Strategi Gratis Ongkir, Solusi Cerdas Meningkatkan Penjualan

Strategi Gratis Ongkir, Solusi Cerdas Meningkatkan Penjualan
Strategi gratis ongkir

Strategi gratis ongkir bisa menjadi salah satu langkah efektif dalam menarik minat calon konsumen. Banyak dari mereka yang malah mengurungkan niatnya setelah tahu barang yang akan dibelinya ternyata ongkos kirimnya mahal. Lebih lanjut, menurut Survei Katadata Insight Center dan Sirclo, konsumen menyukai promo gratis ongkir.

Bahkan, persentase orang yang menyukai promo gratis ongkir saat belanja online bisa mencapai 61,6%. Jadi, sebagai penjual, Anda perlu menerapkan strategi tersebut sehingga penjualan produk Anda meningkat. Hanya saja dalam menerapkannya perlu ada pertimbangan tersendiri agar strategi ini berjalan sesuai yang Anda harapkan.

Strategi Gratis Ongkir yang Terbukti Efektif

Berikut beberapa cara yang dapat Anda terapkan untuk membuat penjualan produk semakin meningkat lewat promo gratis ongkir.

1. Hitung Secara Cermat

Sebelum Anda mulai menginformasikan adanya promo gratis ongkos kirim, Anda perlu melakukan perhitungan secara cermat. Ini penting karena jangan sampai ternyata Anda mengalami kerugian setelah Anda memberi konsumen Anda promo gratis ongkir.

Terdapat beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memberi promo tersebut. Misalnya mengecek ada berapa jumlah stok produk yang akan Anda tawarkan. Pertimbangkan juga berapa banyak keuntungan yang Anda peroleh setelah produk terjual semua.

Pastikan bahwa laba produk yang Anda tawarkan masih memiliki sisa keuntungan setelah Anda kurangi dengan biaya ongkir. Maka dari itu, perhatikan betul perhitungan ini dan jangan sampai merugi.

2. Tetapkan Minimal Belanja

Agar bisnis Anda tidak boncos ketika menerapkan program ini, sebaiknya Anda mulai menentukan berapa batas minimal belanja yang harus dilakukan pembeli. Misalnya, pembeli akan memperoleh bonus gratis ongkir dengan minimal belanja sebesar Rp50.000,00.

Jadi, ketika pembeli melakukan transaksi dengan pembelian sebesar nominal tersebut, mereka secara otomatis berhak memperoleh gratis ongkir. Untuk besar dan kecilnya subsidi ongkir pada masing-masing pembeli biasanya tidak sama. Ini karena Anda harus menyesuaikan alamat pengirimannya.

3. Beri Batas Waktu Promo Gratis Ongkir

Selain menetapkan biaya minimal belanja, di sini Anda juga harus memberikan batas tertentu. Cara tersebut juga efektif untuk membuat promosi yang Anda lakukan menjadi lebih menarik. Dengan begitu, para konsumen akan memaksimalkan promo ini sebaik mungkin sebelum waktu promonya habis.

Contohnya, program gratis ongkir berlaku mulai tanggal 7 sampai 7 untuk setiap bulannya. Bisa juga Anda menetapkan strategi gratis ongkir tersebut pada momen tertentu saja yaitu bertepatan dengan Tahun Baru, Idul Fitri, Hari Kemerdekaan, dan lain-lain.

Selain bertujuan untuk menghemat pengeluaran, langkah tersebut juga dapat mendorong konsumen melakukan pembelian. Mereka akan merasa bahwa tidak boleh melewatkan kesempatan gratis ongkos kirim tersebut sehingga segera melakukan transaksi pembelian dan menyelesaikannya.

4. Berlakukan Batasan Wilayah

Mengirim produk ke seluruh Indonesia sudah pasti memerlukan biaya pengiriman sangat besar. Apalagi untuk lokasi pengiriman yang memang sangat jauh dari tempat bisnis Anda.

