Penyebab Percobaan Pengiriman Shopee Express Gagal & Cara Mengatasinya

Penyebab Percobaan Pengiriman Shopee Express Gagal & Cara Mengatasinya
percobaan pengiriman Shopee Express gagal

Saat Anda membeli barang di Shopee, paket dikirimkan ke rumah lewat kurir ekspedisi. Kurir akan mengirim barang ke alamat dan memastikannya telah sampai dengan tepat. Lalu bagaimana kalau percobaan pengiriman Shopee Express gagal? Artikel ini menyajikan faktor penyebab dan cara mengatasinya.

5 Penyebab Paket Shopee Express Gagal Terkirim

Berikut 5 faktor penyebab utama yang mengakibatkan percobaan pengiriman gagal Shopee Express, yaitu:

1. Identitas yang Tidak Jelas 

Faktor pertama, berkaitan dengan alamat. Seringkali kurir menemukan identitas yang tidak jelas saat mengirimkan paket. 

Banyak para pengguna Shopee yang tidak menuliskan identitas dengan benar. Misalnya, nama pengguna yang dibuat tidak sesuai nama di KTP. Nah, ini yang membuat para kurir kesulitan mencari nama Anda.

Tidak hanya itu, ada yang menulis alamat tidak lengkap. Seharusnya, Anda menulis alamat domisili secara lengkap atau memberikan arahan pada kurir sehingga mereka gampang mencari alamat tujuan pengiriman. 

2. Paket Masih Berada di Drop Point

Penyebab selanjutnya yang mengakibatkan paket orderan belum sampai tepat waktu adalah jadwal pengiriman barang. Barang dari pihak penjual masuk ke drop point sudah melebihi waktu yang tertulis di status pengiriman. 

Biasanya, kurir akan mengirimkan orderan Anda maksimal jam 4 sore. Apabila barang sampai di drop point melebihi jam 4 sore, paket orderan Anda akan dikirimkan esok hari.

3. Cuaca Buruk

Cuaca yang buruk ini adalah salah satu pemicu para kurir tidak mengirimkan paket Anda. Sehingga, percobaan pengiriman Shopee Express gagal

Jika tetap melanjutkan pengiriman, takutnya orderan Anda rusak. Apabila barang yang diterima oleh pembeli rusak, bisa saja pembeli tidak mau menerimanya. 

Akibatnya, para kurir rugi dan akhirnya mereka mengganti barang meskipun ada beberapa barang yang dapat di-refund. Jadi, apabila di daerah Anda saat itu hujan lebat mohon bersabar untuk menunggu paket datang.

4. Nomor Telepon Tidak Dapat Dihubungi

Selain alamat dan alasan di atas,  nomor telepon yang tidak pernah Anda update mengakibatkan pengiriman shopee express gagal. Sebab, nomor telepon yang aktif sangat penting bagi kurir. Misalnya, untuk menanyakan alamat yang benar saat kurir salah alamat atau yang lainnya.

Selain itu, nomor telepon yang aktif justru dapat mempermudah kurir dan juga Anda untuk memantau barang. Jika kurir tidak bisa mengirimkan di hari yang seharusnya, mereka akan menghubungi Anda.

5. Pengiriman yang Overload 

Pengiriman yang overload biasanya terjadi pada hari spesial dan hari besar. Pasalnya, di tanggal-tanggal tersebut pihak Shopee sering membagikan voucher gratis ongkir dan potongan harga. Dengan begitu, banyak orang yang belanja barang di Shopee. 

Dengan banyaknya barang yang harus dikirim, tentu menimbulkan kendala selama pengiriman. Oleh karena itu, Anda perlu bersabar dan memaklumi keadaan di lapangan tersebut.

Baca Juga: Cara Cek Resi Shopee Express Semua Layanan Pengiriman

5 Solusi Atasi Percobaan Pengiriman Gagal Shopee Express

Percobaan pengiriman gagal Shopee Express memang sering terjadi. Gagalnya pengiriman ini dapat membuat beberapa orang galau karena orderannya tak kunjung sampai. Berikut 5 cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kondisi tersebut, yaitu:

1. Cek Nomor Resi

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan yaitu melihat nomor resi pengiriman barang. Anda dapat melacak posisi barang melalui resi tersebut. 

