Plugin WordPress yang Wajib Diinstall untuk Toko Online

Plugin WordPress yang Wajib Diinstall untuk Toko Online
plugin WordPress yang wajib diinstall

Tertarik untuk mengembangkan bisnis melalui online shop? Saat ini membuat toko online bisa Anda lakukan dengan sangat mudah melalui WordPress. Terdapat beberapa plugin WordPress yang wajib diinstall agar toko online Anda menjadi lebih berkembang.

Masing-masing plugin tersebut memang punya peran penting untuk kebutuhan e-commerce. Tidak harus Anda pilih seluruhnya, hanya saja Anda cukup menggunakan satu atau beberapa plugin yang memang paling cocok untuk kebutuhan website Anda.

Baca juga: Plugin WordPress: Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya

Rekomendasi Plugin WordPress yang Wajib Diinstall

Berikut beberapa rekomendasi plugin yang bisa Anda install untuk toko online.

Plugin Biteship

Rekomendasi pertama adalah sebuah plugin untuk toko online dari Biteship. Plugin tersebut hadir dengan fitur ongkir serta pengiriman yang memang dibuat khusus untuk kebutuhan e-commerce.

Plugin ongkos kirim serta pengiriman ini sudah banyak menjadi andalan para pemilik online shop. Anda juga akan mendapatkan pilihan kurir yang sangat banyak sehingga customer dapat menyesuaikan kurir sesuai kebutuhannya. Selain itu, plugin Biteship ini juga sudah kompatibel dengan Shopify dan WooCommerce.

Dengan menggunakan plugin dari Biteship, Anda dapat memaksimalkan penjualan produk Anda langsung dari website secara aman dan nyaman. Para customer pun akan mendapatkan pengalaman berbelanja yang menyenangkan dan mungkin tidak akan ragu untuk kembali membeli di toko Anda.

WooCommerce

Salah satu platform e-commerce paling populer ini tersedia secara gratis. Meski demikian, ternyata WooCommerce menyediakan beragam fitur yang sangat membantu Anda untuk membangun website e-commerce secara lengkap.

Ketika Anda menggunakannya, Anda bisa menggunakan beragam add-ons premium. Misalnya tema, plugin, ekstensi, maupun tool keamanan yang dapat Anda integrasikan langsung ke WooCommerce. Dengan begitu fungsionalitas toko akan meningkat.

WooCommerce juga menawarkan komunitas global sehingga Anda dapat berbagi masalah dan menemukan solusi. Ini sangat penting karena ketika Anda mengalami masalah, Anda dapat mencari solusi melalui komunitas tersebut.

Bukan hanya itu, WooCommerce juga sudah mendukung Yoast SEO. Jadi, Anda berpeluang bisa meningkatkan peringkat online shop Anda di SERP.

Baca juga: Cara Menambah Plugin Pengiriman di Website WooCommerce

BigCommerce

Berikutnya ada plugin WordPress yang wajib diinstall yaitu BigCommerce. Di dalamnya terdapat sistem manajemen dan hosting sendiri. Untuk Anda yang ingin bergabung dengan plugin tersebut, Anda perlu mendaftar terlebih dahulu.

BigCommerce termasuk produk SaaS atau Software as a Service. Itu artinya, Anda sebenarnya tidak memilikinya melainkan harus mengeluarkan biaya berlangganan agar terus menggunakan layanannya.

Di pasaran, plugin BigCommerce kerap menjadi pilihan untuk orang-orang yang menjalankan bisnis toko online berskala besar. Terdapat fitur yang memudahkan Anda dalam urusan manajemen penjualan multi-channel pada satu control panel.

Trafik maupun volume pesanan di toko Anda akan cenderung lebih tinggi. Ditambah lagi, BigCommerce juga mendukung AMP atau Accelerated Mobile Pages, sebuah format untuk melakukan optimasi terhadap website e-commerce pada perangkat mobile serta halaman mesin pencari.

Spectra

Berikutnya ada plugin WordPress yang wajib diinstall yaitu Spectra. Ini merupakan plugin khusus untuk page builder yang bisa Anda gunakan secara gratis. Anda dapat memanfaatkannya untuk menyesuaikan situs WordPress tanpa perlu punya kemampuan di bidang pemrograman.

Spectra dapat berfungsi dengan baik untuk kebutuhan editor Gutenberg WordPress. Inilah yang menjadikan plugin tersebut memang cocok untuk siapa saja yang ingin fokus ke dunia web development.

Dengan Spectra, Anda dapat menambahkan formulir, animasi, memberi rating bintang, dan berbagai elemen yang lain ke halaman website. Hal tersebut akan membantu Anda dalam mengoptimalkan pengalaman para pengguna.

Wordfence

Jika Anda memerlukan plugin yang mampu memberi keamanan secara terjamin, Wordfence merupakan solusinya. Keamanan website memang harus selalu menjadi prioritas yang tidak boleh Anda abaikan.

Wordfence menawarkan beragam fitur yang Anda butuhkan seperti deteksi malware, perlindungan login, serta pencegahan terhadap adanya trafik berbahaya. Biasanya ketika Anda selesai melakukan instalasi plugin ini, nanti dashboard Wordfence akan memunculkan beragam data seputar keamanan website.

Beberapa informasi yang muncul seperti serangan yang diblokir, firewall, sampai pemindaian masalah keamanan. Adanya fitur keamanan login membantu Anda untuk mengaktifkan kemampuan two factor authentication pada halaman admin WordPress.

Bagi yang pertama menggunakan Wordfence, sudah tersedia fitur atau mode tutorial. Anda dapat memanfaatkannya untuk mencoba beragam fitur yang ada. Jadi Anda bisa terhindar dari kesalahan penggunaan fitur dan Wordfence akan mampu Anda gunakan secara lebih efektif.

Baca juga: Cara Install Plugin Pengiriman dan Cek Ongkir di Shopify

AIOSEO

AIOSEO atau All in One SEO Pack juga merupakan salah satu plugin WordPress yang wajib diinstall. Banyak sekali fitur yang bisa Anda gunakan seperti mengecek keyphrase, link, meta description, panjang konten, dan lain-lain.

Selain itu, AIOSEO juga menyediakan fitur yang akan menampilkan informasi tentang skor SEO secara menyeluruh. Kemudian Anda akan ada rekomendasi tentang bagaimana cara untuk meningkatkan skor tersebut.

Ada juga fitur yaitu pengelola redirect. Fitur ini sangat berguna bagi Anda agar dapat memastikan para pengunjung selalu diarahkan menuju halaman yang benar.

Sudah Paham tentang Plugin WordPress yang Wajib Diinstall?

Seperti itulah beberapa plugin WordPress yang harus Anda install pada website toko online yang Anda dirikan. Masing-masing plugin akan menjalankan tugasnya dengan baik untuk mengembangkan bisnis Anda sehingga menjadi lebih baik. 

Bagi yang memerlukan plugin terpercaya untuk memudahkan proses pengiriman dan pembayaran di online shop Anda, maka percayakan pada Biteship. Sebuah platform yang menawarkan kemudahan untuk menjalankan operasi bisnis secara efektif dan efisien. 

Dukungan beragam jenis pengiriman baik reguler, instant, kargo, maupun pengiriman luar negeri sudah tersedia. Info lebih lengkap, Anda bisa langsung mengakses website Biteship.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!