Quality Control: Arti, Peran, Manfaat, dan Tips Merekrut Staf QC

Quality Control: Arti, Peran, Manfaat, dan Tips Merekrut Staf QC
quality control

Quality control adalah sebuah proses pemeriksaan kualitas produk (barang / jasa) dengan tujuan memastikan bahwa mutu produk yang diproduksi telah sesuai dengan standar tertentu. Dalam prosesnya, perusahaan bisa memperbaiki produk supaya kualitas lebih baik lagi.

Pada prosesnya, quality control dilakukan oleh staf QC yang akan bertanggung jawab penuh mengenai kualitas suatu produk sebelum akhirnya didistribusikan ke pasar. Dalam melakukan tugasnya, QC bekerjasama dengan QA sebab berada di departemen yang sama.

Peran Quality Control untuk Gudang

Tugas staff quality control adalah menguji kualitas dan kuantitas produk saat proses produksi. Kemudian melakukan pengecekan ke gudang hingga produk siap dikirimkan kepada konsumen.

Pada dasarnya, pengendalian mutu akan melaporkan kepada pihak manajer untuk memastikan apakah produk telah layak untuk dijual atau tidak.

Di sektor pergudangan, fungsi quality control adalah untuk memastikan bahwa tidak terjadi kerusakan pada produk setelah melalui proses bongkar muat di gudang.

Dalam prosesnya, produk yang telah sampai di gudang akan diambil, dikemas, kemudian dikirimkan kepada pembeli. Aktivitas gudang yang kompleks tentu menimbulkan risiko terjadi kerusakan pada kondisi dan kualitas produk.

Untuk menghindari hal tersebut, maka perusahaan perlu menerapkan quality control. Tujuannya tidak lain adalah memastikan keadaan barang mulai dari gudang hingga proses pengiriman.

Selain menerapkan quality control, perusahaan juga sebaiknya menghadirkan pilihan jasa kirim lebih variatif sebagai upaya memberikan pengalaman belanja menyenangkan pada pelanggan. Salah satu software Shipping terbaik dan terlengkap yang bisa dijadikan referensi adalah Biteship.

Kenapa Harus Merekrut Staf Quality Control?

Bagi pelaku usaha, merekrut staf untuk bergabung tentu membutuhkan anggaran lebih. Namun, jangan lupa bahwa bisnis Anda akan sulit berkembang tanpa bantuan pekerja profesional.

Salah satu posisi penting yang tidak boleh kosong di perusahaan Anda adalah staf quality control. Dengan begitu, mutu produk dagangan Anda tetap terjaga dan konsumen juga merasa puas.

Di era digital saat ini, Anda bisa merekrut ahli QC secara permanen atau temporary. Jadi, bisa sesuaikan dengan budget perusahaan. Jika Anda berencana merekrut staff permanen, maka sebaiknya perhatikan beberapa kualifikasi di bawah ini:

  • Memiliki sertifikasi di bidangnya
  • Berpengalaman
  • Memiliki wawasan di bidang operasional
  • Mengantongi surat referensi dari perusahaan sebelumnya

Sementara itu, untuk perusahaan startup atau sedang berkembang dan hanya memiliki kebutuhan quality control secara musiman, maka dapat mempekerjakan staf QC dari perusahaan outsourcing.

Baca Juga: Stock Opname Adalah

Tugas Staff Quality Control Adalah?

Salah satu jenis pekerjaan di bidang quality control yang memiliki peran besar dalam keberhasilan mengontrol mutu adalah sebagai staff QC atau quality controller.

Staff QC biasanya bekerja di area gudang karena tugas utamanya adalah memeriksa produk milik perusahaan, kemudian memastikan jika produk yang akan dipasarkan berada dalam kondisi bagus.

Tidak hanya itu, staff QC juga harus memastikan jika proses produksi barang sudah sesuai pedoman eksternal dan spesifikasi internal. Namun, tidak jarang jika staf QC juga harus melakukan pencatatan mengenai bahan produksi yang mengalami kerusakan, produk uji ulang, reject, dan sebagainya.

Manfaat Quality Control

Dalam implementasinya, quality control akan memberikan ragam manfaat bagi pelaku usaha. Karena tidak dapat dipungkiri, bahwa salah rahasia kesuksesan bisnis terletak pada kualitas produk.

Bagi Anda yang membangun toko online di platform marketplace, seperti Shopee dan ingin sukses menjadi Star Seller Shopee dengan angka penjualan tinggi. Anda wajib menerapkan prinsip QC. Hal tersebut sangat penting untuk memastikan bahwa produk yang dijual berkualitas bagus.

Jika konsumen merasa suka dengan produk tersebut, maka otomatis akan memesan kembali. Selain menguntungkan dari segi branding produk, quality control juga dapat memberikan benefit lain bagi perusahaan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Menjaga Kepuasan Konsumen

QC bisa menjaga kepuasan konsumen berbelanja di toko Anda. Pasalnya, saat memproduksi barang yang telah diperjualbelikan (bisnis sudah berjalan). Pastinya ada standar tertentu pada produk yang akan melekat di hati konsumen. Oleh karena itulah, kepuasan konsumen harus diprioritaskan.

  1. Meningkatkan Efisiensi

Seperti telah disebutkan, bahwa quality control adalah upaya untuk mempertahankan mutu produk. Apabila berhasil dalam penerapannya, maka bisa membawa banyak manfaat. Salah satunya adalah meningkatkan efisiensi, baik dari segi waktu, tenaga, dan produksi.

  1. Proses Produksi Lebih Konsisten

Quality control terbukti efektif dalam menjaga konsistensi dari proses produksi, termasuk kualitas produk. Saat melaksanakan QC, pasti terdapat standar yang telah ditentukan sejak awal.

Dalam proses produksi, quality control bertugas memastikan jika setiap orang menjalankan pekerjaannya dengan baik. Termasuk staf produksi yang harus memproduksi barang sesuai standar perusahaan. Dengan begitu, produk yang diproduksi hasilnya sesuai dengan ekspektasi.

Baca Juga: Tips Pengiriman Barang Elektronik

Pendapatan dan Tips Merekrut Staf Quality Control

Gaji staf di bagian QC sangat bervariasi, karena sangat tergantung pada posisi atau jabatan yang dimiliki. Namun, untuk level staf QC, penghasilannya berada di kisaran angka Rp3.000.000 per bulan. Akan tetapi, untuk posisi yang lebih tinggi, gajinya bisa mencapai Rp15.000.000 per bulan.

Sementara itu, jika Anda berencana mempekerjakan staf quality control, maka ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Untuk memudahkan proses perekrutan, Anda bisa menerapkan beberapa tis di bawah ini:

  • Melakukan riset mengenai kriteria staf yang dibutuhkan oleh perusahaan.
  • Memastikan bahwa perusahaan benar-benar mengetahui kebutuhan operasionalnya.
  • Menentukan tipe staf yang ingin direkrut, apakah permanen atau sementara.
  • Mempertimbangkan jumlah anggaran yang dimiliki perusahaan.
  • Aplikasikan berbagai macam metode perekrutan, mulai dari memanfaatkan platform media sosial, forum, relasi atau referral, hingga menggunakan hiring tools, misalnya Workmate.

Dalam bisnis, quality control adalah salah satu komponen penting yang memiliki pengaruh besar terhadap pertumbuhan perusahaan. Pasalnya, kualitas produk yang akan didistribusikan secara luas sangat bergantung pada pelaksanaan quality control.

Baca Juga: Pengiriman Instant Adalah

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!