Bazar: Pengertian, Tujuan, dan Strategi Pemasaran yang Tepat

Bazar: Pengertian, Tujuan, dan Strategi Pemasaran yang Tepat

Perubahan dunia bisnis terjadi secara signifikan, dimana banyak yang beralih ke bisnis online untuk mengikuti jaman. Padahal, masih banyak upaya yang dapat dicoba seperti mengikuti bazar. Bazar adalah pasar yang diselenggarakan secara khusus dalam jangka waktu tertentu.

Dengan event semacam ini akan memudahkan Anda dalam mempromosikan produk hingga menjual barang secara cepat. Namun dengan syarat harus menerapkan strategi yang cepat supaya ide jualan menjadi laris.  

Pengertian Bazar Adalah?

Menurut KBBI, pengertian bazar adalah suatu pasar yang diadakan dalam jangka waktu selama beberapa hari. Bazar juga dapat diartikan sebagai kegiatan yang dilakukan untuk menjual berbagai macam barang kerajinan, makanan, minuman dan lainnya yang sebagian hasilnya untuk amal.

Selain KBBI, bazar sebenarnya masih memiliki banyak sekali pengertian. Berikut ini pengertian bazar menurut beberapa ahli yang penting diketahui:

  1. Nassahzadeh

Nassahzadeh mengungkapkan bahwa bazar bukan hanya merupakan pusat penjualan di sebuah tempat, tetapi juga sebagai pusat sosial, budaya, dan berbagai kegiatan religius yang bisa memberikan pengaruh terhadap masyarakat.

Contoh bazar adalah adalah bazar pakaian atau fashion, bazar berbagai barang kerajinan, bazar buku sekolah, bazar berbagai macam makanan yang kekinian, dan lain sebagainya.

  1. Neghtingale

Neghtingale menyebutkan bahwa bazar sebenarnya merupakan suatu istilah dari orang Persia yang diberikan pada negara timur lainnya untuk pameran harian atau pasar umum.

Baca Juga: Toko Offline: Pengertian, Fungsi dan Strategi untuk Bertahan

Berbagai Tujuan dari Bazar

Setiap kegiatan yang diselenggarakan sudah pasti memiliki tujuan, tak terkecuali bazar. Terdapat banyak sekali tujuan dari adanya sebuah bazar, di antaranya yaitu:

1. Mendapatkan Banyak Pembeli

Melalui bazar, pemilik usaha dapat memperkenalkan produk kepada pengunjung. Meskipun hanya diselenggarakan dalam beberapa hari, tetapi peluang yang bisa dimanfaatkan untuk melebarkan bisnis sudah terbuka lebar.

Bahkan bukan tidak mungkin, Anda bisa mendapatkan banyak pembeli secara langsung. Hal ini karena bazar pada umumnya selalu memiliki banyak pengunjung.

2. Peluang Menghasilkan Transaksi

Ketika bazar sedang berlangsung, disarankan untuk mengoptimalkan transaksi penjualan dengan berbagai macam cara. Mulai dari pemberian kupon hadiah, diskon, dan bonus menarik yang lainnya.

Anda bisa membuat sebuah stand khusus untuk menarik minat pengunjung yang datang. Usahakan selalu menjaga kerapihan dan kebersihan stand.

3. Menembak Audiens Secara Tepat

Bagi yang memiliki segmentasi pasar khusus, bazar bisa dijadikan cara tepat untuk menjaring pasar yang dituju. Konsumen yang datang untuk sekedar melihat mungkin memang banyak. Namun yang pasti, ada puluhan hingga ratusan konsumen yang hadir dengan tujuan untuk memburu produk yang Anda tawarkan.

4. Memahami Potensi Kompetitor

Selain memiliki banyak pengunjung, bazar adalah pasar yang diikuti oleh banyak pelaku usaha. Anda nantinya akan bertemu dengan pelaku usaha yang notabene merupakan pesaing.

Maka dari itu, dengan adanya bazar Indonesia ini akan membantu untuk mendapat informasi mengenai pesaing. Mulai dari harga produk, kualitas produk, produk andalan, atau hanya sekedar untuk mengetahui sampai mana perkembangan usaha yang sudah dilakukan.

5. Menambah Network

Bazar sudah pasti mengundang banyak pihak yang berhubungan dengan industri. Mulai dari prinsipal, pemasok, investor, distributor, media, lembaga riset, dan tentunya calon pelanggan.

