Website e-Commerce: Manfaatnya Bagi Bisnis dan Tips Membuatnya

Website e-Commerce: Manfaatnya Bagi Bisnis dan Tips Membuatnya

Sistem jual beli online yang semakin marak di masyarakat membuat website e-commerce menjadi salah satu sarana andalan. Melalui layanan website, pelaku bisnis dapat memberi informasi, mengelola pesanan, pengiriman, hingga menyediakan layanan dukungan pelanggan secara efektif.

Hal ini memungkinkan akses belanja bisa didapatkan secara mudah kapan saja oleh konsumen. Sistem seperti ini cocok dengan gaya hidup modern yang menginginkan kemudahan dalam pemenuhan kebutuhan.

Manfaat Website E-Commerce untuk Bisnis

Membuat website e commerce adalah cara untuk menghadirkan fasilitas belanja yang mudah diakses. Kemudahan dalam bertransaksi membuat konsumen semakin nyaman dan tertarik untuk berbelanja.

Hal inilah yang membuat website memiliki banyak manfaat bagi pemilik usaha berskala kecil maupun besar. Pahami manfaatnya sebagai berikut.

1. Membangun Komunikasi yang Baik dengan Konsumen

Berjualan online melalui e-commerce dapat membantu dalam hal komunikasi dengan konsumen. Kecepatan respon menjadi fasilitas yang harus diberikan untuk dapat memberikan informasi secara jelas dan tepat kepada konsumen.

Apabila terjadi komplain pun bisa diselesaikan dengan baik dan cepat sehingga konsumen dapat merasa lebih nyaman.

Melalui riwayat belanja, Anda bisa memetakan kembali konsumen sehingga dapat memberikan penawaran yang sesuai. Dengan begitu, teknik pemasaran bisa dilakukan secara lebih efektif untuk meningkatkan penjualan.

2. Hemat Biaya

Apabila dibandingkan dengan menyewa toko fisik, menjalankan bisnis melalui e-commerce tentu lebih mudah dan hemat biaya. Anda tidak perlu mengeluarkan modal besar untuk mendukung sistem operasional bisnis maupun menyewa tempat.

Dengan begitu, modal bisa dialokasikan untuk anggaran lainnya yang dapat mendukung bisnis untuk berkembang. Sistem online bisa dikelola oleh satu atau beberapa orang saja sehingga tidak membutuhkan banyak karyawan.

3. Pengelolaan Bisnis Online Lebih Mudah

E-commerce dapat membantu pemilik bisnis untuk melakukan pengelolaan secara lebih mudah dan cepat secara online. Fitur yang dihadirkan pada website bisa disesuaikan dengan kebutuhan sehingga mampu mendukung sistem jualan online secara optimal. Proses pesanan, pengaturan pengiriman, dan lainnya bisa diakses kapan saja sehingga lebih mudah.

Baca Juga: 8 Cara Meningkatkan Traffic Website Paling Efektif

4. Waktu Operasional Lebih Fleksibel

Sistem online tidak memiliki batas akses sehingga bisa lebih fleksibel. Kapan saja ingin berbelanja, konsumen bisa langsung mengakses website. Hal ini dapat memberikan keleluasaan bagi konsumen untuk memenuhi kebutuhannya sesuai keinginan.

Tidak perlu lagi repot harus berjaga di toko atau menunggu toko buka karena konsumen bisa langsung berbelanja tanpa batasan. Konsumen hanya perlu terhubung dengan layanan internet untuk dapat melakukan transaksi kapan saja.

Waktu operasional yang lebih panjang memungkinkan potensi penjualan bisa semakin meningkat. Jika menggunakan toko fisik, Anda tentu harus mengeluarkan biaya lebih untuk membayar lembur karyawan.

5. Menjangkau Pasar Luas

Jaringan online mampu menjangkau pasar secara lebih luas. Tidak terbatas waktu maupun wilayah, sehingga peluang untuk mendapatkan konsumen akan terbuka luas. Hal ini memungkinkan Anda bisa menjangkau pasar global.

E-commerce bisa dengan mudah ditemukan melalui layanan internet sehingga siapa saja bisa berkunjung dan melakukan pembelian. Tidak ada batasan terkait besarnya skala bisnis yang dikelola, karena akan selalu ada kesempatan untuk mendapatkan pelanggan dengan potensi pembelian. Aktivitas belanja pun jauh lebih praktis dengan adanya layanan e-commerce.

