Tujuan Iklan? Simak Pengertian, Ciri, hingga Jenisnya

Tujuan Iklan? Simak Pengertian, Ciri, hingga Jenisnya
tujuan iklan

Iklan merupakan pesan yang ditujukan untuk memengaruhi seseorang agar mau membeli sebuah produk maupun menggunakan sebuah jasa. Pesan ini biasanya disampaikan lewat media untuk masyarakat umum. Lantas, apa sih tujuan iklan yang sebenarnya?

Apa Itu Iklan?

Iklan adalah kegiatan promosi atau pemasaran untuk membuat sebuah produk lebih dikenal masyarakat luas. Kegiatan ini tentunya akan sangat berdampak pada penjualan dan keuntungan perusahaan.

Menurut KBBI, iklan merupakan berita pesanan untuk membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang atau jasa yang ditawarkan. Tujuannya adalah untuk memberitahukan pada khalayak soal barang atau jasa yang dijual melalui media massa. Mulai dari surat kabar, majalah, hingga pesan di tempat-tempat umum.

Menurut beberapa ahli, iklan bisa diartikan sebagai media untuk menjalankan promosi bisnis. Menurut Philip Kotler, iklan merupakan semua bentuk terbayar. Hal tersebut berasal dari presentasi non pribadi dan promosi oleh sebuah sponsor tertentu. 

Sedangkan menurut Kotler, Philip, and Armstrong, iklan merupakan semua bentuk penyajian dan promosi. Baik itu promosi ide, barang, ataupun jasa yang ditawarkan. Penyajian iklan bisa terjadi secara non personal. Selain itu, periklanan sendiri butuh pembayaran.

Iklan biasanya disampaikan lewat berbagai media. Mulai dari TV, radio, surat kabar, sampai internet. Nah, tujuan iklan yang paling utama adalah buat menginformasikan serta membujuk orang lain buat mengenal produk maupun jasa yang sedang ditawarkan. 

Ini sama dengan tujuan dari promosi. Selain sebagai bentuk promosi komersial, iklan juga bisa Anda pakai untuk membuat audiens melakukan hal-hal yang menguntungkan bisnis. 

Ciri-Ciri Iklan

Sebelum mempelajari apa saja tujuan iklan yang lebih lengkap, Anda harus tahu gimana ciri-ciri iklan lebih dulu. Berikut beberapa cirinya:

  1. Memakai kata yang singkat. Tujuannya adalah agar pesan yang ingin pengiklan sampaikan bisa lebih efektif.
  2. Pemilihan katanya bersifat sugestif. Ini bertujuan untuk memengaruhi konsumen agar tertarik dengan produk maupun jasa yang sedang pengiklan tawarkan.
  3. Iklan bersifat informatif. Penyampaiannya pun padat, jelas, dan tidak menyinggung pihak lainnya.
  4. Memiliki target pasar yang jelas. Tujuannya adalah agar distribusi produk bisa lebih efektif.

Baca Juga: 9 Contoh Iklan Makanan Menarik untuk Inspirasi

Tujuan Iklan

Perlu Anda ketahui bahwa, menetapkan tujuan beriklan untuk perusahaan bisa membantu untuk mencapai tujuan bisnis. Setelah itu, Anda bisa menganalisis keadaan perusahaan serta mengembangkan planning untuk mencapai tujuan bisnis yang lebih baik. Nah, berikut adalah beberapa tujuan iklan yang perlu Anda tahu:

1. Memperkenalkan Produk

Alasan seseorang memakai iklan adalah untuk memperkenalkan produk maupun jasa pada khalayak umum. Hal tersebut biasanya dilakukan oleh merek yang sudah establish maupun merek yang masih baru.

2. Membujuk Konsumen

Tujuan iklan selanjutnya adalah buat membujuk konsumen agar mau beli atau pakai produk maupun jasa yang pengiklan pasarkan. Jadi, iklan berguna buat meyakinkan para konsumen dengan berbagai informasi soal produk maupun jasa yang ada.

Selain itu, iklan juga berfungsi untuk mengubah persepsi konsumen. Perusahaan pun bisa meningkatkan brand awareness lebih mudah. Jadi, saat konsumen melihat iklan yang Anda buat, harapannya konsumen bisa langsung mengambil tindakan. Salah satunya adalah dengan cara membeli atau menggunakan produk.

