Mengenal Plugin WooCommerce dan Fitur-fiturnya

Mengenal Plugin WooCommerce dan Fitur-fiturnya
plugin woocommerce

Membangun situs e-commerce sendiri merupakan salah satu cara berjualan online yang cukup efektif. Cara untuk membangunnya juga tidak sulit, Anda bisa menggunakan plugin WooCommerce di WordPress.

Pada kesempatan ini, Anda akan mendapatkan penjelasan lebih lengkap mengenai WooCommerce, mulai dari pengenalan, fitur-fitur, hingga manfaatnya. Mari simak bersama penjelasan yang akan disampaikan berikut.

Mengenal WooCommerce

WooCommerce merupakan salah satu jenis plugin yang bisa digunakan untuk membangun toko online dan menyediakan berbagai fitur lengkap untuk mendukung fungsi toko online itu sendiri. 

Dengan plugin tersebut, Anda dapat menampilkan berbagai produk yang akan dijual. Tidak hanya sampai di situ, Anda juga dapat melakukan berbagai kustomisasi jualan online yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

WooCommerce juga menyediakan fitur lain yang mendukung penjualan di toko online. Contohnya adalah fitur untuk analisis pengunjung dan monitoring performa website.

Tidak sedikit perusahaan besar yang memanfaatkan WooCommerce untuk membangun toko online. Contohnya antara lain DRYFT, Discovery Cube Connect, Civapark, dan masih banyak lagi.

Fitur Unggulan WooCommerce

Berikut ini adalah beberapa fitur unggulan yang terdapat di dalam plugin WooCommerce.

  1. Shopping Rule

Shopping rule diperlukan untuk memudahkan konsumen dalam memesan produk. Shopping rule sendiri merupakan berbagai aturan yang diberlakukan kepada pelanggan dalam membeli produk, melakukan pemesanan, pembayaran, dan refund produk jika diperlukan.

  1. Laporan Penjualan

Fitur yang kedua adalah memberikan data berupa laporan penjualan secara rinci. Laporan tersebut memungkinkan Anda memantau kerugian ataupun keuntungan yang didapatkan dari penjualan di toko online. Laporan penjualan tersebut bisa didownload dalam bentuk file CSV dan Excel.

  1. Product Management

Product management diperlukan untuk memudahkan pemilik toko online mengelola barang-barang yang dijualnya serta menjalankan manajemen stok barang

WooCommerce memudahkan Anda untuk menambahkan produk dan detailnya. Anda bisa menambahkan berbagai atribut seperti warna, ukuran, dan sebagainya sesuai kebutuhan.

  1. Payment Gateway

Fitur terakhir ini menyediakan berbagai jenis cara pembayaran yang bisa dipilih pengguna. WooCommerce menyediakan opsi berupa pembayaran digital, transfer bank, hingga Cash On Delivery (COD).

Keuntungan Menggunakan Plugin WooCommerce

Terdapat beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan WooCommerce dalam membangun dan mengelola toko online. Berikut detailnya.

  • Komunitas pengguna WooCommerce sudah besar. Anda bisa berbagi dengan para pengguna lain untuk mendapatkan solusi jika ada masalah selama menggunakan WooCommerce.
  • WooCommerce menyediakan banyak opsi kustomisasi sehingga bisa disesuaikan dengan mudah sesuai kebutuhan Anda.
  • Plugin yang satu ini dirancang khusus untuk WordPress sehingga dapat digunakan secara maksimal.
  • Anda dapat mengukur performa toko karena WooCommerce menyediakan datanya secara detail.
  • Keamanan data Anda dan para pelanggan terjaga dengan baik.
  • WooCommerce responsif dan mobile friendly sehingga masih bisa memberikan tampilan dengan baik ketika e-commerce diakses melalui smartphone.
  • Terdapat banyak fitur yang profesional di WooCommerce.
  • Sangat cocok digunakan untuk berbagai jenis toko, baik yang menjual barang nyata maupun benda-benda digital seperti e-book.

Integrasikan dengan Plugin Andalan Lainnya

WooCommerce bisa Anda integrasikan dengan berbagai plugin e-commerce lainnya. Salah satunya adalah plugin  Biteship. Plugin ini bisa Anda gunakan untuk mengecek ongkos kirim serta pembuatan resi.

Terdapat banyak sekali pilihan kurir yang bisa Anda pilih melalui plugin Biteship tersebut, antara lain JNE, Wahana, GoSend (Gojek), Grab Express, Sicepat, J&T, dan masih banyak lagi. 

Plugin Biteship bisa digunakan secara gratis. Tetapi Anda hanya akan mendapatkan akses ke kurir layanan standar. Untuk mendapatkan akses ke kurir layanan next day, instan, same day, dan cargo, bisa berlangganan layanan Essensials, Standard, dan Premium.

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap mengenai plugin WooCommerce, Anda bisa langsung mengunjungi link berikut https://biteship.com/plugin/.Berdasarkan penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa plugin WooCommerce sangat bermanfaat untuk Anda yang ingin membangun situs e-commerce. Jangan lupa integrasikan dengan plugin Biteship untuk memaksimalkan fungsinya.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!