7 Aplikasi Template Invoice untuk Mempermudah Penagihan Bisnis

7 Aplikasi Template Invoice untuk Mempermudah Penagihan Bisnis
Template invoice

Dalam era digital yang terus berkembang pesat, efisiensi dan kemudahan dalam menjalankan bisnis menjadi salah satu kunci kesuksesan, kok bisa? Terbukti menurut studi oleh McKinsey & Company pada tahun 2020, perusahaan yang paling efisien dalam menjalankan operasional mereka memiliki keuntungan 20% dibandingkan yang tidak.

Salah satu aspek yang patut diperhatikan adalah proses penagihan, yang seringkali menjadi tugas yang kompleks dan memakan waktu. Namun, dengan kemajuan teknologi, solusi inovatif muncul seperti penggunaan aplikasi template invoice untuk membantu kamu mengatasi tantangan ini.

Aplikasi template invoice tidak hanya membawa kemudahan dalam membuat invoice saja, melainkan bisa mempercepat dan mengoptimalkan seluruh proses penagihan. Hal ini memberikan kamu keleluasaan untuk fokus pada pengembangan bisnis yang sedang dijalani.

Untuk itu, berikut 7 rekomendasi aplikasi template invoice yang bisa kamu gunakan untuk mempermudah penagihan bisnis. Simak selengkapnya sampai bawah!

1. Paper.id

Paper.id

Paper.id merupakan platform invoice dan pembayaran bisnis yang menyediakan berbagai template invoice yang bisa kamu gunakan secara gratis. Kamu bisa langsung pilih dan kustom sesuai dengan kebutuhan bisnis, mulai dari menambahkan logo dan tanda tangan hingga mengubah warna, font, layout, dan sebagainya, sehingga invoice yang kamu kirimkan terlihat lebih profesional dan memberi kesan baik.

Kamu juga bisa langsung bubuhkan invoice dengan e-meterai di Paper.id, lho. Terlebih, sesuai UU Nomor 10 Tahun 2020 tentang Bea Materai, jika nilai transaksi diatas Rp 5 juta, maka diwajibkan menggunakan materai. Jadi, lebih praktis, bukan?

Pengiriman dapat langsung dilakukan lewat Email, WhatsApp, atau SMS, sehingga invoice bisa langsung diterima oleh customer di mana saja dan kapan saja. Nah, kamu juga bisa pakai fitur pengingat otomatis (invoice reminder) sesuai kebutuhan untuk memberikan pengingat penagihan kepada customer.

Tidak hanya itu, kamu bisa memberi opsi pembayaran yang fleksibel kepada customer lewat Paper.id tanpa harus repot-repot mengaturnya satu per satu. Dari Paper.id, customer-mu dapat bebas memilih untuk melakukan pembayaran dengan transfer bank, marketplace, Virtual Account, QRIS, hingga kartu kredit.

2. Invoicera

Invoicera merupakan aplikasi manajemen keuangan yang menyediakan pembuatan  invoice online yang memungkinkan kamu bisa membuat, memilih template yang tersedia, dan melacak invoice yang kamu kirimkan ke customer dengan mudah.

Aplikasi ini juga akan memudahkan kamu dalam mengelola keuangan secara terpadu atau hanya dalam satu aplikasi karena sudah terkoneksi dengan berbagai aplikasi lainnya, seperti PayPal, Stripe, dan QuickBooks.

Kendati demikian, jika kamu menggunakan paket gratis kemungkinan beberapa fitur yang tersedia akan terbatas. Maka dari itu, kamu perlu membayar paket berlangganan untuk mengakses fitur-fitur lainnya yang tersedia tanpa batas.

3. Invoice Ninja

Invoice Ninja merupakan aplikasi penagihan dan penerimaan pembayaran yang menyediakan berbagai template invoice yang bisa kamu gunakan. Template invoice ninja ini sangat cocok untuk kamu pelaku usaha kecil dan menengah karena tampilannya yang sederhana dan mudah digunakan.

Menariknya, kamu bisa menjalankan aplikasi di servernya (hosted) atau di server kamu sendiri (self hosted). Jika kamu ingin mencobanya terlebih dahulu, bisa gunakan paket free user atau dengan mode gratis.

