7 Cara Menentukan Lokasi Bisnis yang Tepat dan Manfaatnya

7 Cara Menentukan Lokasi Bisnis yang Tepat dan Manfaatnya

Pelaku bisnis manapun pastinya ingin memiliki bisnis yang sukses dan mendapat banyak profit. Salah satu langkah yang bisa Anda lakukan untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan memiliki lokasi bisnis yang strategis.

Namun, untuk menemukan lokasi terbaik, Anda harus mempertimbangkan berbagai faktor pemilihan yang sesuai dengan prioritas dan kebutuhan bisnis. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang bagaimana cara menentukan lokasi yang tepat untuk memaksimalkan peluang pertumbuhan dan profitabilitas bisnis.

7 Tips dan Cara Menentukan Lokasi Bisnis

Berikut ini adalah beberapa cara jitu dalam memilih atau menentukan lokasi yang ideal untuk usaha Anda:

1. Memahami Target Pasar dan Pelanggan

Pertama-tama, identifikasi seperti apa target pasar dan pelanggan potensial yang akan bisnis Anda tuju. Anda bisa melakukannya dengan mempelajari demografi (misalnya usia dan pendapatan) serta kebiasaan orang yang akan Anda jadikan sebagai pelanggan. 

Selain itu, pahami pula lokasi geografis mana yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pelanggan potensial Anda. Misalnya, jika Anda berencana membuka apotek, maka lokasi bisnis yang bisa Anda pilih adalah wilayah padat penduduk atau di dekat fasilitas kesehatan (rumah sakit, puskesmas, atau klinik). 

Berkat analisis ini, Anda dapat mengerucutkan pilihan lokasi yang paling cocok dengan pasar target Anda.

2. Perhatikan Aspek Keterjangkauan dan Aksesibilitas

Cara kedua adalah pastikan lokasi usaha Anda mudah terlihat serta mudah diakses atau dijangkau oleh pelanggan potensial Anda. Pertimbangkan lokasi yang memiliki akses terdekat ke jalan raya, transportasi umum, dan tempat parkir. 

Tak hanya itu, pertimbangkan pula apakah lokasi tersebut dekat dengan pusat-pusat kegiatan komunitas atau area yang memiliki tingkat mobilitas tinggi dari pejalan kaki atau kendaraan. Tujuannya adalah supaya Anda dapat meningkatkan visibilitas bisnis dan minat pelanggan untuk mengunjungi bisnis Anda. 

Sebagai contoh, Anda ingin membuka usaha jajanan pasar atau bisnis kuliner sejenis. Sebaiknya, pilihlah lokasi bisnis yang dekat dengan jalan raya, perumahan padat penduduk, sekolah, gedung perkantoran, dan tempat ramai lainnya. 

3. Cari Tahu Persaingan Bisnis di Sekitar Calon Lokasi

Upaya menganalisis persaingan di lokasi yang dipertimbangkan sangatlah penting untuk Anda lakukan. Pada langkah ini, petakan daftar kompetitor yang ada di sekitar Anda. 

Apabila ada bisnis serupa di sekitar calon lokasi usaha Anda, maka perhatikan apakah keberadaan mereka dapat menjadi ancaman atau justru menciptakan sinergi yang baik. Sebab, upaya ini akan menentukan jumlah omset atau keuntungan bisnis Anda.

Selain itu, pertimbangkan juga apakah ada bisnis pendukung yang dapat memperkuat dan meningkatkan potensi bisnis Anda. Semakin banyak bisnis yang berdiri di dekat lokasi usaha Anda, semakin banyak pula potensi kedatangan pelanggan ke tempat Anda.

4. Pastikan Lokasi Bisnis Memiliki Infrastruktur dan Fasilitas Pendukung

Selanjutnya, pastikan lokasi usaha Anda memiliki infrastruktur dan fasilitas pendukung yang memadai. Mulai dari akses ke listrik, air bersih, sumber bahan baku, transportasi, telekomunikasi, fasilitas kesehatan, dan fasilitas pembuangan limbah bisnis. 

Beberapa pengamat bisnis juga menyarankan untuk Anda juga mempertimbangkan ukuran luas tempat bisnis. Sebab, apabila tempat bisnis Anda terlalu kecil, maka dapat membuat pengalaman belanja pelanggan Anda menjadi kurang baik. 

