Market Penetration, Kenali Pengertian dan Strateginya

Saat melakukan peluncuran sebuah usaha, kita tidak dapat melakukannya begitu saja. dibutuhkan analisis pasar serta penyusunan strategi jitu, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengetahui market penetration. Market penetration adalah cara bisnis untuk mengukur produk digunakan pasar. 

Jangan salah, market penetration ini bukan hanya dilakukan sekali saja, tetapi Anda harus melakukannya secara berkala sehingga memastikan bisnis dapat berkembang dengan baik. Bila belum mengetahui masalah market penetration, berikut serba-serbinya. 

Market Penetration Adalah

Sebenarnya, apa itu market penetration? market penetration atau penetrasi pasar merupakan cara bisnis untuk mengukur banyaknya produk maupun jasa digunakan oleh konsumen dibanding dengan pasar produk tersebut. 

Contohnya, kamu merupakan pebisnis cloud kitchen. Cloud kitchen adalah ruang yang dipergunakan untuk menyiapkan makanan khusus delivery order. Kamu memperkirakan 10.000 pebisnis menggunakan cloud kitchen Anda, dan perusahaan Anda dapat menyiapkan 2000 unit. 

Ini membuktikan jika market penetration yang Anda miliki adalah 20%. Bukan hanya itu, market penetration juga menjadi cara yang digunakan untuk mengembangkan strategi agar bisa memperluas cakupan pasar untuk jasa atau produk tertentu. 

Bila total pasar dinilai besar, umumnya pendatang baru di sebuah industri mempunyai harapan cerah agar memiliki market penetration dari potensi bisnis. Bukan hanya itu, dari adanya angka tersebut, Anda dapat mengetahui potensi pertumbuhan industri sehingga Anda mempunyai kepercayaan diri lebih. 

Manfaat Market Penetration Adalah

Setelah membahas pengertian dari market penetration, berikutnya adalah manfaat market penetration ini. Kita harus mengetahui kapasitas dan potensi bisnis sebelum terjun dalam kompetisi pasar. Lebih-lebih jika sudah terdapat perusahaan dengan nama besar yang merajai pasar. 

Dengan menghitung market penetration, berikut sejumlah manfaat yang Anda dapatkan, antara lain:

  1. Lebih Meningkatkan Penjualan

Umumnya, bisnis yang baru saja dibangun akan berfokus pada peningkatan penjualan agar memperoleh keuntungan. Dengan menyusun strategi market penetration, Anda dapat meningkatkan laba perusahaan. 

Hal ini dapat dicapai dengan catatan, Anda harus mendukung produk agar dapat lekas dipasarkan dan tepat sasaran. Dengan menyusun strategi yang tepat, produk bisa ditemukan oleh target konsumen sesuai dengan target pasar. 

  1. Semakin Meningkatkan Ekuitas Merek

Ekuitas merek menjadi salah satu hal yang disukai oleh perusahaan. Hal ini dapat dicapai dengan cara market penetration. Mengapa bisa demikian? Hal ini disebabkan karena ekuitas merek bisa meningkatkan nilai bisnis secara keseluruhan. 

Tentu saja hal ini dapat membuka kesempatan agar semakin memperluas bisnis. Bukan hanya itu, dengan ekuitas merek, perusahaan yang Anda miliki dapat menekan biaya pemasaran dan memberikan harga yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan pesaing. 

  1. Memiliki Posisi Produk yang Lebih Baik

Salah satu kesulitan yang harus dilalui oleh pendatang baru adalah, harus bersaing dengan brand besar yang sebelumnya telah menguasai pasar. Umumnya, kesulitan yang dihadapi ini adalah masalah penetapan harga. 

Tentu tidak mudah bagi pendatang baru untuk memberikan harga lebih tinggi dibandingkan dengan kompetitor yang sudah dipercaya oleh pelanggan. Tetapi, dengan menggunakan market penetration, bisnis baru bisa langsung memasukkan harga yang ingin ditawarkan. 

Walaupun harganya jauh lebih tinggi, bila Anda dapat memposisikan merek dengan benar di pasar, tentu ini bukan menjadi kendala yang besar. 

Cara Melakukan Market Penetration

Untuk melakukan market penetration, berikut sejumlah strategi yang dapat diterapkan, antara lain:

  1. Lakukan Penyesuaian Harga

Untuk melakukan market penetration, salah satu strategi yang umum dilakukan adalah menyesuaikan harga. Pada dasarnya, penurunan harga produk maupun jasa bisa meningkatkan penjualan. 

Namum, harga tidak selalu harus mengalami penurunan. Perubahan harga baik peningkatan maupun penurunan sesudah menganalisis kompetitor menjadi taktik market penetration yang tepat. 

Hal paling penting adalah, penyesuaian harga tidak dilakukan terlalu sering. Jangan sampai Anda terlalu sering melakukan penyesuaian harga dan akhirnya membuat konsumen menjadi bingung, serta menciptakan kesan yang tidak baik mengenai kualitas bisnis Anda. 

  1. Meningkatkan Promosi

Promosi barang maupun jasa menjadi strategi penting market penetration. Bila strategi ini dilakukan dengan baik, hasilnya dapat Anda lihat secara signifikan. Minimal, akan terjadi peningkatan brand awareness. 

Anda dapat memilih melakukan kampanye jangka panjang maupun pendek, tergantung dari kebutuhan serta dana yang ada. Salah satu hal yang harus Anda ingat adalah, hal ini hanya dapat dilakukan sesudah melakukan perencanaan dengan matang. 

  1. Melakukan Perbaikan Kualitas Produk

Agar dapat disukai konsumen, produk atau jasa yang Anda miliki harus mempunyai kualitas yang baik. Hal ini juga akan mempengaruhi kemampuan market penetration pada bisnis. Sehingga, jangan lupa mengembangkan dan memperbaiki kualitas barang yang Anda jual. 

  1. Meningkatkan Penggunaan

Sebenarnya, salah satu cara untuk melakukan market penetration yang cukup ampuh ialah meningkatkan penggunaan barang dan jasa. Anda dapat meningkatkan promosi. 

Bila promosi ini bisa efektif di salah satu lokasi, akan semakin banyak pula orang yang menggunakannya di lokasi tersebut. Akhirnya, penjualan akan semakin meningkat. 

  1. Lakukan Kerjasama 

Anda dapat membentuk kerjasama dengan perusahaan lain agar semakin mudah melakukan market penetration. Banyak cara yang bisa dilakukan, contohnya seperti joint venture. 

  1. Berpikir Kreatif

Kreativitas serta keunikan menjadi hal penting saat melakukan market penetration. Strategi yang monoton akan membuat Anda sulit berkembang. Oleh sebab itu, bila dapat menawarkan hal baru untuk konsumen, tentu ini bisa lebih meningkatkan penjualan pasar. 

  1. Lakukan Diversiifikasi

Diversifikasi menjadi taktik market penetration yang dapat dilakukan agar perusahaan dapat masuk ke pasar yang baru. Hal ini dilakukan dengan cara membuat produk baru sesuai pasar. 

Market penetration adalah hal yang penting bagi kelangsungan bisnis. Apakah Anda sudah memahami masalah market penetration ini dengan baik? Bila sudah, berarti Anda siap bersaing dengan competitor.  

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!