Aplikasi QR Code Generator Gratis untuk Pribadi dan Bisnis

Aplikasi QR Code Generator Gratis untuk Pribadi dan Bisnis

Saat ini membuat kode QR sangat mudah karena sudah banyak aplikasi QR code generator yang dapat Anda gunakan. Setiap aplikasi tersebut menawarkan keunggulannya masing-masing. Untuk itu, dalam memilihnya pastikan Anda menentukan aplikasi yang memudahkan Anda untuk membuat kode QR.

Pengertian QR Code Generator

QR Code Generator merupakan aplikasi yang digunakan untuk menyimpan pada dalam QR code, contohnya teks maupun alat situs. Selain itu, ini merupakan tool yang membantu Anda untuk bisa membuat kode QR dengan mudah dan cepat.

Ketika Anda selesai membuat kode QR tersebut, Anda dapat langsung men-download serta menempelnya pada website, marketplace, akun media sosial, dan lain-lain. Anda juga bisa mencetaknya lalu menjadikannya sebagai display baik di outlet maupun toko.

Kumpulan Aplikasi QR Code Generator

Setelah memahami pengertiannya, lalu apa saja aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk membuat kode QR? Berikut pembahasannya.

1. QR TIGER

Aplikasi pertama yang dapat Anda gunakan yaitu QR TIGER, sebuah aplikasi yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat kode QR dengan mudah. Aplikasi ini cocok untuk penggunaan pribadi maupun profesional.

Proses pembuatan kode QR dengan QR TIGER yang terbilang mudah menjadi alasan mengapa aplikasi ini cukup populer. Anda juga dapat mempersonalisasi kode QR tersebut sesuai kebutuhan.

Setelah selesai membuat kode QR, Anda dapat menyimpan pengaturan tertentu dan menggunakannya kembali jika membutuhkannya. Menggunakan aplikasi ini juga tidak perlu sign up dan membayar alias gratis.

2. Usercode

Aplikasi QR code generator yang kedua adalah Usercode. Proses pembuatan kode QR menjadi sangat praktis dengan hadirnya aplikasi online ini. Anda dapat menggunakan berbagai tools yang ada untuk membuat kode QR dengan beragam format sesuai kebutuhan.

Melalui Usercode, Anda dapat membuat format link, kartu nama, teks, lokasi, dan lain-lain. Terlebih aplikasi tersebut tersedia secara gratis sehingga tidak perlu biaya apa pun untuk menggunakannya. 

Kelebihan lain Usercode yaitu mendukung banyak format kode QR. Hanya saja, untuk orang-orang yang baru pertama menggunakan aplikasi tersebut mungkin perlu waktu memahami menu dan tools yang ada.

3. Mobile Barcodes

Berikutnya ada Mobile Barcodes yang memudahkan Anda ketika ingin membuat kode QR tanpa mengeluarkan biaya. Melalui aplikasi ini, Anda dapat membuat kode QR baik untuk formulir, email, link, website, serta URL.

Untuk menggunakan Mobile Barcodes, Anda cukup meng-copy URL yang Anda pilih. Setelah itu, paste pada kolom URL pada website. Kemudian Anda tinggal klik “Submit” dan tunggu beberapa saat lalu Anda bisa mendapatkan kode QR sesuai yang Anda inginkan.

Meskipun begitu, kemampuan yang disediakan Mobile Barcodes cenderung terbatas. Jika Anda menginginkan kombinasi logo dan warna yang dapat Anda personalisasi, maka aplikasi ini bukan untuk Anda.

4. Unitag

Aplikasi QR code generator selanjutnya ini juga sangat mudah karena proses pembuatan kode QR hanya sekali klik. Di dalam Unitag juga terdapat banyak fitur untuk membantu Anda membuat kode QR yang keren. Misalnya ada template, pengaturan latar, pemilihan warna, maupun konfigurasi yang lain. 

Saat ini, Unitags menjadi salah satu aplikasi yang populer untuk pembuatan QR code. Tampilannya yang cukup sederhana menjadi alasan mengapa banyak yang memilih Unitag daripada aplikasi lain.

