Rekomendasi Kurir untuk Pengiriman Makanan Paling Cepat dan Handal

Rekomendasi Kurir untuk Pengiriman Makanan Paling Cepat dan Handal
rekomendasi kurir untuk pengiriman makanan

Pada masa kini, kemajuan teknologi dalam bidang bisnis membuat usaha kuliner semakin maju. Bukan hanya untuk memesan makanan, tetapi juga mengantar makanan kepada konsumen tujuan. Makanya, Anda mesti tahu apa rekomendasi kurir untuk pengiriman makanan yang paling terpercaya.

Apa Saja Rekomendasi Kurir untuk Pengiriman Makanan?

Berikut list beberapa kurir tepercaya untuk bisnis F&B.

Grab

Salah satu rekomendasi perusahaan pesan antar makanan yang cocok untuk bisnis kuliner adalah Grab, tepatnya GrabFood dan GrabExpress. Jasa ini siap mengantar paket makanan ke tujuan yang lokasinya beraneka ragam.

Tergantung dari jenis layanan yang Anda butuhkan, Grab mampu mengantar pesanan paling cepat dua jam dan paling lambat enam jam. Sebagai catatan, layanan pesan antar yang cepat dari Grab hanya berlaku jika pembeli memesan makanan sebelum jam 4 sore.

Gojek

Berikutnya ada lagi perusahaan kurir yang banyak digunakan oleh orang di Indonesia untuk mengirim segala macam paket, yaitu Gojek. Jenis-jenis layanan pesan antar makanan yang terdapat pada Gojek, yaitu GoFood, GoSend, dan GoMart.

Rekomendasi kurir untuk pengiriman makanan ini tersedia di banyak kota di Indonesia dan sudah sangat berpengalaman. Jasa ini menyediakan dua macam layanan pesan antar, yaitu Instant (3 jam sampai) dan SameDay (6 jam sampai).

ShopeeFood

Rata-rata konsumen lebih banyak mengetahui Shopee sebagai aplikasi belanja online yang sering memberikan diskon setiap bulan. Ternyata, situs belanja online ini juga punya fitur berupa ShopeeFood sebagai sarana pesan antar makanan.

ShopeeFood ini melibatkan aplikasi saudaranya bernama ShopeePay untuk mengatur transaksi antara konsumen dengan penjual makanan. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan kedua aplikasi ini untuk mempermudah bisnis kuliner pesan antar.

Lalamove

Rekomendasi kurir untuk pengiriman makanan berikutnya adalah Lalamove, yang banyak dikenal oleh warga Jakarta dan sekitarnya. Perusahaan ini mampu mengantarkan makanan jadi, makanan beku, dan bahan makanan segar ke tangan konsumen.

Rentang area usaha Lalamove ialah di kawasan Jabodetabek, namun kini sudah dapat mencapai Kota Bandung dan bahkan Surabaya. Hanya saja, jasa kurir ini hanya sanggup mengirim makanan beku atau makanan kaleng di luar area usahanya.

NFD

Sama seperti Lalamove, perusahaan Nusantara Food Delivery atau NFD awalnya hanya beroperasi di kawasan Jabodetabek. Namun kini, jasa kurir makanan yang satu ini sudah melebarkan bisnisnya ke kota-kota di luar sekitaran Jakarta.

NFD sudah berpengalaman selama 25 tahun lebih dan memiliki ongkir pesan antar yang ramah kantong. Bagi Anda yang menjalankan usaha kuliner yang berskala UMKM, layanan NFD bisa jadi merupakan pilihan yang paling tepat!

Paxel

Pilihan rekomendasi kurir untuk pengiriman makanan yang terakhir ialah Paxel, yang mampu mengantar makanan melalui berbagai jenis layanan. Contohnya adalah PaxelBox, PaxelBig, PaxelMarket, hingga Paxel Sameday tergantung dari kebutuhan Anda.

Perusahaan pesan antar barang ini rata-rata beroperasi di kota-kota besar, terutama di wilayah Jabodetabek. Jasa kurir ini bukan hanya mengirim makanan siap antar saja, tetapi juga jajanan tradisional dan bahan makanan segar.

Baca juga: Tips Memilih Jasa Pengiriman Makanan untuk Pribadi dan Bisnis

Tips Mengirim dan Memilih Layanan Pesan-Antar Makanan

Anda jangan gegabah dalam mengirim dan memilih layanan pesan antar makanan untuk mengirim pesanan kepada para pembeli. Ini dia beberapa tips penting yang patut Anda perhatikan sebelum memilih jasa pesan antar untuk usaha kuliner.

Kemas Makanan/Minuman dengan Benar

Sebelum memilih salah satu rekomendasi kurir untuk mengirim makanan di atas, Anda sebaiknya mengemas pesanan konsumen dengan benar. Pastikan agar wadah pada makanan atau minumen tersebut sudah diatur dan disegel supaya tidak tumpah.

Beberapa layanan kurir ada yang siap untuk mengemas makanan pesanan konsumen sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun, ada kalanya di mana Anda harus mengemas makanan itu sendiri tanpa bantuan perusahaan kurir.

Setiap bahan makanan butuh pengemasan yang benar demi menjaga kesegaran dan rasanya selama perjalanan. Untuk makanan dan minuman panas, Anda memerlukan wadah yang bisa menjaga agar hidangan itu tetap panas hingga ke tangan konsumen.

Sementara itu, makanan dan minuman dingin perlu Anda kemas dalam wadah yang bisa mengatur suhunya supaya tetap rendah. Anda perlu mencari jasa kurir yang memiliki sarana khusus seperti truk dengan mesin cooler untuk mengirim kuliner bersuhu dingin.

Utamakan Layanan Same-Day Delivery

Tidak ada pembeli yang suka menunggu lama. Makanya, dari sekian rekomendasi kurir untuk pengiriman makanan, carilah kurir yang siap mengantar pesanan dengan instan.

Jika pesanan tidak bisa diantar secepat mungkin, Anda sebaiknya memanfaatkan layanan same-day service. Kendati layanannya tidak secepat pengiriman instan, paling tidak makanan bisa tiba di tangan konsumen pada hari itu juga.

Kurir Harus Terjangkau Ongkosnya dan Mudah Dilacak

Mau itu layanan kurir yang luas jangkauannya atau mempunyai batasan, kemudahan pelacakan pesanan wajib Anda perhatikan. Jangan sampai kuliner yang sudah pembeli pesan tiba-tiba menghilang di tengah jalan, sebab nanti Anda yang akan disalahkan.

Ongkos pun sebaiknya Anda perhitungkan pula, apakah kurir siap menyelaraskan ongkir untuk setiap jenis makanan atau ada perbedaan ongkir pada jenis makanan tertentu. Selalu utamakan kurir yang biayanya terjangkau untuk usaha Anda.

Baca juga: Layanan Same Day: Ketentuan, Biaya, dan Cara Menggunakannya

Mana Pilihan Rekomendasi Kurir untuk Pengiriman Makanan untuk Bisnis Anda?

Pemilihan jasa kurir untuk mengantar makanan pesanan konsumen dapat berdampak besar pada usaha kuliner Anda. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya memilih perusahaan kurir yang tepat agar pesanan tersebut cepat sampai. Supaya mudah, mengapa Anda tidak memakai layanan perusahaan Biteship saja?

Biteship merupakan salah satu usaha ekspedisi di Indonesia yang jangkauan usahanya luas, bahkan sampai ke luar negeri. Bagi Anda yang membutuhkan layanan pesan antar kuliner yang sifatnya instan atau same-day, perusahaan Biteship bisa mencarikannya untuk Anda.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!