13 Produk Dalam Negeri yang Go International

13 Produk Dalam Negeri yang Go International

Produk dalam negeri yang Go International rupanya sudah banyak lho, mulai dari makanan dan minuman hingga barang-barang elektronik. Jadi selain sebagai konsumen, sebenarnya Indonesia juga merupakan produsen dari sejumlah merk ternama yang kualitasnya telah diakui dunia.

Meski dalam kategori negara berkembang, Indonesia membuktikan kepada dunia bahwa produk-produk buatannya tidak kalah saing dengan merk-merk internasional. Saking populernya, sebagian masyarakat dalam negeri ada yang mengira bahwa sejumlah merk yang dimaksud berasal dari negara lain.

Daftar Produk Dalam Negeri

Agar tidak lagi salah sangka, Anda bisa cek apa saja daftar produk Indonesia yang terkenal hingga mancanegara di bawah ini:

1. Polytron

Ini dia salah satu merk elektronik asli Indonesia yang banyak dikira dari luar negeri. Barang-barang merk Polytron memang dapat dijumpai bukan hanya di Tanah Air, melainkan di sejumlah negara lain seperti India, Filipina, Vietnam, Thailand, Pakistan, Myanmar, Bahrain, dan Sri Lanka.

2. Kopiko

Jika Anda termasuk salah satu penggemar K-drama, maka Anda pasti pernah melihat iklan permen Kopiko di dalam salah satu scene. Permen dengan cita rasa kopi ini sudah ada sejak tahun 1982 dan masih sangat eksis sampai sekarang, bahkan bisa merambah ke pasar internasional.

Permen ini diproduksi oleh PT Mayora Indah Tbk dan kini sudah laku di 40 negara. Jika Anda bepergian ke Amerika Serikat, Korea Selatan, atau Eropa, maka tidak perlu heran jika menjumpai permen merk ini di sejumlah supermarket.

3. Paseo

Tisu merk Paseo merupakan salah satu produk dari Asian Paper and Pulp yang kini telah dipasarkan di 65 negara, mulai dari New Zealand hingga Amerika Serikat. Tekstur dari Paseo memang dikenal lembut namun kuat, dan inilah yang membuatnya laku keras di pasaran.

4. Aqua

Meski awal kemunculannya Aqua dipandang sebelah mata, namun kini justru menjadi salah satu salah satu produk Indonesia yang mendunia.

Dimulai dari era 70-an, kini Aqua telah menembus pasar Australia, Timur Tengah, Afrika, dan Maladewa. Bahkan sang owner, yakni Tirto Utomo, didaulat sebagai pelopor air minum dalam kemasan untuk regional Timur Tengah dan Asia.

Baca Juga: 8 Jenis Bisnis Fashion Menjanjikan yang Bisa Pemula Coba

5. Kopi Luwak

Tahukah Anda bahwa Kopi Luwak menjadi salah satu jenis kopi paling mahal di dunia? Salah satu alasannya adalah proses produksi yang unik dan tidak mudah. Saking populernya merk kopi ini, banyak turis asing yang saat ke Indonesia selalu menjadikannya oleh-oleh.

6. Baterai ABC

Sudah ada sejak tahun 1959, baterai ABC membuktikan diri bahwa produknya tak kalah berkualitas dari merk-merk asing. Baterai ABC tetap berada di posisi atas dan bahkan kini sudah dipasarkan ke 50 negara di dunia, seperti Belgia, Australia, Singapura, dan Filipina.

7. Eiger

Banyak konsumen yang salah paham bahwa Eiger merupakan brand luar negeri, padahal nyatanya adalah produk lokal yang kantor pusatnya ada di Kota Kembang alias Bandung.

Merk lokal ini berfokus pada produk outdoor dengan tagline awet dan tangguh, seperti tas, jaket, sepatu, tenda, dan aneka peralatan hiking lainnya. Ada juga produk-produk dengan target pasar para profesional atau eksekutif seperti tas kerja dan tas laptop.

8. Kacang Dua Kelinci

Camilan dengan harga merakyat ini juga dapat Anda jumpai di sejumlah negara lain seperti Brunei Darussalam, Saudi Arabia, Amerika Serikat, dan bahkan Belanda.