Hal tersebut pastinya menjadi peluang yang dapat memperluas kemitraan, bukan tidak mungkin bisa menjalin kerja sama. Jadi bisa dibilang, event bazar menjadi media marketing yang sangat kuat.

6. Mempelajari Pembeli Secara Langsung

Bazar menjadi sarana untuk memvalidasi produk yang Anda jual. Disinilah Anda nantinya bisa mengobrol secara langsung dengan calon pembeli yang mampir ke stand.

Anda akan mengetahui apa yang menjadi alasan pembeli untuk tertarik dengan produk yang dijual, pendapat mereka tentang produk tersebut, dan hal yang bikin mereka tidak jadi membeli. Semuanya akan terjawab setelah berbincang dengan pembeli.

Baca Juga: Tak Pernah Sepi! 9 Ide Bisnis Kuliner Ini Mampu Raup Cuan Besar

Strategi Pemasaran Bazar

Strategi pemasaran menjadi cara efektif yang dapat membantu pelaku usaha dalam memperkenalkan produk dan meningkatkan penjualan. Meskipun bazar memiliki waktu singkat, tetapi jika dioptimalisasi secara tepat maka bukan tidak mungkin bisa mendapatkan konsumen potensial agar menjadi pelanggan.

Nah, jika Anda berencana untuk mengikuti bazar, berikut adalah beberapa tips yang penting diperhatikan supaya stand yang sudah disiapkan tak sepi dari pelanggan.

1. Memahami Konsep Event Secara Tepat

Sebelum mengikuti bazar, penting untuk mempelajari konsep yang akan dibawa oleh penyelenggara event. Hal ini memang sangat berguna dan dari konsep itulah nantinya Anda dapat mempertimbangkan soal harga produk yang ingin dijual.

2. Mempelajari Sistem Sewa Stand

Trik berikutnya yaitu harus mempelajari sistem sewa stand yang tepat. Untuk sistemnya sendiri biasanya berupa harian, ketika acara berlangsung, dan lain sebagainya. Dari sini, Anda dapat memperhitungkan kisaran dana yang dibutuhkan dalam suatu event offline.

Selain itu, Anda dapat menghitung potensi keuntungan dari event yang diikuti. Jika sudah dihitung tidak menghasilkan keuntungan, Anda bisa memikirkan ulang apakah tetap ingin mengikuti atau bisa juga mundur.

3. Strategi Promosi yang Cukup Matang

Seperti yang sudah disinggung, bazar adalah event offline yang tidak berlangsung cukup lama. Oleh sebab itu, penting untuk menyiapkan bagaimana konsep promosi yang akan dilakukan.

Bentuk promosi tersebut biasanya meliputi katalog produk, price list, brosur, kartu nama, dan lainnya. Sebelum dimulai, Anda juga bisa promosi terlebih dahulu lewat sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lainnya.

4. Mempermudah Proses Transaksi

Mempermudah transaksi sangat berguna menarik pengunjung agar membeli produk yang ditawarkan. Hal ini karena memang banyak diantara mereka yang tidak ingin direpotkan dengan transaksi termasuk pembayaran barang.

Salah satu caranya yaitu dengan menyediakan sistem pembayaran tunai dan cashless. Cashless artinya sistem pembayaran yang dilakukan tanpa menggunakan uang tunai. Sistem pembayaran ini sangat memudahkan karena jarang sekali orang yang membawa banyak uang tunai dalam dompetnya.

5. Pelayanan Semaksimal Mungkin

Ketika menjaga stand, tentu Anda harus piawai untuk menarik hati pelanggan yang datang. Cara yang bisa diterapkan adalah dengan memberikan pelayanan semaksimal mungkin.

Jelaskan secara detail mengenai berbagai macam produk yang Anda jual beserta promo ataupun kupon hadiahnya. Jika menjual makanan, berikan testimoni untuk semakin menyakinkan pembeli.

Baca Juga: Faktor-Faktor yang Menyebabkan Bisnis Gagal, Penting untuk Dicatat!

Bila perlu, sapa juga pengunjung yang sedang lewat di sekitar stand yang Anda miliki. Hal ini secara tidak langsung dapat meningkatkan visibilitas stand Anda.Pada dasarnya, bazar adalah pasar besar yang memudahkan Anda dalam menjaring konsumen secara tepat. Walaupun kini berjualan online sudah semakin marak, tapi tidak ada salah untuk mengikuti bazar jika memang ada. Pasalnya, dari bazar Anda juga bisa mendapatkan pembeli baru.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!