6. Evaluasi Penjualan Menjadi Lebih Mudah

Setiap transaksi akan secara otomatis tersimpan pada sistem sehingga dapat memudahkan pemilik usaha untuk melakukan evaluasi terhadap strategi bisnis yang diterapkan. Melalui fitur yang tersedia, data penjualan bisa didapatkan secara instan sehingga pengukuran tingkat penjualan bisa dilakukan secara lebih akurat dan mudah.

Umumnya, e-commerce juga dilengkapi dengan fitur analytics yang dapat menampilkan pertumbuhan jumlah pengunjung dan transaksi yang dilakukan pada website. Data yang tersimpan dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan diantaranya seperti analisis minat konsumen, efektivitas penjualan, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Inilah Rekomendasi Website Gambar Terbaik 2023

Tips Agar Dapat Membuat Website E-Commerce Menarik

Cara membuat website e-commerce cukup mudah karena bisa dilakukan melalui WordPress. Prosesnya simpel dan gratis, namun Anda membutuhkan biaya untuk keperluan hosting.

Agar e-commerce bisa bekerja optimal dan mendapatkan banyak pengunjung, terdapat beberapa elemen yang perlu dipertimbangkan. Simak beberapa tips berikut ini agar website mampu menarik perhatian audiens secara maksimal:

1. Tentukan Nama Domain

Pemilihan nama yang tepat dapat meningkatkan branding secara optimal. Pilihlah nama yang mudah diingat sehingga mampu menarik perhatian audiens. Agar lebih efektif, lakukan riset terlebih dahulu agar nama yang dipilih dapat sesuai dengan identitas produk. Gunakan nama yang singkat sehingga bisa secara instan dihafal oleh audiens meskipun baru pertama kali melihatnya.

2. Buat Desain yang User Friendly

Desain website merupakan hal penting yang harus dipertimbangkan dengan baik agar nyaman dipandang. Dengan begitu, audiens bisa mendapatkan user experience yang berkesan dan lebih menyegarkan.

Hal tersebut dapat meningkatkan fasilitas bagi konsumen untuk mengakses fitur tersedia secara lebih nyaman. Website yang mudah digunakan dapat memikat audiens sehingga dapat bertransaksi secara lebih menyenangkan.

3. Konsisten Upload Konten

Selain harus user friendly, konten yang dihadirkan pada e-commerce perlu diupload secara konsisten. Hal tersebut dilakukan agar audiens dapat memiliki keyakinan bahwa produk aktif di pasaran dan memiliki ketersediaan stok yang memadai untuk memenuhi kebutuhan.

Berbagai konten yang dihadirkan dapat berupa informasi produk, promosi, dan lain sebagainya. Visualisasikan logo dan karakter brand pada setiap konten agar terlihat unik.

4. Fitur Lengkap

Lengkapi website dengan fitur yang memadai sehingga konsumen bisa mendapatkan fasilitas yang diinginkan. Opsi fitur perlu dihadirkan dengan susunan yang rapi sehingga mudah diakses.

Dengan begitu, konsumen tidak akan merasa bingung meskipun baru pertama kali menggunakannya. Fasilitas seperti ulasan atau chat juga perlu ditambahkan agar komunikasi dengan konsumen dapat terjalin secara lebih efektif.

Baca Juga: Kenali Ecommerce Enabler, Tipe, dan Layanannya 

Beberapa Contoh Website E-Commerce yang Populer Digunakan

Perkembangan teknologi membuat website menjadi sarana andalan untuk memasarkan produk dan bertransaksi. Bahkan, sudah ada banyak layanan e-commerce dengan layanan berbeda yang populer digunakan oleh masyarakat secara luas.

Fitur yang dihadirkan beragam, tergantung dengan fasilitas dan target bisnis sebuah produk. Inilah beberapa contohnya:

  • Amazon
  • Zalora
  • Ebay
  • Hijup
  • Zugu
  • dan Lainnya

Website e-commerce harus dibuat dengan desain menarik dengan domain yang mudah diingat agar peluang penjualan dapat ditingkatkan. Tambahkan plugin Biteship untuk akses pengelolaan pesanan yang lebih praktis. Pilihan kurir banyak sehingga dapat disesuaikan dengan durasi yang diinginkan.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!