Tips SEO agar Traffic Website Meningkat untuk Pemula

Tips SEO agar Traffic Website Meningkat untuk Pemula

Sekarang ini banyak sekali pemilik website yang mengejar posisi paling atas pada hasil pencarian mesin Google. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan jumlah pengunjung atau traffic website yang dimiliki. Adapun cara untuk mencapainya yaitu bisa dengan menerapkan tips SEO yang tepat.

Dengan penggunaan strategi yang tepat, maka bisa membantu untuk mengenalkan bisnis Anda kepada konsumen. Untuk itu, bagi Anda yang sedang mengembangkan bisnis, mempelajari SEO bisa berguna untuk memasarkan produk yang ditawarkan kepada calon pelanggan.

Tips SEO untuk Pemula

Kegiatan marketing bisa berjalan lebih optimal jika nilai dari website pada mesin pencarian tinggi. Jadi potensi orang melihat dan mengunjungi website Anda juga akan semakin besar. Maka dari itu, diperlukan optimalisasi website yang bisa dilakukan dengan beberapa cara berikut ini:

1. Pengaturan Tools SEO yang Digunakan

Di dalam SEO, pengaturan tools awal sangat penting untuk dilakukan karena pengaturan ini memiliki fungsi sebagai pondasi. Alat-alat yang digunakan di antaranya yaitu:

a. Google Analytics

Fungsi utama dari Google Analytic yaitu untuk melakukan analisis dan pelacakan bagaimana pengunjung melakukan interaksi dengan website Anda. Google Analytic merupakan pilihan tools wajib yang digunakan untuk melakukan pengaturan SEO karena sifatnya yang intuitif dan gratis.

b. Google Webmaster Tools

Google Webmaster Tools memungkinkan Anda untuk melihat website melalui sisi pandang mata Google. Dengan demikian alat ini bisa menjadi tips SEO untuk blog atau website Anda agar usaha yang dilakukan bisa berhasil.

c. Google Keyword Planner

Peranan penting yang dimiliki dari alat ini yaitu berguna untuk melakukan penelitian seputar keyword. Melalui alat ini, Anda bisa mengetahui apa saja yang banyak dicari oleh pengguna. Dengan demikian, Anda bisa menentukan produk berdasarkan keinginan dan kebutuhan calon konsumen.

2. Pengaturan Lokasi Bisnis

Bisnis yang jelas keberadaannya maka bisa menjadi bisnis yang bisa dipercaya. Maka dari itu, penting sekali untuk melakukan pengaturan lokasi bisnis yang Anda jalankan, bisa dengan menggunakan local advertising.

Pada pengoptimalisasian SEO website, lokasi bisnis yang jelas juga bisa membantu untuk mendatangkan orang-orang untuk berkunjung ke website yang Anda miliki.

Apabila Anda juga memiliki toko secara offline, maka hal ini juga bisa membuat orang-orang datang berbelanja di toko Anda.

Jadi mulailah mendaftarkan bisnis yang dimiliki pada Google My Business, Google Map dan platform pendaftaran lokasi bisnis lainnya

Baca Juga: Panduan Lengkap Membuat Konten Website yang Menarik untuk Pemula

3. Melakukan Riset Keyword

Tips SEO website agar bisa berada pada peringkat satu mesin pencarian yaitu dengan melakukan riset keyword ketika akan membuat konten. Dengan melakukan riset keyword, maka bisa membantu Anda untuk menemukan kata kunci yang relevan dengan lebih mudah.

Terdapat lima faktor yang bisa menjadi indikator ketika melakukan riset keyword, diantaranya yaitu:

  • Tingkat kesulitan keyword: merupakan informasi yang menunjukkan tingkat kesulitan dari sebuah kata kunci agar bisa berada pada halaman pertama dalam mesin pencarian.
  • Volume pencarian: merupakan banyaknya pencarian pada sebuah kata kunci untuk kurun waktu tertentu.
  • SERP (Search Engine Result Page): merupakan halaman-halaman yang berada pada 10 peringkat teratas untuk hasil pencarian kata kunci yang diriset.
  • Saran kata kunci: merupakan kumpulan dari kata kunci yang masih berkaitan dengan kata kunci yang diriset.
  • Search intent: merupakan maksud informasi yang diinginkan oleh pencari pada mesin pencarian untuk sebuah kata kunci.

