuat pelanggan menjadi lebih cepat jenuh. Karena itu, Anda membutuhkan kreativitas agar bisa menciptakan inovasi baru yang merupakan faktor pendukung kesuksesan dari usaha.

Perlu Anda ketahui, tren pasar yang ada akan selalu berubah. Jadi, inovasi produk dan layanan merupakan salah satu cara Anda untuk tetap bisa mengikuti perkembangan tren tersebut. Karena itu, sebagai pelaku bisnis Anda sebaiknya terus berinovasi agar tidak sampai kehilangan pasar. 

8. Mengabaikan Branding

Kesalahan dalam mengembangkan bisnis selanjutnya adalah mengabaikan branding. Padahal, branding diperlukan dalam sebuah usaha untuk menetapkan strategi pemasaran. Selain itu, branding juga berfungsi untuk memperkenalkan produk maupun jasa yang Anda tawarkan kepada calon konsumen. 

Umumnya, ketika membuat business plan, maka Anda sebaiknya juga mempersiapkan branding. Mulai dari mempersiapkan logo, kampanye, hingga menetapkan visi dan misi dari usaha Anda.

9. Tidak Menerima Kritik dan Saran

Kesalahan terakhir yang perlu Anda hindari ketika sedang menjalankan sebuah usaha adalah tidak mau menerima kritik dan saran. Kritik dan saran sendiri sangatlah penting dalam sebuah usaha karena akan membantu Anda dalam memperbaiki kualitas produk maupun jasa yang Anda tawarkan.

Baca Juga: Tantangan Bisnis di Masa Kini, Apa Saja yang Harus Dihadapi?

Sudah Tahu Apa Saja Kesalahan Mengembangkan Bisnis?

Ketika mengetahui apa saja kesalahan mengembangkan bisnis, tentunya Anda bisa lebih berhati-hati dan menghindari hal tersebut. Tujuannya adalah untuk menjaga agar bisnis Anda tetap bisa bertahan dan berkembang dengan baik. Semoga membantu!

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!