Apabila pada pelacakan tertera pesanan Anda masih berada di warehouse, bisa saja terjadi penumpukan barang di gudang. 

Kondisi tersebut sangat mungkin terjadi, apabila jumlah keseluruhan pesanan disana overload. Pada posisi ini memang tidak dapat dipungkiri, jika pesanan Anda tidak sampai tepat waktu. 

Nah, Anda tidak perlu khawatir barang hilang ataupun tidak dikirimkan. Jadi, tunggu saja hingga orderan Anda datang. 

2. Hubungi Pihak Customer Service

Langkah kedua yang dapat Anda gunakan yaitu menghubungi pihak customer service pihak Shopee. Kontak darurat ini berfungsi untuk menanyakan atau melakukan komplain perihal barang yang Anda terima maupun kegagalan proses pengiriman barang. 

Dengan menghubungi pihak Shopee langsung, tentu kendala dari permasalahan percobaan pengiriman barang yang gagal akan cepat teratasi. Kontak darurat ini dapat Anda lihat di aplikasi Shopee. 

3. Menghubungi Pihak Penjual

Cara mengatasi percobaan pengiriman Shopee Express gagal tentu saja dengan menghubungi pihak penjual. Apalagi, jika dalam satu bulan barang tidak sampai.

Nah, jangan ragu untuk menanyakan barang pesanan Anda ke mereka melalui fitur chat di Shopee. Nantinya, mereka akan membantu untuk melacak posisi barang pesanan. 

Biasanya, mereka akan menanyakan nomor pesanan dan nomor resi pengiriman. Dengan menghubungi pihak penjual, Anda bisa segera mendapatkan jawaban atas kekhawatiran tersebut.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Gratis Ongkir di Shopee, Anti Ribet!

4. Minta Pengiriman Ulang Barang

Cara berikutnya, Anda dapat meminta pengiriman ulang barang. Biasanya, barang yang gagal terkirim akan kembali ke gudang Shopee. Setelah Anda mengkonfirmasi informasi yang salah, maka barang akan dikirim ulang.

Misalnya, ada typo pada alamat yang Anda cantumkan. Akibatnya, barang gagal sampai tujuan pengiriman. Maka, Anda harus segera memperbaiki kesalahan informasi tersebut. Tujuannya agar barang segera dikirimkan oleh kurir ke alamat.

Di samping itu, permintaan pengiriman ulang barang ini berfungsi agar orderan Anda masuk kembali ke proses pengiriman selanjutnya. Sehingga orderan Anda sampai dalam kondisi yang baik. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan barang pesanan dalam kondisi utuh.

5. Melakukan Pembatalan Pengiriman

Melakukan pembatalan pengiriman bisa dikatakan dapat merugikan pihak penjual. Namun, ini adalah langkah terakhir kalau Anda tidak mendapat balasan pasti dari pihak penjual tersebut.

Maka dari itu, sebelum melakukan pembatalan pengiriman, alangkah baiknya untuk melakukan konfirmasi ke pihak penjual terlebih dahulu agar. Selain tidak merugikan mereka, itu juga cara agar Anda tidak masuk blacklist pembeli mereka.

Meski begitu, biasanya barang yang sudah keluar nomor resi tidak bisa dibatalkan oleh pembeli. Oleh karena itu, Anda harus lebih hati-hati dan waspada saat belanja online di Shopee.

Baca Juga: Cara Cek Resi Standard Express Shopee 2023

Siap Cegah Pengiriman Shopee Express Gagal?  

Masalah percobaan pengiriman gagal Shopee Express ini memang sering terjadi. Ada banyak faktor yang menyebabkan percobaan pengiriman gagal. Oleh karena itu, pastikan Anda lebih teliti dalam memasukkan alamat tujuan maupun nomor telepon. 

Jika sudah terlanjur terjadi meski Anda sudah memasukkan alamat yang benar, segera hubungi pihak penjual. Tanyakan penyebab keterlambatan pengiriman kepada mereka secara pasti. Dengan begitu, penjual akan membantu mengecek status pengiriman pesanan.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!