Namun, bukan berarti Anda harus membuat tempat bisnis Anda terlalu besar, karena hal tersebut malah akan menyulitkan Anda dalam aspek pengelolaan tempat.

Kemudian, periksalah apakah ada regulasi atau perizinan yang perlu Anda patuhi untuk menjalankan usaha di tempat tersebut. Sebisa mungkin jangan mengabaikan aspek ini, karena dapat menyebabkan risiko-risiko bisnis yang tidak diinginkan di kemudian hari.

5. Pertimbangkan Biaya Sewa atau Biaya Beli Tempat Usaha

Cara menentukan lokasi bisnis berikutnya adalah dengan mengevaluasi biaya sewa atau biaya pembelian properti di lokasi yang Anda pertimbangkan, apakah sesuai dengan budget awal atau tidak. 

Dalam menentukan biaya sewa atau biaya pembelian tempat usaha, penting untuk memiliki pemahaman yang jelas tentang kebutuhan dan kemampuan finansial bisnis Anda.

Alangkah baiknya Anda pilih lokasi yang mana memiliki biaya sewa atau biaya beli yang tidak melampaui budget bisnis awal Anda. Langkah ini juga mencakup setiap detail biaya operasional seperti pajak, gaji karyawan, dan utilitas. 

Pada intinya,  lakukan penelitian dan analisis yang komprehensif, serta pertimbangkan semua faktor yang relevan pada artikel ini.

6. Analisis Potensi Pertumbuhan dan Perkembangan Bisnis

Tinjau potensi pertumbuhan bisnis di lokasi yang Anda pilih. Pertimbangkan tren ekonomi dan industri yang terkait dengan bAnda, serta rencana pembangunan di daerah tersebut. 

Pelajari apakah ada pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan di wilayah tersebut dan apakah ada rencana pengembangan infrastruktur atau proyek-proyek pembangunan yang akan meningkatkan nilai properti dan aktivitas ekonomi di lokasi bisnis Anda. 

Selain itu, Anda juga perlu memproyeksikan ukuran dan pertumbuhan populasi di daerah tersebut, tingkat pendapatan, preferensi konsumen, dan kebutuhan yang belum terpenuhi. Memilih lokasi dengan prospek pertumbuhan jangka panjang akan membantu usaha Anda berkembang seiring waktu.

7. Perhatikan Aspek Keamanan dan Lingkungan Lokasi Usaha

Cara terakhir yang perlu Anda lakukan untuk menentukan lokasi bisnis adalah memperhatikan tingkat keamanan, tingkat kejahatan, keberadaan sistem keamanan, dan kualitas lingkungan sekitar. Faktor ini dapat mempengaruhi keselamatan staf, kepercayaan dan kenyamanan pelanggan, serta citra merek Anda.

Namun, perhatikan bahwa faktor keamanan dan lingkungan dapat berbeda di setiap lokasi. Jadi, penting untuk melakukan penelitian, berbicara dengan penduduk setempat, atau berkonsultasi dengan pihak berwenang terkait untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang aspek keamanan dan lingkungan di lokasi yang Anda pertimbangkan.

Baca Juga: Tren Bisnis untuk Tingkatkan Peluang Kesuksesan

Manfaat Menentukan Lokasi Bisnis

Berdasarkan cara-cara di atas, menentukan lokasi usaha yang tepat memiliki banyak manfaat bagi kesuksesan dan pertumbuhan bisnis Anda, antara lain:

  • Lokasi bisnis yang strategis memungkinkan Anda untuk memiliki akses yang mudah dan cepat ke target pasar Anda. 
  • Memberikan peluang besar bagi bisnis untuk berkembang dan mendapatkan pangsa pasar yang lebih besar.
  • Lokasi yang mudah dijangkau dan memiliki aksesibilitas yang baik dapat meningkatkan kenyamanan dan mengurangi hambatan bagi pelanggan yang ingin mengunjungi bisnis Anda.
  • Lokasi yang baik juga dapat menarik dan mempertahankan karyawan yang berkualitas tinggi.

Sudah Siap untuk Memilih Lokasi Bisnis Terbaik?

Baik, itulah sejumlah cara terbaik dalam menentukan lokasi bisnis yang penting untuk membangun usaha yang sukses. Jika Anda ingin mengambil keputusan yang cerdas dan berhasil dalam memilih lokasi yang tepat, artikel ini adalah sumber informasi yang tidak boleh Anda lewatkan.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!