11 Plugin Wajib WordPress Terupdate 2023

WordPress merupakan salah satu Content Management System (CMS) dengan fitur terlengkap. Ada banyak plugin juga yang mendukung fungsinya. Kali ini terdapat rekomendasi plugin wajib WordPress yang bisa Anda pakai untuk memaksimalkan laman web.

Setiap plugin memiliki fungsi berbeda. Anda dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan masing-masing website. Tanpa berlama-lama lagi, mari simak rekomendasinya di bawah ini.

Rekomendasi Plugin Wajib WordPress

  1. JetPack

JetPack merupakan salah satu plugin yang wajib Anda install. Di dalamnya terdapat fitur lengkap yang mencakup fungsi beberapa plugin sekaligus. Fiturnya antara lain grammar correction, mobile theme, social media share, blog subscirber, statistik pengunjung, dan masih banyak lagi. 

Fungsi dari JetPack sendiri adalah meningkatkan performa website sekaligus menghindarkannya dari brute force. 

  1. Contact Form 7

Selanjutnya ada Contact Form 7 yang fungsi utamanya adalah memudahkan pengunjung web untuk mengontak Anda sebagai pemilik atau pengelolanya. Plugin ini sangat berguna untuk pemilik website online store, company, maupun blog.

Menariknya, plugin ini bisa dipakai secara gratis. Di dalamnya terdapat beberapa fitur keren seperti mode khusus pelanggan, menu drop down, checkbox persetujuan, serta upload dan attach file.

  1. Google Drive For WordPress

Kalau punya website, Anda harus bersiap untuk kemungkinan terburuk. Misalnya website tidak bisa diakses atau hilang karena ulah pihak tidak bertanggung jawab. Untuk mengantisipasi hal ini, Anda perlu melakukan backup data web secara rutin.

Agar lebih mudah, Anda bisa memanfaatkan plugin Google Drive for WordPress. Plugin ini mampu membackup website secara realtime. Itulah mengapa Google Drive for WordPress masuk dalam list plugin wajib WordPress.

  1. WP Super Cache

Loading website harus dibuat sesingkat mungkin. Pasalnya, kecepatan loading akan berpengaruh terhadap peringkat indeks Google. Untuk meningkatkan kecepatan loading website, Anda bisa menggunakan WP Super Cache.

Plugin ini mampu menyimpan cache dari website secara statis. Jadi, saat ada pengunjung membuka website akan diarahkan ke cache tersebut sehingga loading berjalan lebih cepat.

  1. WP Smush

Fungsinya agak mirip dengan WP Super Cache, yaitu mempercepat waktu loading website. Bedanya, WP Smush lebih fokus untuk mempercepat loading website yang memiliki banyak konten gambar.

Cara kerjanya adalah membantu website untuk meng-compress setiap gambar sehingga menjadi lebih ringan untuk dimuat. Satu hal menarik dari plugin ini adalah compress yang dilakukan bisa mengurangi ukuran file foto sampai 90% tanpa mengurangi kualitasnya.

  1. Yoast SEO

Yoast SEO adalah plugin yang membantu website Anda agar bisa tampil di urutan nomor 1 hasil pencarian. Itulah mengapa Yoast SEO menjadi salah satu plugin wajib WordPress.

Semua jenis website wajib menginstall plugin yang satu ini untuk mendatangkan traffic lebih besar. Yoast SEO sangat cocok untuk para pemula karena user friendly. Lebih dari itu, plugin ini juga punya kinerja yang powerful.

  1. WooCommerce 

Selanjutnya ada WooCommerce. Plugin WooCommerce sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin membangun toko online atau e-commerce sendiri.

Plugin satu ini sudah menyediakan fitur yang sangat lengkap untuk membuat sebuah e-commerce yang proper. Anda bisa mengatur layout dan desain, mengelola barang-barang yang akan dijual, serta melakukan banyak kustomisasi sesuai keperluan.

  1. Biteship

Biteship menjadi salah satu plugin WordPress wajib untuk website e-commerce. Plugin yang satu ini menawarkan fitur untuk pengecekan ongkir serta pembuatan resi otomatis yang terhubung dengan berbagai ekspedisi di Indonesia.

Anda bisa menginstall Biteship secara gratis tetapi hanya akan mendapatkan kurir reguler. Jika ingin mendapatkan opsi kurir lebih banyak seperti opsi kurir same day, cargo, dan sebagainya, Anda dapat membayar biaya langganan per bulan atau per tahun.

Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai plugin Biteship, kunjungi link berikut ini https://biteship.com/plugin

  1. MailChimp for WordPress

Email marketing masih menjadi strategi marketing yang powerful sampai saat ini. Kalau Anda ingin mempraktikkan cara pemasaran seperti ini, ada satu plugin yang cocok bernama MailChimp for WordPress.

Fungsinya adalah untuk membuat daftar nama pelanggan, membuat formulir untuk keikutsertaan, serta mengelola campaign di email secara efektif.

  1. MonsterInsights

MonsterInsights merupakan salah satu plugin wajib WordPress untuk Anda yang ingin menambahkan Google Analytics ke website. Ada beberapa fitur menarik yang dimiliki oleh MonsterInsights.

Fitur tersebut antara lain statistik yang diupdate secara realtime, ads tracking, pemantauan posting dan download populer, grafik returning visitor, serta data demografi. Lengkap, bukan?

  1. Smash Balloon

Rekomendasi plugin yang terakhir ada Smash Balloon. Plugin yang satu ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin menampilkan konten dari media sosial di website.

Smash Balloon seperti menggabungkan fungsi dari beberapa plugin seperti Social Wall, Feeds for Youtube, Custom Twitter Feeds, Social Photo Feed, dan Social Post Feed. Tentunya tidak semua plugin wajib WordPress di atas harus Anda install seluruhnya. Pilih saja beberapa plugin yang dapat mendukung fungsi dari website Anda sendiri.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!