4. Targetkan pada Jenis Long Tail Keyword

Berdasarkan pada jumlah katanya, kata kunci terbagi menjadi dua jenis yaitu ada short tail keyword dan long tail keyword. Short tail keyword merupakan kata kunci yang jumlah katanya terdiri dari satu atau dua kata.

Sedangkan untuk long tail keyword yaitu kata kunci yang jumlah katanya terdiri dari tiga kata atau lebih. Tips SEO yaitu usahakan untuk menggunakan long tail keyword, karena lebih efektif untuk mendatangkan traffic jika dibandingkan dengan short tail keyword.

5. Memaksimalkan Penggunaan Internal Link

Internal link merupakan sebuah link yang digunakan untuk menghubungkan antar halaman yang terdapat pada website yang sama. Dengan adanya internal link, mesin pencari juga bisa lebih mudah dalam memahami konteks yang ada, antara halaman lainnya di dalam sebuah website.

Manfaat dari internal link ini secara tidak langsung bisa membantu untuk meningkatkan waktu yang dihabiskan oleh pengunjung pada blog atau website Anda. Pasalnya, internal link ini bisa mempermudah pengunjung untuk berpindah dari halaman satu ke halaman lainnya.

Semakin banyak pengunjung mengklik internal link, maka semakin banyak juga halaman website Anda yang dikunjungi. Hal ini tentu semakin menambah jumlah waktu yang dihabiskan pada website Anda.

Baca Juga: 8 Cara Meningkatkan Traffic Website Paling Efektif

6. Buat Konten yang Menarik dan Lengkap

Tips SEO selanjutya yang sering dilewatkan yaitu membuat konten website atau blog yang menarik dan juga lengkap.

Karena pada saat seseorang mencari kata kunci tertentu pada mesin pencarian, hasil yang diinginkan yaitu berupa jawaban lengkap yang berguna untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi.

Google juga menyadari hal ini dan selalu mengutamakan konten-konten yang lengkap sesuai dengan kebutuhan dari penggunanya untuk ditempatkan pada posisi paling atas di hasil pencarian Google. Konten-konten yang demikian ini memiliki peluang sukses untuk meningkatkan traffic website.

Agar konten tersebut semakin menarik, maka bisa dengan menambahkan infografik. Gambar ilustrasi atau video untuk melengkapinya. Dengan adanya media visual, maka bisa membuat pembaca lebih mudah untuk memahami isi dari bacaan tersebut.

Jika pembaca puas dengan konten yang Anda buat, bukan tidak mungkin konten tersebut akan dibagikan pada akun media sosial miliknya.

7. Optimasi Gambar

Penambahan gambar pada konten blog atau website Anda bisa menjadi langkah yang bagus agar pengunjung tidak cepat merasa bosan. Selain itu, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika penggunaan media visual bisa membantu memahami isi dari konten yang dibuat.

Namun, hal penting yang harus diperhatikan ketika akan mengunggahnya yaitu Anda perlu melakukan pengoptimasian gambar terlebih dahulu. Hal ini penting dilakukan agar gambar tersebut tidak menjadikan website atau blog Anda menjadi lambat.

Cara untuk mengoptimasi gambar yaitu bisa dengan mengkompres gambar terlebih dahulu sebelum diunggah. Dengan demikian, ukuran gambar yang terdapat pada konten tidak akan membuat halaman website menjadi berat.

Pastikan untuk menggunakan ukuran gambar yang tidak lebih dari 300 kb. Jadi pengunjung juga bisa merasakan pengalaman yang menyenangkan ketika membaca konten-konten Anda.

Baca Juga: 7 Tampilan Toko Online dari Website Inspiratif Terbaik

Beberapa tips SEO di atas bisa Anda terapkan untuk kebutuhan marketing bisnis yang dijalankan. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan layanan Biteship untuk memudahkan kegiatan operasional bisnis dalam urusan logistis serta platform pengiriman terintegrasi.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!