Memahami Bulk Payment dan Manfaatnya Bagi Bisnis

Memahami Bulk Payment dan Manfaatnya Bagi Bisnis
Bulk payment

Ada sebuah kata mutiara yang cukup bagus “Kamu bisa meraih kesuksesan lebih cepat, jika kamu menambah kecepatan bertindak”. Dalam konteks dunia bisnis yang dinamis, memang benar jika efisiensi dan kecepatan termasuk dalam melakukan pembayaran menjadi salah satu faktor kesuksesan.

Seiring berkembangnya teknologi, ada salah satu konsep yang menjadi solusi efektif untuk mengatasi pembayaran, khususnya pembayaran yang kepada banyak mitra bisnis, yaitu dengan bulk payment atau pembayaran massal.

Ketika bisnismu sering melakukan pembayaran ke banyak mitra bisnis dan masih melakukannya dengan cara manual satu per satu, sudah pasti proses ini akan memakan waktu yang lama. Tentu kamu tidak mau membuang waktu sia-sia, bukan?

Untuk mengatasi hal tersebut, kini sudah banyak penyedia layanan keuangan bahkan platform pembayaran digital yang menawarkan fitur bulk payment. Mari memahami apa itu bulk payment dan bagaimana manfaatnya bagi bisnis. Simak, yuk!

Apa itu Bulk Payment?

Bulk payment atau pembayaran massal adalah fitur atau layanan yang merujuk pada proses pembayaran sejumlah besar besar transaksi secara sekaligus. Fitur ini seringkali melibatkan pembayaran kepada sejumlah penerima yang berbeda, seperti ke supplier, vendor, hingga mitra bisnis lainnya.

Dalam pelaksanaannya, pembayaran massal bisa dilakukan melalui berbagai platform atau sistem, termasuk perbankan korporat atau platform pembayaran digital yang menyediakan fitur ini. Sederhananya, konsep fitur ini untuk membayar semua pihak terkait dalam satu proses saja.

Baca Juga: Arti Payment, Jenis dan Manfaatnya

Manfaat Bulk Payment Bagi Bisnis

Berikut beberapa manfaat menggunakan bulk payment bagi bisnis, diantaranya:

  • Proses pembayaran jadi lebih praktis

Dengan menggunakan bulk payment, kamu bisa terhindar dari kesulitan dan kerumitan yang terkait dengan pembayaran jika dilakukan secara manual satu per satu. Artinya, dengan pembayaran massal kamu bisa menghemat waktu, upaya, dan manpower yang dibutuhkan sehingga bisa kamu alokasikan untuk tugas-tugas lain yang harus diperhatikan lebih.

  • Mengurangi risiko keterlambatan pembayaran

Adanya fitur ini akan membantu kamu mengurangi risiko keterlambatan pembayaran dengan memungkinkan kamu untuk menyelesaikan seluruh transaksi dalam satu waktu. Ini memberikan kepastian bahwa semua penerima mendapatkan pembayaran mereka dengan cepat dan tepat waktu. 

  • Lebih mudah dilacak dan dibuatkan pelaporan

Penggunaan fitur ini akan menyederhanakan proses pelacakan transaksi keuangan. Kok bisa? Hal ini karena semua pembayaran bisa dengan mudah dilacak dalam satu sistem atau platform, menyediakan visibilitas yang lebar terhadap cash flow dan keuangan perusahaanmu.

Proses pembuatan laporan juga akan menjadi lebih efisien karena data transaksi tersentral. Dengan demikian, proses pemeriksaan, analisis, dan pelaporan informasi keuangan lebih akurat.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Payment Gateway, Jenis, dan Keuntungannya

Perusahaan yang Cocok Menggunakan Bulk Payment

Sebenarnya, fitur ini cocok untuk berbagai jenis perusahaan, terutama yang memiliki karakteristik tertentu, misalnya terbiasa mengelola transaksi keuangan dalam jumlah volume yang besar.

Berikut ini adalah beberapa contoh jenis perusahaan yang cocok menggunakan bulk payment, antara lain:

  • Perusahaan yang berkaitan dengan penjualan distributor

Bisnis yang menjalankan model penjualan distributor atau agen biasanya memiliki kebutuhan untuk melakukan pembayaran kepada berbagai agen atau distributor mereka. Bulk payment bisa mempercepat proses ini, lho.

Kamu bisa melakukan pembayaran kepada seluruh agen atau distributor dalam satu transaksi massal. Tanpa bulk payment, kamu harus melakukan secara individu dan melakukan satu per satu kepada setiap agen atau distributor, tentu hal ini akan memakan waktu yang lama.

  • Perusahaan di industri Food and Beverage (F&B)

Mengingat dinamika bisnis industri F&B yang melibatkan banyak transaksi dan keterlibatannya dengan berbagai mitra bisnis, fitur ini bisa dimanfaatkan dengan baik agar proses pembayaran kepada banyak mitra semakin praktis.

Biasanya perusahaan F&B juga sering berhubungan dengan berbagai supplier hingga petani untuk memenuhi kebutuhan bahan baku. Fitur pembayaran ini tentunya memudahkan proses pembayaran kepada mereka secara efisien.

  • Perusahaan di sektor E-Commerce dan Ritel

Perusahaan yang beroperasi di sektor E-Commerce dan ritel tentu sudah terbiasa berhubungan dengan banyak supplier, vendor, atau bahkan mitra dropshipping. Nah, sistem pembayaran massal ini akan mempermudah pengelolaan pembayaran kepada mereka secara efisien.

Demikian pembahasan mengenai bulk payment dan manfaatnya untuk bisnis. Kamu bisa mengoptimalkan proses pembayaran menjadi lebih praktis serta menghemat waktu dan tenaga dengan memanfaatkan fitur pembayaran massal ini.

So, sudahkah perusahaan atau bisnismu memanfaatkan fitur bulk payment ini?

 

*Artikel ini hasil kerja sama antara Paper.id dan Biteship

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!