Lalu bagaimana solusi untuk hal tersebut sementara Anda tetap ingin menawarkan promo gratis ongkos kirim? Solusinya adalah Anda harus memberlakukan batasan wilayah yang sekiranya bisa dijangkau melalui promo tersebut.

Contohnya, lokasi bisnis Anda berada di Kota Jakarta. Jadi, promo gratis ongkos kirim yang dapat Anda berlakukan yaitu khusus konsumen yang lokasinya di wilayah Jabodetabek maupun Pulau Jawa.

Baca juga: Strategi Promosi Bisnis untuk Pemula

5. Hindari Menaikkan Harga

Sistem gratis ongkos kirim memang bertujuan untuk menekan biaya melalui pengurangan margin keuntungan. Harapannya penjualan produk Anda meningkat sehingga bisa menutupi margin laba yang relatif kecil tersebut.

Untuk itu, dalam menerapkan strategi gratis ongkir sebaiknya Anda tidak menaikkan harga normal, lalu Anda gratiskan ongkirnya. Jika Anda melakukan cara ini malah akan membuat para pelanggan pergi dan mencari toko lain. Apalagi jika kompetitor Anda menawarkan harga lebih murah.

Belum lagi kesan negatif yang akan Anda dapatkan. Reputasi yang menurun malah menjadi sebab penjualan produk Anda menurun. Jadi, sebaiknya Anda jangan sampai menaikkan harga produk dari harga normalnya.

6. Beri Subsidi Ongkir Pada Produk Tertentu

Saat Anda menemukan beberapa produk yang ternyata belum mampu mencapai target penjualannya, langkah yang harus dilakukan yaitu memberi subsidi ongkir. Cara tersebut dapat menjadi strategi yang efektif karena akan membuat produk memperoleh eksposur lebih sehingga calon pembeli melirik dan membelinya.

Langkah ini sudah banyak yang menerapkannya dan terbukti berhasil. Maka dari itu, tidak ada salahnya Anda menerapkan promo gratis ongkir untuk produk yang tingkat penjualannya cenderung lesu. Jika memang perlu, jangan ragu menambahkan subsidi ongkirnya.

7. Berikan Promo Gratis Ongkir untuk Pelanggan Pilihan

Strategi gratis ongkir berikutnya ini bisa Anda terapkan dengan tujuan membangun serta meningkatkan loyalitas konsumen. Di sini Anda perlu memberikan promo gratis ongkir khusus untuk pelanggan yang memenuhi syarat serta ketentuan yang berlaku.

Contohnya, pelanggan akan memperoleh kupon gratis ongkir setelah mendaftarkan email. Bisa juga promo tersebut berlaku hanya bagi para pelanggan yang berlabel premium. Agar Anda tetap memperoleh keuntungan, jangan lupa menetapkan batas maksimal nominal ongkir yang akan ditanggung.

8. Membatasi Jumlah Pembelian

Program gratis biaya kirim terkadang dimanfaatkan para pelanggan agar mereka tidak mengeluarkan biaya pengiriman yang cenderung mahal. Pada akhirnya, mereka memutuskan membuat pesanan dalam jumlah banyak sekaligus. Dengan begitu, para pelanggan tersebut memperoleh gratis ongkir.

Untuk menghindari hal seperti ini, sebaiknya Anda melakukan pembatasan terkait jumlah pembelian. Contohnya, dengan membuat ketentuan bahwa pelanggan hanya dapat memanfaatkan promo gratis ongkir sekali saja.

Baca juga: 9 Contoh Promosi Produk untuk Meledakkan Penjualan Anda

Sudah Paham tentang Strategi Gratis Ongkir?

Agar strategi gratis ongkos kirim yang Anda terapkan memberikan hasil sesuai harapan, Anda bisa memanfaatkan layanan dari API Biteship. Terdapat fitur custome rates yang sangat bermanfaat bagi para penjual.

Fitur custom rates memungkinkan Anda menyesuaikan ongkos kirim sesuai yang diinginkan. Dengan begitu, promo yang Anda lakukan dapat berjalan maksimal. Selain itu, Anda dapat menjalankan strategi gratis ongkos kirim di atas dengan tepat.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!