Bukan itu saja, bagi Anda yang ingin membuat kode dengan logo dan warna maka Unitag adalah jawabannya. Kelebihan ini tidak banyak Anda temukan pada aplikasi pembuat kode QR yang lain.

Baca Juga: Apa Itu E-wallet? Pengertian, Kelebihan & Kekurangan serta Contohnya

5. QRky

Aplikasi lain yang juga recommended untuk pembuatan kode QR yaitu QRky. Aplikasi yang satu ini tidak kalah berkualitas dari aplikasi yang sebelumnya telah dibahas. Fitur-fiturnya pun juga Anda temukan di aplikasi pembuat QR code yang lain.

Selain itu, QRky juga dapat Anda gunakan secara gratis. Akan tetapi, yang menjadi pembeda yaitu Anda tidak terganggu iklan selama menggunakannya. Berbeda dengan aplikasi lain di mana ada iklan yang tiba-tiba muncul di tengah proses pembuatan kode QR. 

Aplikasi yang rilis pada Agustus 2021 tersebut ternyata memiliki jumlah pengguna yang lumayan baik. Setidaknya 10.000 lebih orang yang telah mengunduh QRky di Play Store. 

6. uQR.me

UQR.me juga menjadi pilihan aplikasi QR code generator yang tepat. Salah satu kelebihannya yaitu aplikasi tersebut memungkinkan Anda bisa membuat kode QR secara mudah dan fleksibel. Tinggal Anda pilih bermacam-macam kode QR yang sesuai kebutuhan.

Pada uQR.me, tersedia beragam format dan Anda dapat memanfaatkannya dengan mudah. Biasanya mereka menggunakan aplikasi ini untuk pembuatan link, V-card, lokasi, SMS, dan URL.

Tampilan yang sederhana memungkinkan uQR.me bisa digunakan oleh yang pertama kali mencoba membuat kode QR. Meskipun begitu, jika Anda menginginkan fitur-fiturnya secara lengkap, maka Anda harus menggunakan versi premium alias versi berbayar.

7. ForQRCode

Dari namanya saja sudah menunjukkan bahwa aplikasi tersebut fungsinya untuk membuat QR code. Menggunakannya juga gratis dan cocok untuk keperluan pribadi maupun bisnis. Untuk kualitas kodenya juga bagus dan tersedia beragam format file, seperti EPS dan SVG.

Lalu, fitur-fitur yang Anda dapatkan tidak jauh berbeda dengan aplikasi pembuatan kode QR lainnya. Dengan ForQRCode, Anda bisa membuat kode QR untuk berbagai tujuan seperti URL, SMS, formulir, website, Google Maps, WiFi, dan lain-lain.

ForQRCode juga support banyak perangkat mobile. Dengan begitu, aplikasi ini bisa menjadi alternatif jika Anda ingin mencari aplikasi dengan kualitas yang bisa diandalkan.

8. Visual Lead

Aplikasi kedelapan yaitu Visual Lead yang sebenarnya cukup berbeda dari aplikasi lain. Pada Visual Lead ini terdapat teknologi WQR code dengan tampilan yang artistik serta terintegrasi pada computer eyesight, machine learning, matematika komputasi, dan lain-lain.

Meskipun begitu, teknologi yang tersedia membuat aplikasi tersebut belum tersedia secara gratis. Meskipun demikian, jika Anda benar-benar mencari aplikasi pembuat kode QR dengan logo yang dapat Anda custom, maka aplikasi ini pilihan tepat.

Visual Lead juga support berbagai perangkat seluler. Jadi, meskipun berbayar namun sesuai dengan kemampuan yang ditawarkan pada para penggunanya.

Mana Aplikasi QR Code Generator Pilihan Anda?

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi QR code generator alias pembuat kode QR. Di antara semua deretan aplikasi yang dijelaskan di atas, mana pilihan terbaik untuk Anda? 

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!