Bahkan di tahun 2010, merk Kacang Dua Kelinci pernah menjadi salah satu sponsor pada pertandingan sepak bola Real Madrid. Camilan enak ini memiliki 80 varian rasa yang memuaskan beragam selera konsumen.

Baca Juga: Serba Serbi Royalty Fee Franchise dan Cara Menentukannya

9. Es Teler 77

Bukan es teler biasa, namun merk ini sudah go internasional sejak lama dan masih eksis sampai sekarang. Dimulai dari tahun 1982, Es Teler 77 kini sudah memiliki 180 cabang di berbagai kota di Indonesia dan bahkan berhasil menembus pasar internasional, termasuk Jeddah, Beijing, dan Australia.

10. Indomie

Ini dia salah satu produk dalam negeri yang paling terkenal di dunia. Bahkan di luar negeri, harganya berkali lipat lebih mahal dibanding di Indonesia. Sampai saat ini, Indomie sudah diekspor ke lebih dari 80 negara dan menjadi salah satu merk mie instan paling laris di Amerika Serikat.

11. Kapal Api

Sepertinya hampir tidak ada orang yang tidak mengenal merk kopi kemasan yang satu ini, mulai dari pelosok desa hingga orang-orang kota yang tinggal di gedung tinggi.

Selain populer di Indonesia, Kapal Api juga menguasai pasar dunia seperti di Myanmar, China, dan sejumlah negara di Asia Tenggara. Kapal Api juga telah membuka gerai kopi, seperti Cafe Grazia dan Kafe Excelso.

12. Sosro

Merk produk Indonesia yang satu ini sudah ada sejak tahun 1940 yang kini telah diekspor ke sejumlah negara termasuk Australia,  Amerika Serikat, Asia Tenggara, dan Timur Tengah. Keunikan dari teh kemasan ini adalah 100% ekstraksi teh asli tanpa ditambahkan perasa atau pemanis buatan.

13. SilverQueen

Nama yang mengandung bahasa Inggris ditambah dengan cita rasa yang nikmat membuat banyak konsumen mengira bahwa SilverQueen merupakan chocolate bar dari luar negeri. Padahal, coklat dengan 5 varian ini diproduksi di Kota Garut.

Baca Juga: 7 Tips Memenuhi Kebutuhan Konsumen untuk Memajukan Bisnis

Manfaat Menggunakan Produk dalam Negeri

1. Meningkatkan Lapangan Pekerjaan

Semakin banyak produk asli Indonesia yang terjual, maka semakin banyak tenaga kerja yang dibutuhkan. Pada akhirnya lapangan pekerjaan terus meningkat dan angka kemiskinan serta pengangguran akan menurun.

2. Meningkatkan Perekonomian

Jika angka pengangguran terus turun, maka kemiskinan bisa berkurang dan perekonomian dalam negeri akan semakin membaik.

Meningkatkan Kesejahteraan

Jika masyarakat tidak lagi menganggur, maka akan ada pemasukan dan seiring waktu akan meningkatkan kesejahteraan hidup.

3. Mengurangi Kriminalitas

Saat kesejahteraan hidup masyarakat mengalami kenaikan, tentu saja angka kriminalitas akan berkurang. Sebab, kriminalitas kerap terjadi karena faktor kemiskinan dan pengangguran.

4. Harga Cenderung Murah

Harga produk dalam negeri tentu lebih murah dibanding dengan produk luar, karena tidak dikenakan pajak impor, bea cukai, dan tidak terpengaruh oleh kurs mata uang asing. Jadi, salah satu manfaat menggunakan produk Indonesia adalah Anda bisa mendapat harga yang murah.

Baca Juga: 7 Cara Memulai Bisnis Thrift Shop Agar Sukses Besar

Jika Anda merupakan salah satu reseller dari sejumlah merk di atas, maka tingkatkan pelayanan bisnis agar pelanggan lebih loyal dengan menggunakan Biteship, yang merupakan Software Pengiriman Barang dari Berbagai Kurir Terbaik. Ada layanan Plugins, AP, Dashboard, dan Pergudangan.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!