Sayangnya, tampilan template invoice yang dihasilkan oleh Invoice Ninja mode gratisan ini akan ada watermarkCreated by Invoice Ninja”. Nah, jika kamu ingin menghilangkan watermark tersebut, kamu bisa beli paket berlangganan seharga $10/bulan.

4. Invoice Simple

Sesuai namanya, Invoice Simple merupakan aplikasi invoice yang menyediakan berbagai template invoice yang bisa kamu gunakan untuk menagih customer lebih sederhana pakai data yang kamu sediakan hanya dengan beberapa klik dan bisa kamu bagikan ke siapa saja.

Invoice Simple ini memang menampilkan user interface (antarmuka) yang sangat sederhana dan mudah dimengerti bahkan oleh pengguna awam sekalipun. Hal ini akan menjadi keuntungan karena kamu bisa buat invoice lebih cepat.

Namun, karena memang menonjolkan “simpel”, Invoice Simple tentu memiliki keterbatasan dalam hal integrasi dengan fitur lainnya. Bagi kamu yang membutuhkan fitur one for all rasanya aplikasi ini sangat tidak cocok digunakan.

5. Invoicely

Invoicely yang dahulu bernama Invoiceable ini merupakan aplikasi manajemen keuangan bisnis yang menyediakan berbagai fitur, termasuk pembuatan invoice dengan beragam template yang bisa kamu pilih dan gunakan sesuai kebutuhan.

Tentu kamu bisa modifikasi template yang tersedia, mulai dari menambahkan logo, warna, dan detail lainnya sesuai preferensi kamu sendiri. Hal ini akan memudahkan kamu dalam menyesuaikan dengan identitas bisnis yang sedang kamu operasikan.

Kendati demikian, beberapa fitur yang tersedia di Invoicely akan terbatas karena kamu perlu berlangganan terlebih dahulu. Harganya mulai dari dari $ 9,99 sampai dengan $ 29,99, fitur yang akan kamu terima menyesuaikan pada versi yang ada.

6. Akaunting

Akaunting merupakan aplikasi yang menyediakan solusi akuntansi dan manajemen keuangan serta pembuatan invoice dengan menyediakan berbagai template yang tersedia. Aplikasi ini sangat cocok digunakan dari berbagai macam bisnis.

Aplikasi Akaunting ini juga aplikasi Open Source yang artinya kode sumbernya bisa diakses dan dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan kamu, lho. Maka dari itu, kamu punya kontrol penuh terhadap sistem keuangan bisnis kamu sendiri.

Namun, sangat disayangkan, aplikasi ini memang cukup kompleks, sehingga bagi kamu yang kurang berpengalaman dalam administrasi server tentu akan merasa kesulitan dan instalasi dan konfigurasi awal, terutama jika menggunakan dalam lingkungan self-hosted.

7. Invoice Generator

Invoice Generator merupakan aplikasi berbasis cloud all-in-one yang artinya kamu bisa dengan mudah membuat, mengirim, dan mengelola invoice hanya dalam satu dasbor online untuk penagihan bisnis kamu.

Tampilan aplikasi ini pun sangat sederhana, di mana kamu cukup memasukkan data yang diperlukan untuk invoice pada umumnya, seperti logo perusahaan, item, kuantiti, harga, dan detail lainnya dengan cukup mudah.

Sayangnya, fiturnya tidak begitu lengkap karena kamu tidak bisa memilih template atau kustomisasi lainnya untuk disesuaikan dengan bisnis kamu sehingga template yang dihasilkan cukup monoton itu-itu saja.

Baca juga: Faktur: Pengertian dan Jenisnya dalam Kegiatan Bisnis

Demikianlah 7 aplikasi template invoice yang bisa kamu gunakan untuk penagihan bisnis. Dalam dunia bisnis, setiap detail kecil misalnya pembuatan invoice juga bisa memberikan dampak besar terhadap efisiensi operasional dan citra perusahaan, lho.

Maka dari itu, pilihlah aplikasi yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu sendiri, apakah kamu memerlukan hanya untuk pembuatan invoice saja? Atau membutuhkan aplikasi sekaligus yang sudah terkoneksi dengan kebutuhan lainnya seperti penagihan/penerimaan pembayaran? So, kamu akan pilih aplikasi template invoice yang mana, nih?

 

*Artikel ini hasil kerja sama antara Paper.id dan Biteship

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!