3. Memberikan Informasi

Iklan merupakan kegiatan yang berisi penjelasan, mulai dari penjelasan produk hingga jasa. Tujuannya adalah untuk memberikan informasi kepada masyarakat terkait dengan produk maupun jasa yang bisnis miliki.

4. Memperkenalkan Merek

Jika mau membujuk audiens buat membeli sebuah produk atau memakai sebuah jasa, aspek kesadaran akan merek atau brand awareness sangat penting. Sebab, tanpa aspek tersebut, brand Anda nggak akan mereka ketahui keberadaannya. Lewat brand awareness pula Anda bisa bersaing dengan kompetitor.

5. Mendapatkan Lebih Banyak Konsumen

Salah satu tujuan iklan paling utama adalah untuk mendapatkan lebih banyak konsumen. Namun, hal ini bisa terjadi kalau Anda bisa menyampaikan pesan dengan baik. Sehingga, konsumen pun akan meninggalkan merek yang sebelumnya digunakan dan mulai beralih menggunakan merek milik Anda.

6. Meningkatkan Penjualan dan Pendapatan

Tentu saja, salah satu tujuan beriklan adalah untuk meningkatkan penjualan dan pendapatan. Lewat peningkatan brand awareness, maka akan ada lebih banyak konsumen yang membeli dan memakai produk maupun jasa Anda. Nah, hal ini sudah jelas akan meningkatkan penjualan dan pendapatan. 

7. Diferensiasi dan Penciptaan Nilai

Tujuan terakhir adalah agar bisa membedakan antara produk maupun jasa yang Anda tawarkan dengan milik kompetitor. Sebab, seorang konsumen hanya bisa membedakan produk maupun jasa yang Anda tawarkan berdasarkan nilai yang didapatkan atas produk tersebut.

Misalnya, kompetitor hanya mengiklankan fitur dari sebuah produk maupun jasa. Sementara Anda mengiklankan janji dan komitmen yang pastinya akan Anda tepati. Maka, secara alami akan banyak konsumen yang lebih mempercayai merek Anda daripada milik kompetitor. 

Inilah alasan mengapa iklan penting untuk menciptakan nilai dan membedakan satu merek dengan merek yang lain. 

Baca Juga: 6 Jenis Iklan di Mobil dan Ragam Keuntungannya

Jenis-Jenis Iklan

Setelah memahami apa tujuan iklan, maka Anda juga harus tahu jenis-jenisnya. Memang apa saja sih jenis iklan itu? Berikut uraiannya:

1. Iklan Komersial

Jenis komersial merupakan iklan yang bertujuan untuk mempromosikan sebuah barang maupun jasa. Biasanya, dalam iklan jenis ini terdapat beberapa poin yang memuat informasi terkait barang maupun jasa yang ditawarkan. 

Informasi bisa berupa pengenalan produk, keunggulannya, cara mendapatkan, hingga harga dan testimoni konsumen yang sudah menggunakan.

2. Iklan Non Komersial

Kedua adalah non komersial. Tujuan iklan ini adalah untuk memberitahukan maupun mengajak masyarakat melakukan sebuah tindakan atas iklan produk maupun jasa. Ada beberapa jenis iklan non komersial yang perlu Anda ketahui, yaitu:

  • Iklan pemberitahuan untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat tentang suatu hal.
  • Iklan permintaan yang dibuat atas permintaan pribadi, instansi, maupun lembaga tertentu. Jenis ini bertujuan untuk memberikan informasi untuk khalayak umum, seperti halnya lowongan pekerjaan.
  • Iklan layanan masyarakat bertujuan untuk mengajak dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang isu sosial yang sedang terjadi.

Baca Juga: 5 Contoh Iklan Produk Simple Dari Berbagai Jenisnya dan Teknik Pembuatannya

Anda Sudah Tahu Apa Tujuan Iklan?

Intinya, tujuan iklan adalah untuk menyampaikan informasi soal produk maupun jasa yang sedang Anda tawarkan. Selain itu, iklan juga bertujuan buat mengajak masyarakat agar mengetahui suatu informasi. Hingga akhirnya melakukan tindakan atas penawaran produk maupun jasa. Gimana, Anda tertarik buat beriklan?

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!